1

loading...

Monday, October 29, 2018

Tugas Sastra Daerah


           Sastra Daerah
                  
                                    Akhir Kisa Sebuah Cinta Anak Sekolah


Pelaku: Oktorio, M.yusuf, Aan, Taufik, Angga, Pitah, Petti, Yela, pak buyung, jefri, rafik, miji.
           
Babak 1


            Disebuah tempat dimana tempat itu untuk menempuh pendidikan yaitu sekolah menenga atas(SMA). Anak IPS biasanya kalau sudah jam istirahat nongkrong dikantin yang khususnya kantin/warung tempat cowoknya, dan seperti biasanya main game, makan-makan dan minum diwarung itu.


Oktorio            :” ayo kita goyang dua jari biar kita happy goyang sampai pagiii..main game           lagi”(bernyanyi sambil memetik gitar dengan suara flase)
M.yusuf           :“oi...men nyanyinya yang bagus dikit dong, sakit telinga saya     dengernya...udah makan mie tiap hari,dengerin lagu kamu yang false itu. Lama-lama ini telingabisa budeg nanti men”.
Taufik              :”iya men!. Sumpa ni telinga saya juga ketularan budeg ni, nanti enggak bisa lagi dengar ocehan bapak kepalah setiap hari senin. Hahaha”
Tertawa bareng teman-teman
Aan                 :” yoi, kalo nyanyian nya bagusan dikit bisa ikutan di academik, kan suaranya flase sama cempreng gitu, hahaha”.(sambil ngeledekin)
Oktorio            :wooi, Aan kalo dari dulusaya diterima menjadi penyanyi yang terkenal, nggak mungkin saya masuk sekolah ini”.( sambil berdiri ngambil gorengan karena kesal sama teman-temannya)


 Babak 2


            Di esok harinya seseorang perempuan yaitu pitah yang baru sampai kesekolah, berjalan dan melalui kantin/warung khusus laki-laki. Dan diwarung itu ada oktorio sedang minum cappucino.


Oktorio            :”haaii..dek pitah mau kekelas yah? Kakak boleh barengan jalannya sama adek                   enggak? Kebetulan kelas kita juga sama”(sambil senyum-senyum malu)
Pitah                :” pitah mau kekelas teman mau antar bukunya, dan nggak usah kita nggak searah nanti soalnya mau antar buku dulu”(dengan jawaban cuek)
Oktorio            :”seperti itu yah dek, yah udah kalo gitu kakak temani yah nanti digangguin sama cowok yang lain dan kakak kelas juga, kan kakak enggak mau liat perempuan diganguin sama cowok lain apalagi cewek seperti dek pitah yang cantik”.(membujuk pitah supaya mau barengan jalannya)
Pitah                :”apaan si kak nggak usah lebay, pitah berani sendiri, udah yah gombalnya pitah pergi dulu”.(lalu berjalan menuju kelas)
Oktorio            :”saya ikutin nggak ya, ah ikutin ajalah”.(sambil berbicara didepan penonton lalu berjalan)
Oktorio            “pitah, jangan cuek gitu dong sama kakak, kan kakak mau barengan ajah jalanya”.(rasa kecewa karena pitah cuek)
Pitah                :” ah, udah kak pitah nggak mau ladenin orang tukang gombal”
Ditenga perjalanan menuju kelas, mereka suda sampai didepan kelas adek tingkat yaitu kelas (sepuluh A) disana ada temannya si oktorio yaitu M.yusuf teman akrabnya sehari-hari.
M.yusuf           :” hei dek pitah jangan mau barengan sama dia, dia itu tukang gombalin cwek disekolah ini”.(bicara sama pitah, dan ngeledekin si oktorio supaya pita tambah kesel sama oktorio)
Oktorio            :” wooi men, diam luh peak kamu cukup makan mie ajah nggak usah urusin cewek hahah”(jalan menuju pita yang ditinggal nya)
Oktorio            :” pit, pitah tungguin kakak, aah gara-gara kamu sup saya tinggalin”.(lalu mengejar pitah, dan pitah pun tidak memperdulikan nya dan laju pergi).



Babak 3

Malam harinya dirumah Oktorio, si Oktorio mengajak teman-teamannya nginap dirumah nya untuk merencanakan besoknya, oktorio untuk mengungkapkan perasaannya kepada pitah perempuan yang sudah lama disukainya sejak masuk sekolah.
Besok paginya sudah disekolah, sudah jam istirahat pertama oktorio dan teman-temannya bersiap-siap untuk menuju kelas pitah untuk mengungkapkan perasaan oktorio kepada pitah anak IPA itu.

Oktorio            :” pet, pitah nya ada dikelas?”(bertanya kepada petti, petti adalah sahabat karibnya pitah)
Petti                 :” oh, ada dibelakang kelas dia tadi, emangnya kenapa tumben nanyainya?”( dengan penasaraan)
Oktorio            :” oh... makasi pet”( dengan jawaban singkat, dan berjalan menuju tempat pitah yang dikasi tau oleh sahabatnya petti)
Pitah lagi duduk sambil membaca buku novel di belakang kelas, tiba-tiba ada oktorio  danteman-temannya menghampiri pitah, dan pita pun kaget dan bertanya-tanya heran
” kenapa mereka kesini tumbennya” dengan bicara dalam hati.
Oktorio            :”dek pitah”!(memanggilnya)
Pitah                :” iya ada apa kak?”
Saling bertatapan
Oktorio            :”dari awal kakak ketemu adek sebenarnya kakak suka sama kmu pit”(sambil gugup ngucapinnya) kakak punya perasaan yang dalam terhadapmu lebi dari kakak adik.
Disaat itu pitah belum sempat menjawab ucapan yang di bilang dari oktorio tadi, tiba-tiba ada kakak kandungnya si pitah yang bernama kek selvi duduk di bangku X11/IPA dan sahabatnya menghampiri mereka. Dan rencana mereka yang suda direncanakan pun gagal.
Kak selvi         :” eeeh, bilang apa kamu tadi, suka sama pitah? Kamu nggak mungkin bisa dapat kan cintanya, lagian belum boleh cinta-cintaan kalian masi panjang waktu untuk mengejar impian, dan pitah masi mau namatkaan pendidikannya dulu di jenjang sarjana nanti. Lagian pitah suda di jodohin sama orang lain walawpun masi lama waktunya, dan orangnya pun nggak seperti kamu yang sukanya gombalin orang terus, bagaimana bisa membuat adik saya senang kalo gitu, malahan membuat dia  terteksn terus nanti. Dan juga kalian nggak cocok untuk bersatu. Pitah ayo ikut kakak”.( sambil narik tangan pitah untuk pergi dari tempat itu)
Oktorio            :terdiam sejenak”  apakah aku tidak panatas untuk disuakai oleh orang yang aku suka, ha”( berdiri sambil bicara di depan penonton)
M.yusuf           :” sabar bro, semoga bisa dapat yang lebih dari pitah”
Aan                 :” iyah saya doakan men”( sambil menepuk pundak oktorio)
Dan teman-temannya pun berusaha untuk menghiburnya.
                        Layarpun turun


Babak 4

suasana cuaca di hari itu tidak mendukung karena mau hujan deras,  kelasnya oktorio lagi jam pelajaran olaraga, lalu oktorio dan temannya M.yusuf pergi kekelas nya pitah yang lagi belajar sama pak buyung yang garang itu, dan bernyanyi-nyanyi dan kebetulan pacarnya si yusuf yang beranama Yela satu kelas sama pitah, dan Yelapun sahabatnya pitah.

Oktorio            :” bila aku jatu cinta, aku melihat matahari, bila aku jatu cinta aku mendengar nyanyian ini”( dengan suara kencang)
Pak buyung     :” woy, ngapain kamu disitu, ribut-ribut di depan kelas ganggu orang mau belajar saja, kamu berdua tu ya emang cari gara-gara saja tiap hari cuman buat saya emosi ajah”(dengan nada marah)
Oktorio            :” kami disini hanya ingin menghibur kelas bapak dan menghibur ajah pak dan ingin menyuru  pitah sama yela nya keluar”
Pak buyung     :” ah sudah-sudah jangan buat onar disini, disini mau belajar bukan mau main-main”
Tiba-tiba yela sama pitah pun keluar dari kelas, karena nggak konsen belajar ada yang ribut-ribut di depan kelas. Dan bapak nya pergi kekantor meninggalkan mereka.
Yela                 :” ada apa ini ribut-ribut ?nggak konsen belajarnya”
Pitah                :”sudahlah kak,cepat pergi dari sini dan pitah pun belum mau berpacaran dulu jadi kita temanan ajah ya dan jangan gangguin pitah lagi karena pitah mau konsen    sekolahnya dulu”
Oktorio            :” jadi kamu nolak cinta kakak, pit? Tengganya kamu padahal sudah lama memendam perasaan ini, tapi tidak perna kamu memikirkan perasaanku, ku kecewa sama kamu pit,”
Pitah                :” kamu harus menerima kenyataan kak, pitah mohon sama kakak jangan perna membenci pitah karena kakak suda saya anggap kakak sendiri”
Yela                 :” benar kata pitah kak okto, sebaiknya kakak fokus dulu sama sekolahnya, lebih baik kalian balik kekelas, kakak harus terima keputusan pitah”( dengan suara lembut dan kasihan)
M.yusuf           :” mari to kita pergi dari sini kamu yang sabar yah”(rasa kasihan)
Oktorio            :” ah sudalah saya mau pergi saja”(dengan kesal, menuju keparkiran dan maupulang kerumah nya)
Dan cuacanya semakin mendung dan suda gerimis karen mau hujan.


Babak 5

Waja oktorio tampaknya masi kesal dan tampak murung karena memikirkan cintanya telah ditolak sama orang yang di sukainya, dan oktoriopun curhat sama teman-teman nya yang lain tetapi bukan sama sahabatnya yang selalu bersamanya tetapi kepada temannya yang lain, karena kesal dan nggak mau merepotkan sahabatnya lagi. Tetapi bukan dia lupa sama teman-temannya yang hangat itu walawpun mereka saling gledekin, hanya oktorio mau mencari refresing  sedikit.


Oktorio            :”bro saya kmren di tolaknya sama pitah, padahal muka ku nggak jelek-jelek amat haha( tertawa menghilangkan penak)
Jefri                 :”muka kayak lu mana mau pitah nya dia cantik pintar lagi, walawpun lu pintar juga tapi hati kamu  belum pintar ngambil hatinya pitah, hahaha”
Oktorio            :” mungkin kali ya, hahaha”
Rafik               :”ngapain pusing karena cewek, mending minum ini dulu deh lu biar pikiran nggak kacau dan suntuk lagi, yah nggak men?”(sambil memberikan sebotol minuman)
Miji                  :”yoi men..  mending kamu minum ajah dulu biar pikiranmu nggak pusing, mikirin pitah sama pelajaran dosekolah”
Oktorio            :”Thanks yah, hiburannya kalian emang kawan-kawan ku yang pengertian kalo nggak ada kalian  muangkin saya suda emosian tadi”( sambil minum air yang di kasikan sama rafik tadi)
Oktorio            :”uhuk,uhuk,uak.uak”(sambil muntah-muntah)

Setelah oktorio dan teman-temannya minum-minuman yang keras akhirnya mereka teller dan tidak sadarkan diri lalu si oktorio pun jatu meninggal karena meminuman yang keras.
Mereka bukan lah teman yang baik untuk tempat curhat,malahan mereka ingin menjatukan oktorio, tempat dan teman okto refresing hanyalah orang yang salah, tetapi itulah kenyataannya padahal oktoriopun tau bahwa temannya ini adalah orang  yang salah bukan teman yang mau menghibur tetaoi mau membunuh.

                                                               ~TAMAT~
                       








                       


No comments:

Post a Comment