MAKALAH Pramuka “Administrasi Kepramukaan”
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Administrasi satuan merupakan bagian dari sistem
adminstrasi digugus depan yang diatur dengan PP Kwarnas no: 041 tahun 1995.
Tujuan administrasi satuan yakni membekali para anggota pramuka sebagai upaya
memberikan pendidikan dalam mengelolah administrasi. Kepemimpinan,
tanggungjawab, dan kreatifitas manusia. Karena administrasi satuan mengandung
tujuan pendidikan maka berikan
kesempatan pada setiap kesatuan gugus depan untuk mengembangkan administrasi
sesuai dengan tujuan administrasi satuan itu sendiri, tanpa meninggalkan
pedoman/pokok-pokok ketentuan (subtansi) penyelenggarakan administrasi.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa
yang dimaksud program kerja gudep?
2. Apa
sajakah jenis-jenis buku dalam administrasi gudep?
3. Bagaimana
cara penomoran surat menyurat dalam administrsi kepramukaa?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui dan memahami apa itu program kerja gudep
2. Untuk
mengetahui dan memahami jenis-jenis buku administrasi kepramukaan
3. Untk
mengetahui dan memahami bagaimana penomoran surat pada administrasi
kepramukaan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Progam Kerja Gugus Depan
Program kerja disebut juga dengan agenda kegiatan
yang merupakan sebuah rencana untuk jangka waktu tertentu dan telah disepakati
oleh seluruh pengurus organisasi. Gugus depan yaitu, suatu kesatuan organik
dalam gerakan pramuka sebagi pesarta didik dan pembina pramuka, serta berfungsi
sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik. Jadi program kerja gugus depan
adalah suatu rencana kegiatan yang berbasis
pramuka yang telah disepakati oleh seluruh pengurus organisasi.
1.
Program
kerja tahunan
Merupakan rencana
kegiatan yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan selama satu tahun. Prota ini
di jabarkan menjadi 3 tahapan yang masing-masing berlaku selama 4 bulan
(caturwulan) pelaksanaannya dapat dilakukan menurut skala prioritas, mana yang perlu di dahulukan sesui
dengan kondisi peserta didik dan lingkungannya. Contoh:
NO
|
Kegiatan
|
Bulan
|
Ket
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Penyusunan
program kerja
|
ü
|
-
|
|||
2.
|
Penerima
tamu ambalan
|
ü
|
-
|
2.
Program
kerja mingguan
Memuat runtutan
kegiatan yang akan di laksanakan pada waktu latiha rutin. contohnya:
Program
kegiatan mingguan
Hari, tanggal:
Tempat :
No
|
Kegiatan
|
Acara
pengganti
|
keterangan
|
B.
Pembukuan
Adapun
jenis buku administrasi dalam gugus depan yakni sebagai berikut:
1. Buku
pegangan pengurus
Berisi tentang semua
hal yang perlu diketahui oleh pengurus dewan ambalan, khususnya yang menjadi
pengurus harian (ketua, sekretaris, bendahara dan ketua bidang-bidang ).
Termasuk di dalamnya, tata laksana/ AD-ART, job description atau pembagian
tugas, time shecedule program kerja dan petunjuk pengolahan kesekretarian
2. Buku
induk anggota
Berisi data peribadi
semua anggota seperti, curuculum vitae/ data diri, penilaian keaktifan berkala,
pencapaian SKU (syarat kecakapan umum) dan SKG (syarat kecakapan pramuka
garuda), dll.
3. Buku
catatan harian/ log book
Berisi catatan semua
kejadian penting dalam ambalan. Lebih baik jika dilengkapi dengan dokumentasi
kegiatan. Dari buku ini tercatat kronologis semua kegiatan baik kecil maupun
besar yang telah dilaksanakan oleh
ambalan.
4. Buku
risalah rapat/ pertemuan/ notula
Berisi data dan hasil
setiap rapat yang diadakan baik oleh pengurus harian, rapat bidang atau rapat pleno
yang di ikuti oleh seluruh anggota ambalan. Meskipun ada banyak bidang,
sebaiknya buku risalah rapat tetap menjadi satu.
5. Buku
arsip surat masuk dan keluar serta buku ekspedisi
Untuk mencatat surat
yang masukserta yang keluar. Buku elspedisi adalah catatan ketika ambalan
menugaskan pengurusnya untuk mengirim surat keluar.
6. Buku
inventaris dan peminjaman barang
Inventarisasi sebaiknya
dilakukan secara berkala minimal setiap bulan dn hasilnya di catat dalam buku
ini. Peminjamna barang inventaris sebaiknya disediakan memo khusus yang harus
disetujui oleh pihak yang berwenang misalnya, kerani atau staff kesekretariatan
bagian invetaris.
7. Buku
catatan keuangan
Cataan keuangan yang
dikelolah oleh juru uang (bendahara) dan setiap bulan dilaporkan secara terbuka
dalam rapat pengurus harian.
8. Buku
tamu
Untuk mencatat setiap
ada penggunjung bukan anggota ambalan/ racana yang memiliki keperluan tertentu.
Misalnya memsukan surat edaran, meminjam alat, study banding atau keperluan
lainnya.
C.
Surat
menyurat keluar/masuk
Surat adalah suatu alat penyampaian berita secara
tertulis yang berisi pembritahuan, pernyataan permintaan dan lain-lain kepada
pihak lain. Sedangkan Surat menyurat adalah kegiatan pengendalian arus
berita baik tetulis maupun lisan yang timbul dari adanya catatan, laporan,
perencanaan atau program dan keputusan yang memungkinkan adanya permintaan
penjelasan penambahan/ kekurangan atau perubahan.
Surat menyurat dibagi 2 yaitu surat
keluar dan surat masuk:
a. Suat
keluar
Ialah semua
tulisan-tulisan yang dikirimkan kepada instansi/ pihak lain yang setiap konsep
untuk diajukan kepada pimpinan disalurkan melalui kepala sekretariat/sekretaris
atau pejabat yang diberi wewenang meneliti.
b. Surat
masuk
Ialah semua
tulisan-tulisan atau berita-berita yang
diterima dari instansi/pihak lain, yang penerimaannya dipusatkan di sekretariat
atau bagian lain yang diberi wewenang untuk tugas itu.
Adapun cara
penomoran surat (surat keluar/masuk) disusun sebagai berikut:
a) Nomor
urut surat keluar
b) Kode
kwartil
c) Kode
bidang/ gugus depan
Contoh:234 /03.953-C
Nomor urut surat keluar: 234
Kode kwartil: 03.953
Kode bidang: C
Keterangan: surat tersebut dikeluarkan oleh kwartil
cabang oleh kwartir cabang; pada point (b) 11 adalah kode nomor kwarda jateng
dan 33 kode kwacab kot semarang. Apabila surat tersebut dikeluarkan oleh
kuartir rating makapenulisan nomor surat menjadi: 113301 (01 adalah nomor
kwartir rating gayamsari).
d) Distribusi
pengiriman surat sesuai dengan alamat yang dicantumkan, baik alamat kepada
maupun tembusan. Susunan surat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:
1. Kepala
surat yang terdiri dari:
a. Nama
organisasi/ kesatuan
b. Tempat,
tanggal, bulan dan tahun
c. Nomor
d. Klasifikasi
e. Lampiran
f. Prihal
g. Alamat
h. U.p
(untuk perhatian) aoabila perlu
2. Isi
surat terdiri dari
a. Pendahuluan
b. Uraian/maksud
c. Kalimat
penutup
3. Penutup
surat, terdiri dari:
a. Nama
jabatan
b. Tanda
tangan
c. Nama
pejabat
d. Cap/stempel
e. tembusan
BAB III
PENUTUP
A.
kesimpulan
program kerja gugus depan adalah suatu
rencana kegiatan yang berbasis pramuka
yang telah disepakati oleh seluruh pengurus organisasi.
Dalam administrasi kepramukaan
jenis-jenis pembukuan seperti, buku pegangan pengurus,buku induk anggota, buku
catatan harian/ log book, buku risalah rapat/ pertemuan/ notula, buku arsip
surat masuk dan keluar serta buku ekspedisi, buku inventaris dan peminjaman
barang, buku catatan keuangan, dan buku tamu.
Adapun
cara penomoran surat (surat keluar/masuk) disusun sebagai berikut:
a) Nomor
urut surat keluar
b) Kode
kwartil
c) Kode
bidang/ gugus depan
Contoh:234 /1133-C
Nomor urut surat keluar: 234
Kode kwartil: 1133
Kode bidang: C
Keterangan: surat tersebut dikeluarkan oleh kwartil
cabang oleh kwartir cabang; pada point (b) 11 adalah kode nomor kwarda jateng
dan 33 kode kwacab kot semarang. Apabila surat tersebut dikeluarkan oleh
kuartir rating makapenulisan nomor surat menjadi: 113301 (01 adalah nomor
kwartir rating gayamsari).
d) Distribusi
pengiriman surat sesuai dengan alamat yang dicantumkan, baik alamat kepada
maupun tembusan
B.
Saran
Dengan mempelajari tentang administrasi kepramukaan
maka diharapkan kita bisa mengetahui, memahami apa itu administrasi
kepramukaan, manfaat dari administrasi pramuka, kemudian pembukuannya, dan cara
penomoran dalam surat menyurat.untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi ini
anda dapat membaca atau mengunjungi situs-situs website tentang administrasi
kepramukaan.
DAFTAR PUSTAKA
Cikal,
D. 2012. Andministrasi gugus depan.
Diakses dari http://dotercikal.blogspot.com/2012/01/aministrasi-gugus-depan.html?m=1.
(pada tanggal 22 september 2018).
Wahyudin,
K. 2014. Administrasi gugus depan. Diakses
dari http://www.scibd.com/document/244128545/ADMINISTRASI-GUGUS-DEPAN-ppsx. (pada tanggal 22
september 2018).
Daengmalolo.
2013. Administrasi ramuka. Diakses
dari http://www.scribd.com/doc/129246049/Administrasu-Pramuka.
(pada tanggl 22 september 2018.)
No comments:
Post a Comment