1

loading...

Monday, November 5, 2018

CONTOH UTS ILMU MANAJEMEN


Prodi                : Perbankan Syariah
Fakultas           : Ekonomi dan Bisnis Islam
Mata Kuliah    : Ilmu Manajemen

1.      Dari sisi mana sajakah perkembangan teori manajemen dimasa modern ini?
2.      Apa saja peran ilmu manajemen dalam perkembangan bangsa dan bernegara?
3.      Mengapa penting bagi kita untuk memahami berbagai persfektif dan pendekatan teori manajemen yang telah berkembang sepanjang sejarah ?
4.      Bagaimana perkembangan teori manajemen pada masa modern?
5.      Apa kelebihan dan kekurangan dari teori klasik?
6.      Apa yang dimaksud dengan komprehensif pada teori manajemen kuno?
7.      Sejak kapan teori manajemen berkembang diindonesia?
8.      Penerapan teori manajemen apa yang banyak digunakan diindonesia?
9.      Mengapa pendekatan klasik tidak sepenuhnya menghasilkan efisiensi produksi dan keharmonisan kerja?
10.  Manakah teori manajemen yang paling baik untuk diterapkan pada zaman modern ini?
11.  Bagaimana proses sistem perkembangan manajemen dalam pembangunan piramida masa romawi. Apakah sudah berjalan baik atau belum?jelaskan!
12.  Sebutkan apa saja kegiatan industri menurut Henry Fayol dalam bukunya?
13.  Apa maksud dari kalimat “dengan teori sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat,efektif, dan efisien sedangkan tanpa teori pekerjaan dilakukan dengan coba-coba  dan membutuhkan waktu yang lama” jelaskan!
14.  Apakah yang menjadi titik fokus perkembangan teori manajemen?
15.  Mengapa birokrasi teori manajemen harus berdasarkan pada hierarki?
16.  Apa perbedaan aliran akuntansi manajerial dengan aliran ekonomi manajerial dalam 6 aliran teori manajemen?
17.  Sebutkan dan jelaskan apa saja kaitan antara teori manajemen kuno, modern dan klasik dalam peranan sistem pemerintahan?
18.  jelaskan bidang-bidang pengendalian dari politik dan ekonomi?
19.  Bagaimana menurut kalian tentang pikiran Robert Owen terhadap zaman modern ini yang telah banyak mengurangi SDM dan digantikan dengan teknologi canggih?
20.  Mengapa teori neo-klasik secara sederhana dikenal sebagai teori hubungan manusia?
21.  Sebutkan kekurangan dan kelebihan pendekatan kontemporer?
22.  Apa saja kelebihan dan kekurangan pendekatan kuantitatif?
23.  Apakah dalam teori ilmiah tujuannya hanya kependekatan kuantitatif saja?
24.  Siapa yang mencetuskan teori manajemen ilmiah?
25.  Manakah teori manajemen yang paling menguntungkan?
26.  Bagaimana prinsip teori manajemen aliran klasik dan prinsip teori aliran hubungan manusiawi?
27.  Seperti apakah pandangan manajemen jika dilihat dari segi seni?
28.  Jelaskan bidang-bidang pengendalian dari politik dan ekonomi?

Jawab :

1.      Perkembangan manajemen dapat dilihat dari sisi :
a)      Yang pertama dari sisi biaya karena berkurangnya biaya perbaikan, minimnya penundaan,dan penmanfaatan yang lebih baik dalam  menggunakan waktu.
b)      Kedua produktivitas meningkat, pengertian produktivitas itu sendiri adalah istilah dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran dengan masukan
c)      Ketiga jumlah pekerjaan meningkat,pengembangan trilogy manajemen yang memasukkan perencanaan,kontrol,dan peningkatan kualitas .
2.      Peran ilmu manajemen dalam peran berbangsa dan bernegara adalah ;
a. Berperan serta secara aktif dalam memelihara lingkungan akademik dan pembelajaran guna menumbuhkembangkan kemampuan menyelesaikan masalah di bidang manajemen. Memberikan layanan secara profesional untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, bangsa dan Negara.
b. Pelopor pembaharuan terdepan di dalam masyarakat.
 c. Penerapan IPTEK di bidang manajemen guna menumbuh kembangkan daerah dalam menunjang kemandirian dan pelaksanaan otonomi daerah.
d. Penanaman keyakinan bahwa Program Studi Manajemen mampu menghasilkan sumber daya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
e. Menjadikan Prodi Manajemen sebagai Kajian Riset dan Pengembangan Ilmu-ilmu Manajemen.
3.      Mengapa ? Karena Perspektif interaksionis lebih menekankan bahwa manusia  merupakan agen yang aktif dalam menetapkan perilakunya sendiri, dan mereka yang membangun harapan-harapan sosial. Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen, namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun.
4.      Era modern ditandai dengan hadirnya konsep manajemen kualitas total (total quality management—TQM) pada abad ke-20 yang diperkenalkan oleh beberapa guru manajemen, yang paling terkenal di antaranya W. Edwards Deming (1900–1993) and Joseph Juran (lahir 1904).Ia berpendapat bila kualitas dapat ditingkatkan,
(1) biaya akan berkurang karena berkurangnya biaya perbaikan, sedikitnya kesalahan, minimnya penundaan, dan pemanfaatan yang lebih baik atas waktu dan material;
(2) produktivitas meningkat;
(3) pangsa pasar meningkat karena peningkatan kualitas dan penurunan harga;
 (4) profitabilitas perusahaan peningkat sehingga dapat bertahan dalam bisnis;
(5) jumlah pekerjaan meningkat.

5.      kelebihan dari teori tersebut meliputi :
a)      keefisiensi produksivitas yang tercipta dari tenaga kerja.
b)      Metode tersebut lebih mengaruh pada pengembangan potensi tenaga kerja.
c)      Metode tersebut mampu memberi rancangan kerja
kekurangan atau kelemahan:
a)      Peningkatan produktivitas sering mengakibatkan pemberhentian kerja atau perubahan yang terjadi perubahan upah.
b)      Teori ini kurang memiliki kebutuhan social.
c)      Manejer selalu menganggap remeh individu yang ada dibawahnya.
6.      Komprehensif pada teori manajemen kuno adalah :
          Pengertian dari komprehensif yaitu suatu kesiapan atau kemamppuan untuk menyusun suatu hal yang luas. Istilah komprehensif yang digunakan dalam bidang penganggaran perusahaan adalah suatu hal untuk penyusunan rencana pendek dan jangka panjang. Komprehensif juga sering digunakan untuk menunjukkan kesiapan atau persiapan untuk membuat rencana secara menyeluruh.
7.      Teori manajemen berkembang di Indonesia sejak banyak teori manajemen yang dianut di Indonesia didasari oleh teori scientific manajemen, yang berkembang di sekitar tahun 1910-an. Teori ini berkembang dari linkungan produksi di pabrik. Oleh karena itu teori ini lebih banyak menekankan pada efisiensi dan produktifitas  karyawan pabrik. Teori ini sangat menekankan posisi manajer yang bertugas untuk mengatur karyawan pabrik (labor)
8.      Penerapan Menerapkan kebijakan K3 secara efektif dengan mengembangkan kemampuan dan mekanisme pendukung yang diperlukan untuk mencapai kebijakan, tujuan dan sasaran K3. Suatu tempat kerja dalam menerapkan kebijakan K3 harus dapat mengitegrasikan Sistem Manajemen Perusahaan yang sudah ada.
9.      Pendekatan klasik tidak sepenuhnya menghasilkan efisiensi produk dan keharmonisan kerja karena pendekatan klasik,yang dikenal sebagai aliran manajemen ilmiah dan teori organisasi klasik/prinsip-prinsip administrative serta organisasi biokrasi yaitu pendekatan pada studi manajemen dengan prinsip-prinsip universal untuk berbagai situasi manajemen.
10.  - Aliran klasik:
Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsitersebut.                                                                                                    
Aliran perilaku:
Aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya manajemen memahami manusia.                                                                                                     
  - Aliran manajemen Ilmiah:
aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.                                                                                                    - Aliran analisis sistem:
Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya. 
- Aliran manajemen berdasarkan hasil:
Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.                                                                                                            - Aliran manajemen mutu:
Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen.
11.  Dalam sejarah konstruksi bangunan piramida digunakan sudah sejak lama. Bangsa bangsa Mesir kuno maupun bangsa Mayadikenal menggunakan bangunan piramida sebagai makam raja-raja masa dahulu serta sarana ibadah (pemujaan) selain ada dugaan sebagai tempat penimbunan (gudang) pangan sejak zaman ketika persiapan menghadapi musim paceklik ataupun tempat penyimpanan harta.
12.  Henry Payol adalah seorang Insinyur bangsa Perancis, bekerja pada industri pertambangan. Berdasarkan analisanya ia menarik kesimpulan, bahwa asas-asas pokok dari administrasi dapat diterapkan atau dijalankan pada semua bentuk organisasi. Fayol berpengalaman mulai sebagai pekerja teknik, kemudian menjadi pimpinan umum (General Manager) dari suatu perusahaan pertambangan pada tahun 1888. Adapun kegiatannya yaitu :
(1)Kegiatan teknis: produksi,  pabrik,  pengolahan
 (2)Kegiatan commercial: jual beli, tukar menukar
 (3)Kegiatan financial: mencari dan menggunakan kapital
 (4)Kegiatan keamanan: perlindungan harta kekayaan dan
(5)Kegiatan accounting: inventaris, neraca, nilai harga, statistik
(6)Kegiatan administrasi: perencanaan, organisasi, pembinaan, koordinasi, dan pengawasan
13.  Mengatur waktu secara rapi dan efektif bukanlah pekerjaan yang mudah semua kegiatatan dan tuntutan itu selalu bersaing merebut waktu dan perhatian. Masapekerjaan bisa jadi lama karena muncul adanya konflik, lingkungan tidak nyaman terhadap ruang pekerjaan,,tidak adanya apresiasi,bosan dan jenuh,ingin mencoba tantangan baru.

14.   Titik fokus pembuatan manajemen diantaranya:
-Membentuk pandangan kita mengenai organisasi.
 -Membuat kita sadar mengenai lingkkungan usaha.
- Mengarahkan terhadap keputusan manajemen
   15. karena sebuah hierarki dapat menautkan entitas-entitas baik secara langsung maupun tidak langsung dan baik secara vertical maupun horizontal meskipun sebuah sistem yang hierakis secara lebih luas bida mengadopsi bentuk hierarki  alternative
 16. -Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi control.           -Ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien.[1] Ekonomi manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansikeuanganpemasaranmanajemen sumber daya manusia, dan produksi.
  17. -Teori Manajemen Kuno
         Teori Manajemen Kuno ini tidak lepas dari kejadian-kejadian dimasalalu. Sehingga sedikit sekali teori yang bisa diangkat kepermukaan dalam arti bisa kita ketahui secara kepastianya, hal ini diakibatkan banyak pengetahuandimasa lalu yang hilang karena tenggelam atau terkubur bersama kematian pada manusia dimasa lalu baik itu yang diakibatkan oleh bencana alammaupun peperangan dimasa lalu
                     -Teori Manajemen Klassik
    Meskipun kita telah membahas pemakaian    manajemen dalam berbagaikegiatan terorganisir sejak masa lampau, pengkajian formal manajemen barudimulai pada awal abad        keduapuluhan. Kajian awal manajemen ini dikenalsebagai pendekatan / teori manajemen klasik, dimana teori ini berfokus padarasionalitas dan berusaha menjadikan organisasi dan para pekerja berfungsiseefisien mungkin. Dua teori utama pendekatan klasik adalah Teori Manajemen Ilmiah ( scientific management) dan Teori Administasi Umum ( general administrative).
   -Teori Manajemen Modern
      Manajemen modern adalah manajemen yang pada periodenya ditandai dengan sudah dipelajari manajemen sebagai ilmu yang mempunyai dasar-dasar logika ilmiah, sehingga banyak melibatkan ahli manajemen maupun ahli ekonomi untuk melakukan penelitian tentang manajemen yang menghasilkan berbagai teori maupun aliran manajemen
18. -bidang politik:  1. Pelaksanaan pemilu 1971, Pemilu yang sudah diatur melalui SI MPR 1967 yang menetapkan pemilu akan dilaksanakan pada tahun 1971 ini, berbeda dengan pemilu pada tahun 1955 (orde revolusi atau orde lama). Pada pemilu ini para pejabat pemerintah hanya berpihak kepada salah satu peserta Pemilu yaitu Golkar. Dan kamu tahu? Golkar lah yang selalu memenangkan pemilu di tahun selanjutnya yaitu tahun 1977, 1982, 1987, 1992, hingga 1997. 2.Dwifungsi ABRI adalah peran ganda ABRI sebagai kekuatan pertahanan keamanan dan sebagai kekuatan sosial politik. Sebagai kekuatan sosial politik ABRI diarahkan untuk mampu berperan secara aktif dalam pembangunan nasional. ABRI juga memiliki wakil dalam MPR yang dikenal sebagai Fraksi ABRI, sehingga kedudukannya pada masa Orde Baru sangat dominan. –bidang ekonomi: 1. Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) Pada April 1969, pemerintah menyusun Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang bertujuan untuk meningkatkan sarana ekonomi, kegiatan ekonomi serta kebutuhan sandang dan pangan. Repelita ini akan dievaluasi selama lima tahun sekali. 2. Revolusi Hijau pada dasarnya adalah suatu perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional (peasant) ke cara modern (farmers). Untuk meningkatkan produksi pertanian umumnya dilakukan empat usaha pokok.


     19. menurut saya,dengan perkembangan teknologi canggih bisa juga diimbangkan dengan sumber daya manusia yang ada.zaman sekarang pendidikan adalah hal yang utama dalam menciptakan sumber daya manusia,agar terciptanya peluang pekerjaan yang layak dan juga bergaya saing.
            Perubahan ini disebabkan antara lain oleh:
1.berbagai kemajuan teknologi yang berlangsung sangat cepat pada 10-20 tahun   terakhir, terutama dalam telekomunikasi, penggabungan komputer dengan komunikasi, CAD, CAM dan robotika.
2.pengaruh globalisasi: perusahaan manufaktur Amerika Serikat memanfaatkan     buruh murah di negara-negara berkembang, persaingan yang semakin mendunia, produksi manufaktur multinasional (Toyota di AS, IBM di Jepang dsb.).
3.pengaruh deregulasi atau berkurangnya pengaturan harga, entry tariff dsb. oleh pemerintah, proteksi dan monopoli yang semakin berkurang menyebabkan munculnya berbagai perusahaan baru dalam bidang telekomunikasi, penerbangan, bank yang beroperasi dengan biaya yang relatif lebih rendah (sangat kompetitif).

   20. Teori Organisasi Neo-Klasik ,memperbaiki beberapa kekurangan yang terjadi pada teori organisasi klasik,para teoritikus neo-klasik beroprasi di bawah asumsi tertutup namun menekankan hubungan informasi dan motivasi-motovasi non ekonomis Jelaskan bidang-bidang pengendalian dari politik dan ekonomi


    21. kelebihan pendekatan kontemporer:
-menggabungkan pendekatan empirik maupun normatif 
-menganalisis faktor-faktor determinan yang menentukan perilaku politik dan      kekuasaan, berusaha menemukan agenda-agenda yang tersembunyi,aturan-aturan permainan yang menentukan aksi/perilaku.
Kekurangan pendekatan kontrmporer :
-menekankan kembali pentingnya nilai dan keberpihakan ilmuwan dalammenyelesaikan masalah-masalah yang timbul sehingga gejala politik  juga harus dipahami dalam hubungannya dengan lingkungan sekitarnya.
 22. Kelebihan pendektatan kuantitatif:
                     - tidak ada pemahaman konten tanpa kesadaran konteks.
       - penelitian lebih berjalan sistematis
      -spesifik,jelas dan rinci
      -ukuran penelitian besar, sehingga menjadi nilai tambah tersendiri
       Kekurangan pendekatan kuantitatif:
       -pengambilan data diambil berdasarkan nilai tertinggi
       -orientasi hanya terbatas pada nilai dan jumlah
    -dibatasi oleh peluang untuk mengggali responden dan kualitas     perangkat pengumpul data orisinal
23. tidak, karena pada teori ilmiah ada pula pendekatan kualitatif. Adapun tujuan analisis data kualitatif adalah mencari makna dibalik data yang melalui pengakuan subyek pelakukanya. Peneliti dihadapkan kepada berbagai objek penelitian yang semuanya mengahasilkan data yang membutuhkan analisis. Data yang didapat dari obyek penelitian memiliki kaitan yang masih belum jelas. Oleh karenanya, analisis diperlukan untuk mengungkap kaitan tersebut secara jelas sehingga menjadi pemahaman umum.
24. teori manajemen ilmiah pertama kali dicetuskan oleh Frederick     W.Taylor disebut sebagai bapak manajemen ilmiah. Kontribusi Taylor bidang studi manajemen sehingga bisa menghasilkan suatu kajian yang disebut manajemen ilmiah. Dan menerbitkan buka yang berjudul principle of scientific management pada tahun 1911
25. investasi manajemen yang pling menguntungkan :
     Pertama, investasi yang paling menguntungkan adalah investasi yang mengalahkan inflasi. Sederhananya, hasil yang anda dapatkan dari investasi akan mengalahkan kenaikan harga dari barang yang anda inginkan.  investasi paling menguntungkan yang kedua Jawabannya adalah investasi pada diri sendiri. Anda bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar dengan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang dapat meningkatan kualitas diri
        Menurut Charles babbage aplikasi prinsip-prinsip kerja pada proses kerja akan menaikan biaya dan mengurangi biaya.
26.-prinsip aliran klasik :
     manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
     -aliran hubungan manusiawi(perilaku manusia/ neoklasik menekankan kebutuhan social usaha yang melengkapi pendekatan klasik sebagai usaha peningkatan produktifitas.
27.manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaanmelalui orang lain.  Definisi  ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
   28.-bidang politik: 1. Pelaksanaan pemilu 1971, Pemilu yang sudah diatur melalui SI MPR 1967 yang menetapkan pemilu akan dilaksanakan pada tahun 1971 ini, berbeda dengan pemilu pada tahun 1955 (orde revolusi atau orde lama). –bidang ekonomi: 1. Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) Pada April 1969, pemerintah menyusun Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang bertujuan untuk meningkatkan sarana ekonomi, kegiatan ekonomi serta kebutuhan sandang dan pangan. Repelita ini akan dievaluasi selama lima tahun sekali. 2. Revolusi Hijau pada dasarnya adalah suatu perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional (peasant) ke cara modern (farmers). Untuk meningkatkan produksi pertanian umumnya dilakukan empat usaha pokok.


   


No comments:

Post a Comment