MAKALAH QURBAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Qurban dalam istilah fiqh adalah udhiyyah yang artinya
hewan yang disembelih waku dhuha,yaitu waktu saat matahari naik. Secara
terminologi fiqh, udhiyyah adalah hewan sembelihan yang terdiri onta, sapi,
kambing pada hari raya Idul Adha dan hari hari besar dalam islam, untuk
mendekatkan diri kepada Allah.kata qurban artinya mendekatkan diri kepada
Allah, maka terkadang kata itu juga digunakan untuk menyebuu udhiyyah.
Mempersembahkan
persembahan kepada tuhan adalah keyakinan yang dikenl manusia sejak lama. Dalam
kisah Habil dan Qabil yang disitir al-Qur’an disebutkan Qurtubi meriwayatkan
bahwa saudara kembar Qabil yang lahir bersamanya bernama Iqlimiya sangat
cantik, sedangkan saudara perempuan Habil bernama Layudza tidak begitu cantik.
Qurban juga
dikenal oleh umat yahudi untuk membuktikan kebenaran seorang nabi yang diutus
kepada mereka, sehingga tradisi itu dihapuskan mealui perkataan nabi isa bin
maryam. Tradisi keagamaan dalam sejarah peradabna manusia yang beragam juga
mengenal persembahan kepada Tuhan kami , baik berupa sembelihan hewan hingga
manusia. Mungkin kisah nabi ibrahim yang diperintahkan menyembelih anaknya
adalahsalah satu dari tradisi tersebut.
Maka dalam makalah
ini kami akan mencoba membahas tentang hadits yang berhubungan dengan kewajiban
berqurban, penyembelihan qurban, dan pembagian qurban. Semoga makalah ini dapat
membantu pembaca dalam proses pemahaman Hadist Ibadah.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
penegertian qurban
2.
Apa
ketentuan hewan qurban
3.
Bagaimana
syarat pembagian qurban
C.
Tujuan
1.
Dapat
mengetahui pengetian qurban
2.
Dapat
mengetahui ketentuan qurban
3.
Dapat
mengetahui syarat pembagian qurban
BAB II PEMBAHASAN
“HADITS QURBAN”
A.
Pengertian Qurban
Qurban berasal dari bahasa Arab yang
diambil dari kata : qaruba – yaqrabu –
qurban wa qurbaanan. Artinya, “dekat” atau “mendekatkan diri”,
mendekati atau menghampiri. Menurut istilah, qurban adalah segala sesuatu yang
digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah baik berupa hewan sembelihan
maupun. Dengan niat ibadah guna mendekatkan diri kepada Allah swt. Hewan yang
digunakan untuk qurban adalah binatang ternak, seperti kambing, sapi, dan unta.
Dalam
bahasa Arab, hewan kurban disebut juga dengan istilah udh-hiyah atau
adh-dhahiyah , dengan bentuk jamaknya al adhaahi. Kata ini diambil dari kata
dhuha, yaitu waktu matahari mulai tegak yang disyariatkan untuk melakukan
penyembelihan kurban, yakni kira-kira pukul 07.00 – 10.00. Udh-hiyah adalah
hewan kurban (unta, sapi, dan kambing) yang disembelih pada hari raya Qurban
dan hari-hari tasyriq sebagai taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah
Ibadah qurban hukumnya sunnah muakkad, artinya sunnah yang sangat
dianjurkan bagi orang yang sudah mampu
B.
Hadits tentang kewajiban berqurban
1.
وعى ا بي هر ير ة رضي ا لله عىه قا ل:قا ل ر سول ا لله صلى ا لله عليه
و سلم من كا ن له سعة و لم يضح فلا يقر بن مصلا نا
رواه ا حمد وا بن ما جه و صححه ا لحا كم لكن ر
جح ا لا ئمة غير ه وقفه
Dan dari Abu Hurairah berkata, “Rasulullah bersabda, “barang siapa
diberi keluasan rezeki namun tidak berkurban, maka janganlah sekali-kali
mendekati tempat shalat kami.” Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah. Hadits
ini dishahihkan oleh Al-Hakim
Mufradat :
Sanad : وعى ا بي هر ير ة رضي ا لله عىه قا ل :قا ل سول ا لله صلى ا لله عليه و
سلم
Matan : من كا ن له سعة و لم يضح فلا يقر بن
مصلا نا
Rawi : رواه ا حمد وا بن ما جه و صححه ا لحا
كم لكن ر جح ا لا ئمة غير ه وقفه
Jenis : Shahih
2.
عن ا بي مسعود عقبة بن عمر و الا نصار ي قا ل لقد هممت ا ن ا د ع ا لا
ضحية و اني لمن ا يسركم مخا فة ا ن تحسب ا لنفس
ا نها عليها حتم وا جب
Dari Ab u Mas’ud Uqbah bin Amru al-Anshari berkata: “Saya
sangat ingin tidak menyembelih hewan kurban, padahal saya termasuk orang yang
paling lapang rizkinya di antara kalian, karena saya khawatir ada orang yang
menyangka bahwa menyembelih hewan kurban itu kewajiban yang harus.”
mufradat
عن
|
Dari
|
ا بي مسعود عقبة بن عمر و الا نصار ي
|
Abu Mas’ud Uqbah bin Amru al-Anshari
|
قا ل
|
Berkata
|
لقد هممت
|
Saya sangat ingin tidak menyembelih hewan kurban
|
ا ن ا د ع ا لا ضحية و اني لمن ا يسركم
|
padahal saya termasuk orang yang paling lapang rizkinya
di antara kalian
|
مخا فة ا ن تحسب ا لنفس ا نها عليها حتم
|
karena saya khawatir ada orang yang menyangka bahwa
menyembelih hewan kurban
|
وا جب
|
kewajiban yg harus
|
Sanad : عن ا بي مسعود عقبة بن عمر و الا
نصار ي قا ل
Matan : لقد هممت ا ن ا د ع ا لا ضحية و اني
لمن ا يسركم مخا فة ا ن تحسب ا لنفس ا نها عليها حتم وا جب
Rawi : -
Jenis : shahih
3.
عن عا مر ا بي رملة قا ل اخبربا مخنف بن سليم قا ل ونحن وقو ف مع رسول
ا لله صلى ا لله عليه وسلم بعرفا ت قا ل ياا يها ا لنا س ا ن على كل ا هل بيت في
كل عا م ا ضحية وعتيرة اتد ر ون ما العتيرة هذه ا لتي يقول ا لنا س ا لرجبية
Dari Amir Abu Ramlah berkata: Mikhnaf bin Sulaim
memberitahukan kepada kami dan ia berkata: “Kami sedang melakukan wukuf di
Arafah bersama Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda: “Wahai masyarakat,
sesungguhnya atas setiap keluarga pada setiap tahunnya ada kewajiban
menyembelih hewan kurban (udhiyah) dan menyembelih Atirah. Tahukah kalian
apakah Atirah itu? Itulah yang disebut oleh masyarakat sebagai hewan kurban
bulan Rajab.
Mufradat
عن عا مر
|
Dari Amir
|
مع رسول ا لله صلى ا لله عليه وسل
|
bersama Rasulullah SAW
|
|
ا بي رملة
|
Abu Ramlah
|
بعرفا ت قا ل
|
lalu beliau bersabda
|
|
قا ل
|
Berkata
|
ياا يها ا لنا س
|
“Wahai masyarakat
|
|
مخنف بن سليم
|
Mikhnaf bin Sulaim
|
ا ن
|
sesungguhnya
|
|
اخبربا
|
memberitahukan kepada kami
|
على كل ا هل بيت في كل عا م
|
atas setiap keluarga pada setiap tahunnya ada kewajiban menyembelih
|
|
قا ل
|
Berkata
|
ا ضحية
|
hewan kurban (udhiyah)
|
|
ونحن
|
Kami sedang melakukan
|
وعتيرة
|
dan menyembelih Atirah
|
|
وقو ف
|
Wukuf
|
اتد ر ون ما العتيرة هذه ا
|
Tahukah kalian apakah Atirah itu?
|
|
لتي يقول ا
لنا س ا لرجبية
|
GGG
Itulah yang disebut oleh masyarakat sebagai hewan qurban bulan
Rajab
|
|||
Sanad : عن عا مر ا بي رملة قا ل
Matan : ياا يها ا لنا س ا ن على كل ا هل
بيت في كل عا م ا ضحية وعتيرة اتد ر ون ما العتيرة هذه ا لتي يقول ا لنا س ا
لرجبية
Rawi : -
Jenis : Shahih
C.
Ketentuan
Hewan Qurban
Yang dimaksud dengan hewan qurban tersebut adalah binatang ternak yang
dipelihara dan dikomsumsi dagingnya, misalnya unta, sapi, kerbau, kambing, atau
domba. Binatang yang sah untuk menjadi qurban, ialah yang tidak mempunyai cacat
seperti ; pincang, sangat kurus, sakit, terpotong telinganya, dll. Dikatakan
syah, jika binatang tersebut memenuhi syarat-syarat binatang/hewan yang telah
ditetap kan syariat. Adapun syarat-syarat binatang/hewan untuk dijadikan qurban
adalah :
Cukup umurnya
1.
Domba sekurang-kurangnya
berumur satu tahun;
2.
Kambing,
sekurang-kurangnya berumur dua tahun;
3.
Unta sekurang-kurangnya
berumur empat tahun dan masuk tahun kelima;
4. Sapi, sekurang-kurangnya berumur dua tahun dan masuk tahun ketiga
Tidak c acat
Tidak sakit, Tidak pincang, Tidak buta, Tidak
kurus, Tidak putus telinga atau tanduknya
Waktu penyembelihan Qurban
Waktu penyembelihannya
ialah sesudah shalat ‘Idul Adha, dan akhir waktunya ialah ‘Ashar hari tasyriq,
yakni sejak tanggal 10 Dzulhijah hingga terbenamnya matahari tanggal 13 Dzulhijah.
Cara P nyembelihan Hewan Qurban
1. Alat untuk menyembelih harus benda tajam. Tidak boleh menggunakan gigi,
kuku dan tulang.
2. Memotong 2 urat yang ada di kiri-kanan leher agar lekas matinya, tetapi
jangan sampai putus lehernya (makruh).
3. Binatang yang disembelih hendaklah digulingkan ke sebelah kiri tulang rusuknya agar mudah saat penyembelihan.
4. Hewan yang disembelih disunnahkan dihadapkan ke arah Kiblat.
5. Orang yang menyembelih
disunatkan membaca basmalah, shalawat, takbir, dan doa.
6.
Jag al (yang menyembelih) hendaknya mengucapkan ikrar.
D.
Hadits
tentang penyembelihan qurban
1.
وعن ابن عبا س رضي الله عنهما ان انبي صلى الله عليه وسلم قا ل المسلم
يكفيه ا سمه فا ن نسي ان يسمي حين يذبح فليسم شم ليا كل ا
خرجه الدا ر قطني
Dan Dari Ibnu Abbas, bahwasannya Nabi bersabda, “orang muslim itu
cukup dengan namanya, Bila ia lupa menyebut nama Allah ketika menyembelih,
hendaknya ia menyebut nama Allah sebelum makan, kemudian memakannya.”
Dikeluarkanoleh Ad-Daraquthni
Mufradat
وعن ابن عبا س رضي الله عنهما
|
Dan dari Ibnu Abbas
|
ا خرجه الدا ر قطني
|
Dikeluarkanoleh Ad-Daraquthni
|
ان انبي صلى الله عليه وسلم قا ل
|
bahwasannya Nabi bersabda
|
||
المسلم
|
orang muslim itu
|
||
يكفيه ا سمه
|
Cukup dengan namanya
|
||
فا ن نسي ان يسمي
|
Bila ia lupa menyebut
(nama Allah)
|
||
حين يذبح
|
ketika menyembelih
|
||
فليسم
|
hendaknya ia menyebut nama Allah sebelum makan
|
||
شم ليا كل
|
kemudian memakannya.
|
.
Sanad : وعن ابن عبا س رضي الله عنهما ان
انبي صلى الله عليه وسلم قا ل
Matan : المسلم يكفيه ا سمه فا ن نسي ان
يسمي حين يذبح فليسم شم ليا كل
Rawi : ا خرجه الدا ر قطني
Jenis : Mauquf
2.
وعن جا بر رضي ا لله عنه قا ل قا ل ر سو ل الله صلى الله عليه وسلم لا
تز جحو اا لا مسنة ا لا ا ن يعسر عليكم فتذ جحواجذ عة من ال
ضا ن روا ه مسل
Dari J a bir berkata, “Rasulullah bersabda, “Jangan menyembelih
kecuali hewan yang umurnya masuk tahun ketiga. Bila engkau sulit
mendapatkannya, sembelihlah kambing yang umurnya masuk tahun kelima.
“Diriwayatkan oleh Muslim.
Mufradat
وعن جا بر رضي ا لله عنه قا ل
|
Dari Jabir berkata
|
فتذ جحوا
|
sembelihlah
|
قا ل ر سو ل الله صلى الله عليه وسلم
|
Rasulullah bersabda
|
جذ عة من
|
kambing yang umurnya
|
لا
|
Jangan
|
الضا ن
|
Masuk tahun ke-5
|
تز جحو ا
|
menyembelih kecuali hewan yang umurnya
|
||
ا لا مسنة
|
masuk tahun ketiga
|
||
ا لا ا ن
|
Bila engkau
|
||
يعسر
|
Sulit
|
||
عليكم
|
Mendapatkannya
|
Sanad : وعن جا بر رضي ا لله عنه قا ل قا ل
ر سو ل الله صلى الله عليه وسلم
Matan : لا تز جحو اا لا مسنة ا لا ا ن يعسر
عليكم فتذ جحواجذ عة من الضا ن
Rawi : روا ه مسلم
Jenis : Shahih
3.
وعن ابي سعيدا لخد ر ي رضي الله عنه قا ل قا ل رسو ل الله صلى الله
عليه وسلم ذكا ة الجنين ذكا ة امه روا ه
احمد وصححه ابن حبان
Dari Abu Said Al-Khudri berkata, Rasulullah
bersabda, “Menyembelih (membunuh) janin adalah menyembelih ibunya.”
Diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban
Mufradat
وعن ابي سعيد
|
Dari Abu Said
|
لخد ر ي رضي الله عنه قا ل
|
Al-Khudri berkata
|
قا ل رسو ل الله صلى الله عليه وسلم
|
Rasulullah bersabda
|
ذكا ة
|
Menyembelih (membunuh
|
الجنين
|
Janin
|
ذكا ة امه
|
menyembelih ibunya
|
روا ه احمد
|
Diriwayatkan oleh Ahmad
|
وصححه ابن حبان
|
dishahihkan oleh Ibnu Hibban
|
Sanad: وعن ابي سعيدا لخد ر ي رضي الله عنه قا ل قا ل رسو ل الله صلى الله
عليه وسلم
Matan : ذكا ة الجنين ذكا ة امه
Rawi : روا ه احمد
Jenis : Shahih
4.
وعن كعب ابن ملك رضي الله عنه ان ا مر ت ة ذجحت شا ة جحجر فسئل ا لنبي
صل الله عليه وسلم عن ذلك فا مر با كلها ر واه البخاري
Da dari Ka’ab bin Malik bahwa ada seorang
wanita menyembelih seekor kambing dengan batu, lalu Rasulullah ditanya tentang
hal itu dan beliau pun menyuruh memakkannya. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari.
Mufradat
وعن
|
Dan dari
|
مر با كلها
|
menyuruh memakkannya
|
كعب ابن ملك رضي الله عنه
|
Ka’ab bin Malik
|
ر واه البخاري
|
Diriwayatkan oleh Al-Bukhari
|
ان ا مر ت ة
|
bahwa ada seorang wanita
|
||
جحجر
|
menyembelih
|
||
فسئل
|
seekor kambing dengan batu
|
||
ا لنبي صل الله عليه وسلم
|
lalu Rasulullah
|
||
عن
|
ditanya tentang hal itu
|
||
ذلك فا
|
beliau pun
|
Sanad : وعن
كعب ابن ملك رضي الله عنه
Matan : ان ا مر ت ة ذجحت شا ة جحجر فسئل ا لنبي صل الله عليه وسلم عن ذلك فا
مر با كلها
Rawi : ر واه البخاري
Jenis : Shahih
5.
وعن ابي شلبة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وستم قا ل اذا رميت بسهمك فغا ب عنك فاد كته فكاله ما لم
ينتن اخرجه مسلم
Dan dari Abu Tsa’labah, dari Nabi bersabda,
“Apabila kamu melontarkan amak panahmu, lalu binatang buruan itu hilang,
kemudian kamu menemukannya, maka maknlah selagi belum mengeluarkan bau busuk.
“Dikeluarkan oleh Muslim”.
Mufradat
وعن
|
Dan dari
|
وعن ابي شلبة رضي الله عنه
|
Abu Tsa’labah
|
عنه عن النبي صلى الله عليه وستم قا ل
|
dari Nabi bersabda
|
اذا رميت بسهمك
|
pabila kamu melontarkan amak panahmu
|
فغا ب عنك
|
lalu binatang buruan itu hilang
|
فاد كته فكاله
|
kemudian kamu menemukannya
|
ما لم ينتن
|
maka maknlah selagi belum mengeluarkan
bau busuk
|
اخرجه مسلم
|
Dikeluarkan oleh Muslim
|
Sanad : وعن ابي شلبة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وستم قا ل
Matan : اذا رميت بسهمك فغا ب عنك فاد كته ما لم ينتن
Rawi : اخرجه مسلم
Jenis : Shahih
E.
Syarat dan
pembagian daging kurban
1.
Orang yang berkurban harus mampu menyediakan
hewan sembelihan dengan cara halal tanpa berutang.
2.
Kurban harus binatang ternak, seperti unta,
sapi, kambing, atau biri-biri.
3.
Binatang yang akan disembelih tidak memiliki
cacat, tidak buta, tidak pincang, tidak sakit, dan kuping serta ekor harus
utuh.
4.
Hewan kurban telah cukup umur, yaitu unta
berumur 5 tahun atau lebih, sapi atau kerbau telah berumur 2 tahun, dan domba
atau kambing berumur lebih dari 1 tahun.
5.
Orang yang melakukan kurban hendaklah yang
merdeka (bukan budak), baligh, dan berakal.
6.
Daging hewan kurban dibagi tiga, 1/3 untuk
dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 bagian dihadiahkan
kepada orang lain.
F. Hadits tentang pembagian qurban
1.
وعن علي ابن طا لب رضي ا لله عنه قا ل ا مر ني ا لنبي صلى الله عليه
وسلم ان اقوم على بدنه و ان اقسم لحومها وجلو دها وجلا لها على ا لمسا كين و لا
اعطي في جزا رتها منها شيئا متفق عليه
Dan ari Ali bin Abu Thalib berkata,
“Rasulullah memerintahkan kepadaku untuk mengurusi kurban-kurbannya;
membagi-bagikan daging, kulit dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi suatu apapun dari kurban kepada
penyembelihnya.” Muttafaq Alaih
Mufradat
وعن
|
Dan dari
|
و لا اعطي في جزا رتها منها شيئا
|
dan aku tidak diperbolehkan memberi suatu apapun dari kurban kepada
penyembelihnya
|
علي ابن طا لب رضي ا لله عنه
|
Ali bin Abu Thalib
|
متفق عليه
|
Muttafaq Alaih
|
قا ل
|
berkata,
|
||
ا لنبي صلى الله عليه وسلم
|
Rasulullah
SAW
|
||
ان اقوم
|
memerintahkan kepadaku
|
||
على بدنه
|
untuk mengurusi kurban-kurbannya
|
||
و ان اقسم لحومها وجلو دها وجلا لها على
|
membagi-bagikan daging, kulit dan pakaiannya
kepada
|
||
ا لمسا كين
|
orang-orang miskin
|
Sanad : وعن علي ابن طا لب رضي ا لله عنه قا ل
Matan : ا مر ني ا لنبي صلى الله عليه وسلم ان اقوم على بدنه و ان اقسم لحومها
وجلو دها وجلا لها على ا لمسا كين و لا اعطي في جزا رتها منها شيئا
Rawi : متفق عليه
Jenis : Shahih
2.
رو ا بن عباس فى صفة ا صحية ا لنبى صلى الله عليه وسلم ويطعم
ا هل بيته الثلث و يطعم فقراجيرانه الثلث ويبصدق على السؤالبثاث(روا الحا فظ موس)
Ibnu Abbas meriwayatkan hadits dalam mensifati udhiyahnya
Rosulullah :Sepertiga berikanlah keluarganya orang yang berkorban ,sepertiga
berikanlah pada tetangga ,sepertiga sodaqohkanlah pada orang yang yang meminta
minta (HR AlHafidz Abu Musa )
Mufradat
رو ا بن عباس
|
Ibnu Abbas meriwayatkan hadits
|
فى صفة ا صحية ا
|
dalam
mensifati udhiyahnya
|
ا لنبى صلى الله عليه وسلم
|
Rasulullah
SAW
|
ويطعم ا هل بيته الثلث
|
Sepertiga
berikanlah keluarganya orang yang berkorban
|
و يطعم فقراجيرانه الثلث
|
sepertiga
berikanlah pada tetangga
|
ويبصدق على السؤالبثاث
|
sepertiga
sodaqohkanlah pada orang yang yang meminta minta
|
روا الحا فظ موس
|
HR
AlHafidz Abu Musa
|
Sanad : رو ا بن
عباس
Matan : ويطعم ا
هل بيته الثلث و يطعم فقراجيرانه الثلث ويبصدق على السؤالبثاث
Rawi : روا الحا فظ موس
Jenis : Mauquf
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Qurban berasal dari bahasa Arab yang diambil dari kata : qaruba – yaqrabu – qurban wa qurbaanan. Artinya, “dekat”
atau “mendekatkan diri”, mendekati atau menghampiri. Menurut istilah,
qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah
baik berupa hewan sembelihan maupun. Dengan niat ibadah guna mendekatkan diri
kepada Allah swt. Hewan yang digunakan untuk qurban adalah binatang ternak,
seperti kambing, sapi, dan unta
Cukup
B. SARAN
Diharapkan
kepada mahasiswa dan mahasiswi agar dapat memahami makalah ini yang membahas
mengenai Qurban,diharapkan masukan yang mendukung untuk perbaikan makalah ini .
DAFTAR
PUSTAKA
Al-Asqalani,
Ibn Hajar (1998). Bulughul Maram. UjungBerung, Bandung: Khazanah
No comments:
Post a Comment