NAMA : A
KELAS :
MK :
PROGRAM HARIAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Hari/Minggu
: Senin/1
Kelompok/Usia
: A/5-6 tahun
Tema/Sub
tema : Diriku/Tubuhku
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Diriku/Tubuhku
1.
Bidang
Bimbingan : Bimbingan kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi dan layanan informasi
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia
dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu mengetahui anggota tubuhnya, 2) anak
berani memperkenalkan dirinya, 3) anak sudah bisa menyebutkan kalimat sederhana
seperti mataku, rambutkuku, mulutku.
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) menyanyikan anggota tubuh, 2) menjaga kebersihan tubuh, 3)
menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, 5) menyebutkan identitas diri
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 20 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) timbangan berat badan, 3) ukuran
tinggi badan
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
tubuhnya sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Menunjukkan
bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentu orang lain
4.
Menjaga
pakaian supaya rapi
5.
Bisa
merawat anggota tubuhnya
6.
Dapat
menunjukkan nama-nama anggota tubuh
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa sedangkan yang bisa
memahami ada setengah dari siswa tersebut yang mampu dan setengan dari itu
belum mampu atau memahaminya
D.
Rencana
Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak paud banyak yang memiliki kendala seperti
suasana yang kerang tertib, kurang sarana dan prasarana, sebagian anak kurang
aktif, ada anak yang diam saja tidak berkomunikasi dengan temannya
Hari/Minggu
: Selasa/1
Kelompok/Usia
: A/5-6 tahun
Tema/Sub
tema : Diriku/Identitas
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Diriku/Identitas
13.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
14.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi dan layanan penempatan
15.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta
penempatan yang sesuai dengan kondisi dan potensi anak usia dini
16.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjawab tentang identitasnya 2)
menebalkan garis vertical seperti gambar rambut dan mulut 3) mampu
memperkenalkan dirinya
17.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
18.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa sebelum dan sesudah
belajar 2) menyebutkan nama teman 3) bernyanyi “namaku Ani” 4) membilang 1-10
19.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
20.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
21.
Alokasi
Waktu : 20 menit
22.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
23.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
24.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) papan tulis 3) bilangan 1-10
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
dia sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
namanya
4.
Dapat
menyebutkan nama temannya
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami
dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka identitasnya
D.
Rencana
Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini,
kendalanya hanya ada sebagian anak yg hiperatif dan juga pendiam
Hari/Minggu
: Rabu/1
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Diriku/Wajahku
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Diriku/Wajahku
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia
dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menggambar huding, mulut, telinga, lidah
2) anak mampu menyebutkan fungsi dari panca indra
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “dua mata saya” 3) membaca dan
menggambar mata, hidung, 3) menebalkan garis lengkung mata 4) menyebutkan panca
indera
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 30 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) bagian wajah boneka yang
diberi nama
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
bahwa panca indera sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
mata, hidung, lidah, telinga
4.
Dapat
menyebutkan nama-nama pnca indera
5.
Mengenal
benda berdasarkan fingsi
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami
dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka nama-nama panca indera
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini,
kendalanya hanya pada sarana dan prasarana
Hari/Minggu
: Kamis/1
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta
memberi bantuan kepada anak dalam masalah tertentu yang dialami anak usia dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menyelesaikan masalah sederhana 2)
berkomunikasi baik dengan keluarga 3) mengerti keadaan keluarga
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) bersyukur sebagai ciptaan tuhan 2) belajar dan mengenal aturan
bermain 3) mencuci dan menggosok gigi
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 30 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) gambar bilangan di papan tulis
3) tas, baju milik anak
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
anggota keluarga seperti ayah, ibu, adik, kakak
4.
Dapat
menyebutkan nama-nama keluarganya
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami
dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka nama ibu, ayah, adik
dan kakak mereka
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam mengenal keluarga
dengan kebiasannya, kendalanya hanya pada sarana dan prasarana juga anak yang
kurang tertib
Hari/Minggu
: Jum’at/1
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Keluarga/Makanan
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Keluarga/Makanan
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia
dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : Agar anak bisa saling berbagi dan mereka mengenal
konsep peduli
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “bantu ibu” 3) menirukan lambing
bilangan 1 4) menceritakan ibu memasak nasi 5) mengungkapkan sebab akibat jika
menggoreng gelor sambil bermain 6) menentukan gambar yang termasuk makanan
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas dan taman
9.
Alokasi
Waktu : 15 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil 2) panci dan kebutuhan menanak nasi di
sentra memasak 3) lambing bilangan1
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
bahwa rezeki dari tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
makanan yang sehat
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, sedangkan ada 8 anak yang
mengerti dan 9 anak kurang
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini ada hanya beberapa anak yang memahami dan ada yang
kurag mengerti
Hari/Minggu
: Sabtu/1
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Keluarga/Pakaian
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Keluarga/Pakaian
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta
membatu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak usia dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjaga kebersihan bajunya 2) mampu
menggambar bentuk baju 3) menelusuri garis pertikal celana
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi 3) membaca dan menggambar 4)
mentebutkan atribut yang anak pakai
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 20 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) baju dan celana anak
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
bahwa kebersihan sangat penting
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
fungsi dari pakaian seperti baju, celana
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami
dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka nama-nama atribut yang
anak pakai
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini,
kendalanya hanya pada sarana dan prasarana serta anak kurang tertib
Hari/Minggu
: Senin/2
Kelompok/Usia
: A/5-6 tahun
Tema/Sub
tema : Diriku/Tubuhku
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Diriku/Tubuhku
1.
Bidang
Bimbingan : Bimbingan kelompok, pribadi, belajar, pendidikan
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi dan layanan informasi, layanan penempatan
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta bisa menyesuaikan
fungsi dari konsep anak usia dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu mengetahui anggota tubuhnya, 2) anak
berani memperkenalkan dirinya, 3) anak sudah bisa menyebutkan kalimat sederhana
seperti mataku, rambutkuku, mulutku.
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) menyanyikan anggota tubuh, 2) menjaga kebersihan tubuh, 3)
menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, 5) menyebutkan identitas diri
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 20 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) timbangan berat badan, 3) ukuran
tinggi badan
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
tubuhnya sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Menunjukkan
bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentu orang lain
4.
Menjaga
pakaian supaya rapi
5.
Bisa
merawat anggota tubuhnya
6.
Dapat
menunjukkan nama-nama anggota tubuh
C.
Hasil
: Siswa yang bisa memahami ada lebih meningkat dibandingkan minggu sebelumnya karena
dibantu dengan teman sebayanya yang bisa dan sebagian dari itu belum mampu atau
memahaminya
D.
Rencana
Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Hanya sedikit kendala dalam kegiatan ini yairu sebagian anak yg
heperaktif
Hari/Minggu
: Selasa/2
Kelompok/Usia
: A/5-6 tahun
Tema/Sub
tema : Diriku/Identitas
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Diriku/Identitas
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi dan layanan penempatan
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta
penempatan yang sesuai dengan kondisi dan potensi anak usia dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjawab tentang identitasnya 2)
menebalkan garis vertical seperti gambar rambut dan mulut 3) mampu
memperkenalkan dirinya
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa sebelum dan sesudah
belajar 2) menyebutkan nama teman 3) bernyanyi “namaku Ani” 4) membilang 1-10
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 20 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 5-6 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil, 2) papan tulis 3) bilangan 1-10
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
dia sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
namanya
4.
Dapat
menyebutkan nama temannya
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami
dan mengerti kegiatan tersebut, mereka mampu menyebutka identitasnya bahkan
mereka saling bertanya seputaran diri mereka
D.
Rencana
Tindak Lanjut : dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini, dan
juga ada anak yang sudah bisa megajari teman sebayanya. Kendalanya hanya ada
sebagian anak yg hiperatif dan juga pendiam
Hari/Minggu
: Rabu/2
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Diriku/Wajahku
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Diriku/Wajahku
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia
dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menggambar huding, mulut, telinga, lidah
2) anak mampu menyebutkan fungsi dari panca indra
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “dua mata saya” 3) membaca dan
menggambar mata, hidung, 3) menebalkan garis lengkung mata 4) menyebutkan panca
indera
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 30 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) bagian wajah boneka yang
diberi nama 3) bilangan 1-10
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
bahwa panca indera sebagai ciptaan tuhan
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
mata, hidung, lidah, telinga
4.
Dapat
menyebutkan nama-nama pnca indera
5.
Mengenal
benda berdasarkan fingsi
6.
Mengenali
wajah-wajah orang disekitnya
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu memahami
dan mengerti kegiatan tersebut sama seperti minggu sebelumnya bahkan anak mampu
menyebutkan panca indera dengan lantang.
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak semakin pandai dan sudah mampu dan bisa dalam
kegiatan ini, kendalanya hanya sedikit dari mereka yang hanya asik bermain
sendirinya
Hari/Minggu
: Kamis/2
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Keluarga/Kebiasaan dalam keluarga
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta
memberi bantuan kepada anak dalam masalah tertentu yang dialami anak usia dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menyelesaikan masalah sederhana 2)
berkomunikasi baik dengan keluarga 3) mengerti keadaan keluarga
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) bersyukur sebagai ciptaan tuhan 2) belajar dan mengenal aturan bermain
3) mencuci dan menggosok gigi 3) belajar dengan teman sebaya
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 30 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) gambar bilangan di papan tulis
3) tas, baju milik anak
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
sebagai ciptaan tuhan dan bertanya sopan
2.
Mengenalkan
anggota keluarga seperti ayah, ibu, adik, kakak
3.
Dapat
menyebutkan nama-nama keluarganya
C. Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, ada perubahan
dari minggu sebelumnya pada kegiatan hari ini anak malah semakin sediki mereka yang
mampu menyebutka nama ibu, ayah, adik dan kakak mereka
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak yang sudah mampu malah semakin sedikit
dibandingkan dengan hari sebelumnya dan kendalanya anak tidak aktif hanya
beberapa yang aktif
Hari/Minggu
: Jum’at/2
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Keluarga/Makanan
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Keluarga/Makanan
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan anak usia
dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : Agar anak bisa saling berbagi, mereka mengenal konsep
peduli dan saling mencicipi makanan
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi “bantu ibu” 3) menirukan lambing
bilangan 1 4) menceritakan ibu memasak nasi 5) mengungkapkan sebab akibat jika
menggoreng gelor sambil bermain 6) menentukan gambar yang termasuk makanan 7)
mencicipi masakan ibu mereka 8) belajar bersama teman sebaya
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas dan taman
9.
Alokasi
Waktu : 20 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku dan pensil 2) panci dan kebutuhan menanak nasi di
sentra memasak 3) lambing bilangan 1 4) tempat nasi
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
bahwa rezeki dari tuhan
2.
Kepedulian
terhadap sebaya mereka
3.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
4.
Mengenalkan
makanan yang sehat
C.
Hasil
: Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak memahami dan
mengerti saat kegiatan ini
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Anak sudah bisa memahami dan mengerti apa yang disampaikan pendidik
dan mereka belajar arti kepedulian dan berbagi
Hari/Minggu
: Sabtu/2
Kelompok/Usia
: A/4-5 tahun
Tema/Sub
tema : Keluarga/Pakaian
A.
Bahasan/Topik
pembahasan : Keluarga/Pakaian
1.
Bidang
Bimbingan : Pribadi, belajar, pendidikan, kelompok
2.
Jenis
Layanan : Layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling. Layanan
penempatan
3.
Fungsi
Layanan : Memberikan informasi mengenai pemahaman dan pengembangan serta
membatu menyelesaikan masalah yang dihadapi anak dan juga menempatkan sesuai
kondisi dan potensi anak usia dini
4.
Tujuan
Layanan/Hasil di capai : 1) anak mampu menjaga kebersihan bajunya 2) mampu
menggambar bentuk baju 3) menelusuri garis pertikal celana
5.
Sasaran
Layanan : Murid kelas A
6.
Kegiatan/Materi
Layanan : 1) berdoa belajar, 2) bernyanyi 3) membaca dan menggambar 4)
mentebutkan atribut yang anak pakai 5) belajar dengan teman sebaya nya
7.
Metode
: Tanya jawab, bernyanyi, bermain games, ceramah
8.
Tempat
Penyelenggaraan : Ruangan kelas
9.
Alokasi
Waktu : 20 menit
10.
Penyelenggaraan
Layanan : ditujukan untuk siswa paud 4-5 tahun kelompok A
11.
Pihak
yang di Sertakan : Siswa murid kelas A
12.
Alat
dan Perlengkapan : 1) buku gambar dan pensil, 2) baju dan celana anak 3)
bilangan 1-10
B.
Rencana
Penilaian
1.
Menyadari
bahwa kebersihan sangat penting
2.
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
3.
Mengenalkan
fungsi dari pakaian seperti baju, celana
C. Hasil : Hasil dari kegiatan tersebut jumlah anak 17 siswa, semua anak mampu
memahami dan mengerti kegiatan tersebut dan mereka lebih memahami dari
sebelumnya, mereka mampu menyebutka nama-nama atribut yang anak pakai dengan
lantang
D.
Rencana
Tindak Lanjut : Dari hasil kegiatan tersebut bahwa kegiatan layanan bimbingan
konseling harus ada di paud supaya anak lebih mengerti dan memahami dirinya dan
lingkungan sekitarnya
E.
Catatan
Khusus : Dalam kegiatan ini anak sudah mampu dan bisa dalam kegiatan ini,
kendalanya hanya pada sarana dan prasarana serta anak kurang tertib karena ada
anak yang hanya asik bermain saja
No comments:
Post a Comment