1

loading...

Wednesday, November 7, 2018

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN IPS “FUNGSI DAN MANFAAT LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR”


MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN IPS
FUNGSI DAN MANFAAT LABORATORIUM SEBAGAI SUMBER BELAJAR


KATA PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Fungsi Dan Manfaat Laboratorium Sebagai Sumber Belajar”. Sholawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan sampai kepada kita selaku umatnya.
Penulisan makalah ini tiada lain adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah MEDIA PEMBELAJARAN IPS. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi para pembaca pada umumnya.



Bengkulu,  06 November 2018

Penulis




DAFTAR ISI
Kata Pengantar..................................................................................................... i
Daftar Isi .............................................................................................................. ii
BAB I Pendahuluan
a.       Latar Belakang................................................................................................. 1
b.      Rumusan Masalah............................................................................................. 1
BAB II  Pembahasan
a.       Pengertian Laboratorium.................................................................................. 2
b.      Fungsi Dan Peranan Laboratorium................................................................... 3
c.       Macam-Macam Laboratorium.......................................................................... 4
d.      Penerapan kegiatan laboratorium dalam pembelajaran memiliki kebaikan dan kelemahan    5
BAB III PENUTUP
a.      Kesimpulan....................................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Berbagai usaha yang dilakukan oleh guru atau pengelola pendidik untuk lebih meningkatkan serta mendukung proses belajar yang lebih efektif dan efisien. Meskipun banyak faktor yang menentukan kualitas pendidikan atau hasil belajar, salah satunya yang terkait dengan pusat sumber belajar. Banyak berbagai sumber yang dapat dijadikan sebagai pusat sumber belajar yang salah satunya laboratorium. Laboratorium perlu dilestarikan serta dikelola, karena berperan untuk mendorong efektivitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan, fungsi pengadaan/pengembangan media pembelajaran, fungsi penelitian dan pengembangan dan fungsi lain yang relevan untuk peningkatan efektivitas dan efisien pembelajaran.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian laboratorium?
2.      Apa fungsi dan peranan labaratorium?
3.      Apa macam-macam laboratorium?
4.      Bagaimana Penerapan kegiatan laboratorium dalam pembelajaran memiliki kebaikan dan kelemahan.














BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Laboratorium
Laboratorium adalah suatu tempat dilakukannya percobaan dan penelitian. Tempat ini dapat merupakan ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka. Laboratorium adalah suatu ruangan yang tertutup di mana percobaan eksperimen dan penelitian dilakukan (Depdikbud : 1995, 2003). Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode pratikum yang dapat menghasilkan pengalaman belajar di mana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
Laboratorium (disingkat lab) adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut secara terkendali (Anonim, 2007). Sementara menurut Emha (2002), laboratorium diartikan sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu fisika, kimia, dan biologi atau bidang ilmu lain.
Pengertian lain menurut Sukarso (2005), laboratorium ialah suatu tempat dimana dilakukan kegiatan kerja untuk mernghasilkan sesuatu. Tempat ini dapat merupakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka, misalnya kebun dan lain-lain.
Berdasarkan definisi tersebut, laboratorium adalah suatu tempat yang digunakan untuk melakukan percobaan maupun pelatihan yang berhubungan dengan ilmu fisika, biologi, dan kimia atau bidang ilmu lain, yang merupakan suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka seperti kebun dan lain-lain.
Defenisi laboratorium menurut:
1)      Procter
Laboratorium adalah tempat atau ruangan di mana para ilmuwan bekerja dengan peralatan untuk penyelidikan dan pengujian terhadap suatu bahan atau benda.
2)      ISO / IEC Guide
Laboratorium adalah instalasi atau lembaga yang melaksanakan pengujian.


B.     Fungsi dan Peranan Laboratorium
Menurut Sukarso (2005), secara garis besar fungsi laboratorium dalam proses pendidikan adalah sebagai berikut:
1.      Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan dan pengkaji gejala-gejala alam.
2.      Mengembangkan keterampilan motorik siswa. Siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
3.      Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakekat kebenaran ilmiah dari sesuatu objek dalam lingkungn alam dan sosial.
4.      Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiah seseorang calon ilmuan.
5.      Membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.
Lebih jauh dijelaskan dalam Anonim (2003), bahwa fungsi dari laboratorium adalah sebagai berikut:
1.      Laboratorium Sebagai Sumber Belajar
Tujuan pembelajaran fisika dengan banyak variasi dapat digali, diungkapkan, dan dikembangkan dari laboratorium. Laboratorium sebagai sumber untuk memecahkan masalah atau melakukan percobaan. Berbagai masalah yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran terdiri dari 3 ranah yakni: ranah pengetahuan, ranah sikap, dan ranah keterampilan/afektif.
2.      Laboratorium Sebagai Metode Pembelajaran
Di dalam laboratorium terdapat dua metode dalam pembelajaran yakni metode percobaan dan metode pengamatan.
3.      Laboratorium Sebagai Prasarana Pendidikan
Laboratorium sebagai prasarana pendidikan atau wadah proses pembelajaran. Laboratorium terdiri dari ruang yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dengan bermacam-macam kondisi yang dapat dikendalikan, khususnya peralatan untuk melakukan percobaan. Fungsi laboratorium yaitu sebagai sumber belajar dan mengajar, sebagai metode pengamatan dan metode percobaan, sebagai prasarana pendidikan atau sebagai wadah dalam proses belajar mengajar.
Menurut Soejitno (1983) secara garis besar fungsi laboratorium adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan kelengkapan bagi pelajaran teori yang telah diterima sehingga antara teori dan praktik bukan merupakan dua hal yang terpisah. Keduanya saling kaji-mengkaji dan saling mencari dasar.
2.      Memberikan keterampilan kerja ilmiah bagi mahasiswa/siswa.
3.      Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari sesuatu obyek dalam lingkungan alam dan lingkungan sosial.
4.      Menambah keterampilan dalam menggunakan alat dan media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
5.      Memupuk rasa ingin tahu mahasiswa/siswa sebagai modal sikap ilmiah seorang calon ilmuwan.
Engkoswara (1982) mengatakan bahwa melalui kegiatan praktikum yang biasanya dilakukan di laboratorium, siswa diharapkan dapat:
1.      Mengembangkan berbagai keterampilan secara terintegrasi.
2.      Mengenal berbagai peralatan laboratorium.
3.      Mengenal berbagai desain dan peralatan untuk eksperimen.
4.      Mengembangkan keterampilan mengumpulkan dan menginterprestasikan data.
5.      Mengembangkan sikap untuk melakukan sesuatu secara tepat dan akurat.
6.      Mengembangkan keterampilan dalam mengobservasi.
·         Mengembangkan kemampuan dalam mengkomunikasikan hasil eksperimen.
·         Mengembangkan kecakapan dalam menulis laporan.
·         Mengembangkan kemampuan untuk belajar dan melakukan percobaan sendiri.
·         Menambah keberanian berfikir sendiri dan menanggung resiko.
·         Merangsang berfikir siswa melalui eksperimen.
·         Mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah dengan berbagai variabel yang banyak dan berbagai kemungkinan pemecahannya.

C.    Macam-macam laboratorium
1.      Laboratorium pendidikan
Laboratorium yang digunakan untuk pendidikan terutama tingkat SD, SMP, SMA.

2.      Laboratorium riset
Laboratorium yang digunakan oleh para praktisi keilmuwan dalam upaya menemukan sesuatu untuk meneliti suatu hal yang dibidanginya.
Dalam proses belajar mengajar kegiatan laboratorium atau praktikum turut berperan dalam mencapai 3 tujuan pembelajaran, antara lain:
a)      Keterampilan kognitif, misalnya:
·         Melatih agar teori dapat dimengerti.
·         Agar teori dapat diterapkan pada keadaan problem nyata.
b)      Keterampilan afektif, misalnya:
·         Belajar bekerja sama.
·         Belajar menghargai bidangnya.
·         Belajar merencanakan kegiatan secara mandiri.
c)      Keterampilan psikomotorik, misalnya:
·         Belajar memasang peralatan sehingga betul-betul berjalan.
·         Belajar memakai peralatan dan instrumen tertentu.

D.    Penerapan kegiatan laboratorium dalam pembelajaran memiliki kebaikan dan kelemahan.
Kebaikan dari pelaksanaan praktikum antara lain:\
a)      Siswa dapat meyakini akan hasilnya, karena langsung mendengar, melihat, meraba, dan mencium yang sedang dipelajari.
b)      Siswa akan mempunyai kemampuan dalam keterampilan mengelola alat, mengadakan percobaan, membuat kesimpulan, menulis laporan, dan mampu berfikir analisis.
c)      Siswa lebih cenderung tertarik pada obyek yang nyata di alam sekitarnya.
d)     Memupuk dan mengembangkan sikap berfikir ilmiah, sikap inovatif, dan saling bekerja sama.
e)      Membangkitkan minat ingin tahu, memperkaya pengalaman keterampilan kerja dan pengalaman berfikir ilmiah.
Sedangkan kelemahan/ kekurangan dari praktikum antara lain:
a)      Tidak semua mata pelajaran dapat dipraktikkan dan tidak semua diajarkan dengan metode praktik.
b)      Alat-alat dan bahan yang mahal harganya dapat menghambat untuk melakukan praktik.
c)      Banyak waktu yang diperlukan untuk praktik, sehingga kemungkinan dapat dilaksanakan diluar jam pelajaran (Indarto, 2002).






























BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
            Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode pratikum yang dapat menghasilkal pengalaman belajar di mana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
1.      Macam-macam laboratorium:
a. Laboratorium pendidikan
b. Laboratorium riset
v  Pengelolaan laboratorium:
a. Optimasi pemanfaatan
b. Tata letak peralatan
c. Penataan ruang alat
d. Administrasi fasilitas
2.      Peranan aboratorium antara lain:
a)      Keterampilan kognitif, misalnya :
·         melatih agar teori dapat dimengerti
·         agar teori dapat diterapkan pada keadaan problem nyata.
b)      Keterampilan afektif, misalnya :
·         belajar bekerja sama
·         belajar menghargai bidangnya
·         belajar merencanakan kegiatan secara mandiri.
c)      Keterampilan psikomotorik, misalnya :
·         belajar memasang peralatan sehingga betul-betul berjalan
·         belajar memakai peralatan dan instrumen tertentu.
B.     Saran
salah satu saran yang dapatpenuisberikanyaitu agar kita dapat menggunakan fasilitas laboratorium sedemikian baik, karena banyakmanfaat yang dapat kita dapatkan jika kita menggunakannya dengan baik. Karena dengan adanya laboratorium pengetahuan kita tidak sebatas di dalam materi saja.

DAFTAR PUSTAKA

Fred Percival dan Henry Ellington,1988. Teknologi Pendidikan, Jakarta: Erlangga,
Darsono, M.; Sugandhi, A.; Martensi; Sutadi, R. K. & Nugroho. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.
Engkoswara & Entang, M. 1982. Pembaharuan dalam Metode Pengajaran. Jakarta : Depdikbud.
Indarto, K. 2002. Kaitan antara Kegiatan Laboratorium dengan Prestasi Belajar Fisika. Semarang : FMIPA Unnes.


No comments:

Post a Comment