1

loading...

Tuesday, October 30, 2018

PROGRAM HARIAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


NAMA           : A
KELAS          :
MK                 :

PROGRAM HARIAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Hari/Minggu : Senin/1
Kelompok/Usia : A/5-6 tahun
Tema/Sub tema : Diriku/Tubuhku
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Diriku/Tubuhku
1.      Bidang Bimbingan : Bimbingan kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi dan layanan informasi
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu mengetahui anggota tubuhnya, 2) anak berani memperkenalkan dirinya, 3) anak sudah bisa menyebutkan kalimat sederhana seperti mataku, rambutkuku, mulutku.
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) menyanyikan anggota tubuh, 2) menjaga kebersihan tubuh, 3) menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, 5) menyebutkan identitas diri
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 20 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) timbangan berat badan, 3) ukuran tinggi badan

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Menunjukkan bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentu orang lain
4.      Menjaga pakaian supaya rapi
5.      Bisa merawat anggota tubuhnya
6.      Dapat menunjukkan nama-nama anggota tubuh

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa sedangkan yang bisa memahami ada setengah dari siswa tersebut yang mampu dan setengan dari itu belum mampu atau memahaminya

D.    Rencana Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak paud banyak yang memiliki kendala seperti suasana yang kerang tertib, kurang sarana dan prasarana, sebagian anak kurang aktif, ada anak yang diam saja tidak berkomunikasi dengan temannya



Hari/Minggu : Selasa/1
Kelompok/Usia : A/5-6 tahun
Tema/Sub tema : Diriku/Identitas
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Diriku/Identitas
13.  Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
14.  Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi dan layanan penempatan
15.  Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta penempatan yang sesuai dengan kondisi dan potensi  anak usia dini
16.  Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjawab tentang identitasnya 2) menebalkan garis vertical seperti gambar rambut dan mulut 3) mampu memperkenalkan dirinya
17.  Sasaran Layanan : Murid kelas A
18.  Kegiatan/Materi Layanan : 1)  berdoa sebelum dan sesudah belajar 2) menyebutkan nama teman 3) bernyanyi “namaku Ani” 4) membilang 1-10
19.  Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
20.  Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
21.  Alokasi Waktu : 20 menit
22.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
23.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
24.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) papan tulis 3) bilangan 1-10
                  
B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari dia sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan namanya
4.      Dapat menyebutkan nama temannya

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka identitasnya

D.    Rencana Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, kendalanya hanya ada sebagian anak yg hiperatif dan juga pendiam

Hari/Minggu : Rabu/1
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Diriku/Wajahku
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Diriku/Wajahku
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menggambar huding, mulut, telinga, lidah 2) anak mampu menyebutkan fungsi dari panca indra
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “dua mata saya” 3) membaca dan menggambar mata, hidung, 3) menebalkan garis lengkung mata 4) menyebutkan panca indera
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 30 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) bagian wajah boneka yang diberi nama

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari bahwa panca indera sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan mata, hidung, lidah, telinga
4.      Dapat menyebutkan nama-nama pnca indera
5.      Mengenal benda berdasarkan fingsi


C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka nama-nama panca indera

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, kendalanya hanya pada sarana dan prasarana





Hari/Minggu : Kamis/1
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta memberi bantuan kepada anak dalam masalah tertentu yang dialami anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menyelesaikan masalah sederhana 2) berkomunikasi baik dengan keluarga 3) mengerti keadaan keluarga
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) bersyukur sebagai ciptaan tuhan 2) belajar dan mengenal aturan bermain 3) mencuci dan menggosok gigi
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 30 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) gambar bilangan di papan tulis 3) tas, baju milik anak

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan anggota keluarga seperti ayah, ibu, adik, kakak
4.      Dapat menyebutkan nama-nama keluarganya

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka nama ibu, ayah, adik dan kakak mereka

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam mengenal keluarga dengan kebiasannya, kendalanya hanya pada sarana dan prasarana juga anak yang kurang tertib

Hari/Minggu : Jum’at/1
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Keluarga/Makanan
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Keluarga/Makanan
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : Agar anak bisa saling berbagi dan mereka mengenal konsep peduli
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “bantu ibu” 3) menirukan lambing bilangan 1 4) menceritakan ibu memasak nasi 5) mengungkapkan sebab akibat jika menggoreng gelor sambil bermain 6) menentukan gambar yang termasuk makanan
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas dan taman
9.      Alokasi Waktu : 15 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil 2) panci dan kebutuhan menanak nasi di sentra memasak 3) lambing bilangan1

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari bahwa rezeki dari tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan makanan yang sehat

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, sedangkan ada 8 anak yang mengerti dan 9 anak kurang

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini ada hanya beberapa anak yang memahami dan ada yang kurag mengerti





Hari/Minggu : Sabtu/1
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Keluarga/Pakaian
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Keluarga/Pakaian
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta membatu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjaga kebersihan bajunya 2) mampu menggambar bentuk baju 3) menelusuri garis pertikal celana
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi 3) membaca dan menggambar 4) mentebutkan atribut yang anak pakai
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 20 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) baju dan celana anak

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari bahwa kebersihan sangat penting
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan fungsi dari pakaian seperti baju, celana


C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka nama-nama atribut yang anak pakai

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, kendalanya hanya pada sarana dan prasarana serta anak kurang tertib

Hari/Minggu : Senin/2
Kelompok/Usia : A/5-6 tahun
Tema/Sub tema : Diriku/Tubuhku
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Diriku/Tubuhku
1.      Bidang Bimbingan : Bimbingan kelompok, pribadi, belajar, pendidikan
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi dan layanan informasi, layanan penempatan
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta bisa menyesuaikan fungsi dari konsep anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu mengetahui anggota tubuhnya, 2) anak berani memperkenalkan dirinya, 3) anak sudah bisa menyebutkan kalimat sederhana seperti mataku, rambutkuku, mulutku.
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) menyanyikan anggota tubuh, 2) menjaga kebersihan tubuh, 3) menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, 5) menyebutkan identitas diri
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 20 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) timbangan berat badan, 3) ukuran tinggi badan

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari tubuhnya sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Menunjukkan bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentu orang lain
4.      Menjaga pakaian supaya rapi
5.      Bisa merawat anggota tubuhnya
6.      Dapat menunjukkan nama-nama anggota tubuh

C.     Hasil : Siswa yang bisa memahami ada lebih meningkat dibandingkan minggu sebelumnya karena dibantu dengan teman sebayanya yang bisa dan sebagian dari itu belum mampu atau memahaminya

D.    Rencana Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Hanya sedikit kendala dalam kegiatan ini yairu sebagian anak yg heperaktif
Hari/Minggu : Selasa/2
Kelompok/Usia : A/5-6 tahun
Tema/Sub tema : Diriku/Identitas
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Diriku/Identitas
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi dan layanan penempatan
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta penempatan yang sesuai dengan kondisi dan potensi  anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjawab tentang identitasnya 2) menebalkan garis vertical seperti gambar rambut dan mulut 3) mampu memperkenalkan dirinya
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1)  berdoa sebelum dan sesudah belajar 2) menyebutkan nama teman 3) bernyanyi “namaku Ani” 4) membilang 1-10
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 20 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) papan tulis 3) bilangan 1-10
                  
B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari dia sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan namanya
4.      Dapat menyebutkan nama temannya

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka identitasnya bahkan mereka saling bertanya seputaran diri mereka

D.    Rencana Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, dan juga ada anak yang sudah bisa megajari teman sebayanya. Kendalanya hanya ada sebagian anak yg hiperatif dan juga pendiam

Hari/Minggu : Rabu/2
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Diriku/Wajahku
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Diriku/Wajahku
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menggambar huding, mulut, telinga, lidah 2) anak mampu menyebutkan fungsi dari panca indra
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “dua mata saya” 3) membaca dan menggambar mata, hidung, 3) menebalkan garis lengkung mata 4) menyebutkan panca indera
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 30 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) bagian wajah boneka yang diberi nama 3) bilangan 1-10

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari bahwa panca indera sebagai ciptaan tuhan
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan mata, hidung, lidah, telinga
4.      Dapat menyebutkan nama-nama pnca indera
5.      Mengenal benda berdasarkan fingsi
6.      Mengenali wajah-wajah orang disekitnya


C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut sama seperti minggu sebelumnya bahkan anak mampu menyebutkan panca indera dengan lantang.

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak semakin pandai dan sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, kendalanya hanya sedikit dari mereka yang hanya asik bermain sendirinya

Hari/Minggu : Kamis/2
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta memberi bantuan kepada anak dalam masalah tertentu yang dialami anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menyelesaikan masalah sederhana 2) berkomunikasi baik dengan keluarga 3) mengerti keadaan keluarga
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) bersyukur sebagai ciptaan tuhan 2) belajar dan mengenal aturan bermain 3) mencuci dan menggosok gigi 3) belajar dengan teman sebaya
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 30 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) gambar bilangan di papan tulis 3) tas, baju milik anak

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari sebagai ciptaan tuhan dan bertanya sopan
2.      Mengenalkan anggota keluarga seperti ayah, ibu, adik, kakak
3.      Dapat menyebutkan nama-nama keluarganya

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, ada perubahan dari minggu sebelumnya pada kegiatan hari ini anak malah semakin sediki mereka yang mampu menyebutka nama ibu, ayah, adik dan kakak mereka

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak yang sudah mampu malah semakin sedikit dibandingkan dengan hari sebelumnya dan kendalanya anak tidak aktif hanya beberapa yang aktif

Hari/Minggu : Jum’at/2
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Keluarga/Makanan
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Keluarga/Makanan
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : Agar anak bisa saling berbagi, mereka mengenal konsep peduli dan saling mencicipi makanan
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “bantu ibu” 3) menirukan lambing bilangan 1 4) menceritakan ibu memasak nasi 5) mengungkapkan sebab akibat jika menggoreng gelor sambil bermain 6) menentukan gambar yang termasuk makanan 7) mencicipi masakan ibu mereka 8) belajar bersama teman sebaya
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas dan taman
9.      Alokasi Waktu : 20 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil 2) panci dan kebutuhan menanak nasi di sentra memasak 3) lambing bilangan 1 4) tempat nasi

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari bahwa rezeki dari tuhan
2.      Kepedulian terhadap sebaya mereka
3.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
4.      Mengenalkan makanan yang sehat

C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak memahami dan mengerti saat kegiatan ini

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Anak sudah bisa memahami dan mengerti apa yang disampaikan pendidik dan mereka belajar arti kepedulian dan berbagi



Hari/Minggu : Sabtu/2
Kelompok/Usia : A/4-5 tahun
Tema/Sub tema : Keluarga/Pakaian
A.    Bahasan/Topik pembahasan : Keluarga/Pakaian
1.      Bidang Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.      Jenis Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling. Layanan penempatan
3.      Fungsi Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta membatu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak dan juga menempatkan sesuai kondisi dan potensi anak usia dini
4.      Tujuan Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjaga kebersihan bajunya 2) mampu menggambar bentuk baju 3) menelusuri garis pertikal celana
5.      Sasaran Layanan : Murid kelas A
6.      Kegiatan/Materi Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi 3) membaca dan menggambar 4) mentebutkan atribut yang anak pakai 5) belajar dengan teman sebaya nya
7.      Metode : Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.      Tempat Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.      Alokasi Waktu : 20 menit
10.  Penyelenggaraan Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.  Pihak yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.  Alat dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) baju dan celana anak 3) bilangan 1-10

B.     Rencana Penilaian
1.      Menyadari bahwa kebersihan sangat penting
2.      Menggunakan kata sopan saat bertanya
3.      Mengenalkan fungsi dari pakaian seperti baju, celana


C.     Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami dan mengerti kegiatan tersebut dan mereka lebih memahami dari sebelumnya, mereka mampu menyebutka nama-nama atribut yang anak pakai dengan lantang

D.    Rencana Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya

E.     Catatan Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, kendalanya hanya pada sarana dan prasarana serta anak kurang tertib karena ada anak yang hanya asik bermain saja












No comments:

Post a Comment