BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Berbagai usaha yang dilakukan oleh
guru atau pengelola pendidik untuk lebih meningkatkan serta mendukung proses
belajar agar lebih efektif dan efisien. Meskipun banyak faktor yang menentukan
kualitas pendidikan atau hasil belajar. Salah satunya yang terkait dengan
sumber belajar. Banyak berbagai sumber yang dapat dijadikan sebagai sumber
belajar. Oleh karenanya, belajar-mengajar sebagai suatu proses merupakan suatu
system yang tidak terlepas dari komponen-komponen lain yang saling berinteraksi
di dalamnya. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar.
Sumber belajar itu tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna
kepentingan proses belajar-mengajar, baik secara langsung maupun secara tidak
langsung, sebagian atau secara keseluruhan. Sumber belajar diartikan sebagai
segala tempat atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung
informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan
proses perubahan perilaku. Salah satu sumber belajar yang sering digunakan
dalam proses belajar mengajar adalah perpustakaan dan buku. Perpustakaan
merupakan sistem informasi yang di dalamnya terdapat aktivitaspengumpulan,
pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi.
Perpustakaan sebagaimana yang ada dan berkembang sekarang telah dipergunakan
sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian,
rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta memberikan berbagai layanan
jasa lainnya.Selain itu menurut perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian
sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya menurut tata susunan
tertentu untuk digunakanpembaca, bukan untuk dijual. Perpustakaan sebagai pusat
sumber ilmu, karena di perpustakaan guru dan siswa serta masyarakat dapat
mencari berbagai ilmu dan pengetahuan yang diperlukan, baik untuk kebutuhan
kini maupun untuk yang akan datang. Perpustakaan dimana saja berada dapat turut
berperan dalam rangka meningkatkan minat baca diharapkan masyarakat Indonesia makin
cerdas dan terampil dalam mengantisipasi tantangan jaman.
B.
Rumusan
Masalah
a.
Apa
pengertian perpustakaan?
b.
Apa fungsi
dan manfaat dari perpustakaan?
c.
Bagaimana
peran perpustakaan?
d.
Apa jenis –
jenis perpustakaan?
C.
Tujuan
Masalah
a.
Untuk
mengetahui pengertian perpustakaan.
b.
Untuk
mengetahui fungsi dan manfaat perpustakaan.
c.
Untuk
mengetahui peran perpustakaan.
d.
Untuk
mengetahui jenis – jenis perpustakaan
\
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Perpustakaan
Darmono (2001) mengemukakan bahwa
Perpustakaan pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi
bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku
atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa.
Menurut Basuki (1991) perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri
dari bahan buku dan bahan nonbuku yang disusun dengan sistem tertentu
dipersiapkan untuk diambil manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki
sebagian maupun keseluruhan. Perpustakaan adalah sebuah tempat yang digunakan
untuk menyimpan informasi baik berupa cetak (buku, koran, jurnal, majalah,
karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik (pita kaset, film, slide,) yang biasanya
disimpan menurut tatanan tertentu yang digunakan pengunjung untuk dibaca atau
dipinjam dan bukan untuk dijual. Menrut Suwarno (2010) Perpustakaan merupakan
salah satu pusat informasi. Perpustakaan menghimpun, mengelola, menyimpan, melestarikan,
menyajikan, serta memberdayakan informasi. Agar informasi yang dikelola
mempunyai nilai manfaat yang produktif, informasi tersebut harus memenuhi
kriteria: benar, tepat, cepat, dikemas dengan menarik, dan siap saji. Menurut
Wiryokusumo dalam Darmono (2004) dengan memanfaatkan perpustakaan dapat
diperoleh data atau informasi untuk memecahkan berbagai masalah, sumber untuk
menentukan kebijakan tertentu, serta berbagai hal yang sangat penting untuk
keperluan belajar. Jika ditilik dari pengertian tersebut, hakikat perpustakaan
adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Selanjutnya
Mbulu dalam Chiellyezta (2011) perpustakaan sangat diperlukan keberadaannya
dengan pertimbangan bahwa:
1.
Perpustakaan
merupakan sumber belajar di lingkungan sekolah,
2.
Perpustakaan
merupakan salah satu komponen sistem pengajaran,
3.
Perpustakaan
merupakan sumber untuk menunjang kualitas pendidikan dan pengajaran, dan
4.
Perpustakaan
sebagai laboratorium belajar yang memungkinkan
peserta didik dapat mempertajam dan
memperluas kemampuan untuk membaca, menulis, berfikir, dan berkomunikasi. Dapat
disimpulkan perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi atau tempat
mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku – buku atau
bacaan lainnya, yang digunakan untuk sumber informasi sekaligus sebagai sarana
belajar yang menyenangkan. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar di
sekolah, perpustakaan sekolah memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam
upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan
pengajaran.
B. Manfaat dan Fungsi Perpustaka
a.
Fungsi
perpustakaan Pada garis besarnya fungsi perpustakaan di sekolah dapat dikategirikan
menjadi :
i.
Fungsi
Edukatif (fungsi kedudukan)
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif ialah
bahwa perpustakaan harus mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan
dan ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan daya fikir yang
rasianal dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam cara menggunakan
bahan pustaka dengan baik inilah nilai kependidikan dari perpustakaan sekolah.
ii.
Fungsi
Informatif
Maksudnya ialah bahwa perpustakaan harus
mampu menyediakan bahan-bahan dan sumber informasi yang beraneka ragam, bermutu
dan up to date yang disusun secara teratur dan pemakaian jasa perpustakaan
dalam mencari informasi yang diperlikan.
iii.
Fungsi
Administratif
Maksudnya ialah bahwa perpustakaan harus
disertai dengankegiatan pencatatan, penyelesaian, pemrosesan bahan-bahan pustaka
serta menyelenggarakan sirkulasi praktis, efisien dan efektif.
iv.
Fungsi
Rekreasi
Artinya bahwa perpustakaan sekolah
disampingmenyediakan bukubuku ilmu pengetahuan, juga perlu menyediakan
buku-buku yang bersifat rekreatif atau hiburan, yang bermutu yang dapat
digunakan para pembaca untuk mengisi waktu-waktu senggang baik untuk buku-buku
cerita, cergam, majalah hiburan dan lain-lain.
b.
Manfaat
perpustakaan
Perpustakaan memiliki manfaat untuk
memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajarmengajar. Perpustakaan
yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung atau pun tidak
langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah
tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan
bidangpendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan
tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan. Secara
terperinci, manfaat perpustakaan bagi peserta didik adalah sebagai berikut:
1.
perpustakaan
dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik,
2.
perpustakaan
dapat menimbulkan kecintaan terhadap membaca kepada peserta didik,
3.
perpustakaan
dapat meningkatkan kecerdasan peserta didik,
4.
peprpustakaan
dapat memperkaya pengalaman belajar peserta didik,
5.
perpustakaan
dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik,
6.
perpustakaan
dapat melatih peserta didik untuk bertanggung jawab, dan
7.
perpustakaan
dapat membantu peserta didik dalam hal Menurut
Dian dalam Fajarna (2013) Setiap perpustakaan dapat mempertahankan
eksistensinya apabila dapat menjalankan peranannya.
C.Peran Perpustakaan
Secara umum peran –
peran yang dapat dilakukan adalah :
1.
Sebagai Pusat
Informasi Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang memiliki peranan penting
dalam memberikan suatu informasi. Hal ini dikarenakan sebuah perpustakaan
pastinya mempunyai koleksi buku tidak hanya satu,bisa ratusan atau bahkan
berpuluh-puluh ribu. Yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis buku,
seperti karya umum, filsafat, ensiklopedi dan lain-lain. Tidak hanya buku, perpustakaan
sekarang juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah, koran ataupun artikel
yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
2.
Sebagai Pusat
Inovasi Perpustakaan sebagai tempat tersimpannya berbagai informasi yang dulu
hanya sebagai tempat penyimpanan buku semata,kini juga sebagai tempat untuk
tumbuhnya ide-ide yang kreatif. Dari ide-ide kreatif itulah dapat tercipta
suatu karya yang apat bermanfaat bagi orang lain. Dan dari karya para pengguna
perpustakaan inilah nantinya dapat pila muncul suatu wacana atau pun gagasan
yang dapat dibaca dan digunakan oleh orang lain. Contohnya bila kita membaca
tentang buku pembudidayaan jamur. Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif,
maka dari membaca buku itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan
dapat membuka lapangan pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.
3.
Sebagai Pusat
Sumber Belajar Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi
dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara
baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi
proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal
ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan
metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah
penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.
D.
Jenis
– Jenis Perpustakaan
Menurut Irma (2005) mengemukakan
jenis – jenis perpustakaan antara lain sebagai berikut :
a.
Perpustakaan
Negara Kebanyakan negara di dunia mempunyai perpustakaan negaranya sendiri.
Perpustakaan negara memainkan peranan penting dalam membangun dan menyelaras
berbagai isu berkaitan perpustakaan dan profesion pustakawan. Fungsi
perpustakaan negara yang penting adalah sebagai pusat bibliografi negara yaitu
ia menyimpan dan mengkatalogkan semua hasil penerbitan negaranya.
b.
Perpustakaan
awam Perpustakaan awam termasuk perpustakaan negeri, perpustakaan daerah, dan perpustakaan desa. Ia berfungsi
menyediakan pengkhitmatan serta kemudahan bacaan dan rujukan kepada penduduk atau
komuniti di sekitarnya. Koleksi perpustakaan awam adalah berbagai dan
merangkumi bahan bacaan untuyk semua golongan yaitu anak-anak, remaja dan
dewasa.
c.
Perpustakaan
akademik Perpustakaan akademik adalah perpustakaan di institusi pengajian tinggi
seperti university, kolej dan maktab. Fungsi perpustakaan akademik menyediakan
bahan-bahan untuk kegunaan para pelajar dan tenaga pengajar di institusinya.
d.
Perpustakaan
sekolah Setiap sekolah biasanya dilengkapi dengan perpustakaan atau dipanggil pusat sember. Saiz perpustakaan sekolah
kebanyakan adalah kecil dengan koleksi
bahan yang sederhana. Koleksinya terdiri daripada buku-buku rujukan seperti
kamus, ensiklopedia, atlas, dan juga buku cerita.
e.
Perpustakaan
khusus Perpustakaan khusus adalah perpustakan yang berada di dalam sebuah organisasi
ataupun syarikat. Perpustakaan khusus berfungsi memberikan perkhidmatan kepada
pengguna yaitu mereka yang berada di dalam organisasi itu.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Perpustakaan
merupakan salah satu pusat informasi atau tempat mengumpulkan, menyimpan dan
memelihara koleksi pustaka baik buku – buku atau bacaan lainnya, yang digunakan
untuk sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Jika
dikaitkan dengan proses belajar mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah
memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas
siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Perpustakaan mempunyai
beberapa fungsi, yang diantaranya adalah; Fungsi penelitian, Fungsi pendidikan,
Fungsi rekreasi, Fungsi informasi. Perpustakaan memiliki manfaat untuk
memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar.
Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung atau
pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di
sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan
bidangpendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajarmengajar yang
dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana
pendidikan. Memiliki peran perpustakaan diantaranya: Sebagai pusat informasi,
sebagai pusat inovasi, dan sebagai pusat sumber belajar. Dan jenis - jenis
pembelajaran antara lain: Perpustakaan Negara, Perpustakaan awam, Perpustakaan
akademik, Perpustakaan sekolah dan Perpustakaan khusus.
B.
Saran
1.
Diharapkan
sekolah-sekolah memiliki buku-buku sumber dan referensi yang lengkap, serta
ditata secara sistematis, teratur dan memudahkan pemakaian.
2.
Diharapkan
kepada guru dan siswa untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai
sumber ilmu, sumber informasi dan sumber belajar sehingga mutu pendidikan di
sekolah makin meningkat.
3.
Diharapkan
perpustakaan-perpustakaan sekolah dimanfaatkan secara efektif dan seefisien
mungkin, agar makin tumbuh kesadaran minat baca dan makin meningkatkan
kecerdasan siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Darmono.2001.
Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet. I. Jakarta: Gramedia
Widiasarana Indonesia.
Basuki, Sulistyo. 1991.
Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramerdia Pustaka Utama.
Suwarno,
Wiji. 2010. Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Darmono,
2004. Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Jakarta: Gramedia
Widiasarana Indonesia..
No comments:
Post a Comment