MAKALAH PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan di Indonesia selama ini telah dihadapkan pada sejumlah tantangan
baik yang terkait dengan kondisi internal sisitem pendidikan nasional, maupun
yang bersumber pada perubahan dalam segala aspek kehidupan, di tingkat lokal,
nasional dan pada tatanan global. Kondisi tersebut menuntut adanya sumber daya
manusia yang memiliki daya saing yang tinggi. Pendidikan harus mampu
menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang memadai. Itulah sebabnya
Standar Kompetensi lulusan pada satuan pendidikan perlu ditetapkan.
Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 Tahun 2003 merupakan
salah satu wujud komitmen bangsa untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut
yang berisi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar
Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar
Pembiyayaan dan Standar Penilaian Pendidikan (PP No. 19/2005) yang harus
ditingkatkan secara berencana dan berkala.
Standar kompetensi lulusan (SKL) merupakan bagian dari Standar Nasional
pendidikan yang merupakan kriteria kompetensi lulusan minimal yang berlaku
diseluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. SKL yang dijabarkan
kedalam standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran
digunakan sebagai pedoman penilaian.
Penyusunan SKL satuan pendidikan merupakan agenda prioritas karena menjadi
rujukan dalam penyusunan standar-standar pendidikan lainya. Berikut akan kami
jabarkan tentang Kompetensi dalam standar kompetensi lulusan (SKL) dan standar
kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) Madrasah Ibtidaiyah.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI?
2. Analisis SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI !
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI
2. Untuk
mengetahui pengertian SKL, SK dan KD Mata pelajaran AL-QUR’an MI kelas 1,2,3
2. Untuk mengetahui Analisis SKL, SK dan KD Mata Pelajaran Al-Qur’an MI
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN KOMPETENSI, SKL, SK dan
KD
1. Pengertian Kompetensi
Kompetensi menurut kamus ilmiah adalah kemampuan peserta didik dalam
mengembangkan potensinya. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976) adalah
pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat
yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati
dan diukur.
2. Pengertian SKL
Pada penjelasan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan
Nasional Pasal 35 disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan merupakan
Kriteria yang mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap,
pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau
dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah.
3. Pengertian SK
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada
setiap tingkat atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah
kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara
nasional.
4. Pengertian KD
Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata
pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.
B. ISI SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
Standar Kompetensi mata pelajaran Al-Qur'an MI berisi sekumpulan kemampuan yang
harus di kuasaipeserta didik selama menempuhmata pelajaran Al-Qur'an di MI.
Kemampuan ini berorientasi kepada perilakuefektif dan psikomotorik dengan
dukungan pengetahuan kognitifdalam rangka memperkuat keimanan, ketakwaan dan
ibadah kepada Allah SWT. Kemampuan-kemampuanyang tercantum dalam Standar
Kompetensi ini merupakan penjabaran dari kemampuan-kemampuan yang tercantum
dalam Standar Kompetensi ini merupakan penjabaran dari kemampuan dasar umum
yang harus dicapai peserta didikdi tingkat MI. Kemampuan-kemampuan tersebut
meliputi:
a. Memahami cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya.
b. Menyusun kata-kata dengan huruf hijaiyah,baik secara terpisah maupun bersambung.
c. Memahami cara melafalkan dan menghafal surat-surat tertentu dalam juz'amma.
d. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid dalam bacaan Al-Qur'an.
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
No Materi Kompetensi Yang Diujikan Bentuk Penilaian
1 2 3 4
1 Hafalan surat-surat pendek
a. Surat Al-Fatihah
b. Surat Al-Naas
c. Surat Al-Falaq
d. Surat Al-Ikhlas
e. Surat Al-Lahab
f. Surat Al-Nashr
g. Surat Al-Kafirun
h. Surat Al-Kautsar
i. Surat Al-Ma'un
j. Surat Al-Quraisy
k. Surat Al-Fiil
l. Surat Al-Humazah
m. Surat Al-Ashr
n. Surat At-Takatsur
o. Surat Al-Qari'ah
p. Surat Al-Zalzalah
q. Surat At-Tiin
Melafalkan Al-qur'an dengan fasih, Lisan
Tertulis & Unjuk Kerja
2. Terjemahan/kandungan surat
a. Surat Al-Fatihah
b. Surat Al-Ikhlas
c. Surat Al-Lahab
d. Surat Al-Nashr
e. Surat Al-Kafirun
f. Surat Al-Kautsar
g. Surat Al-Ma'un
h. Surat At-Takatsur
i. Surat Al-Qadr
Menerjemahkan
Al-Qur'an dengan benar
Memahami pokok kandungan ayat-ayat
Al-Qur'an. Lisan
Tertulis
& unjuk kerja
3 Tajwid
h. Syiddah Membaca Al-Qur'an dengan Tajwid
Membaca
Al-Qur'an dengan baik dan benar Lisan, Tertulis
& Praktek
4
Menulis Huruf Pisah & Sambung Menulis Ayat-ayat Al-Qur'an dengan Benar
Tertulis & unjuk kerja
5
Qira'ati 1-6 Melafalkan dan membaca Qur'an Lisan & Unjuk Kerja
2. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
a. SK KD KURIKULUM 2006
1) KELAS I SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu melafalkan dan menghafalkan surat-surat tertentu dalam Juz 'Amma
dengan baik 1.1 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Fatihah
1.2 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat An-Naas
1.3 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Falaq
1.4 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Ikhlas
1.5 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat Al-Lahab
1.6 Melafalkan, hafal dan gemar membaca surat An-Nashr
2) KELAS I SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu melafalkan surat-surat tertentu tentang persaudaraan dan mampu
menghafal surat-surat dan hadits tentang iman dengan baik. 1.1 Melafalkan dan
hafal surat Al-Kafirun
2.2 Melafalkan dan hafal surat Al-Kautsar
2.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Ma’un
2.4 Melafalkan dan hafal surat Al-Quraisy
2.5 Melafalkan dan hafal surat Al-Fiil
2.6 Melafalkan dan hafal surat Al-‘Ashr
2.7 Melafalkan dan hafal hadits tentang niat
2.8 Melafalkan dan hafal hadits tentang persaudaraan
3) KELAS II SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu memahami cara melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya dan
mampu memahami cara melafalkan surat tertentu dalam Juz ‘Amma serta mampu
menghafal surat tersebut dengan baik. 1.1 Memahami huruf-huruf hijaiyah dan
tanda bacanya.
1.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah
1.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Qadr
4) KELAS II SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu menyusun kata-kata dengan huruf hijaiyah baik secara terpisah maupun bersambung, memahami cara melafalkan surat tertentu dalam Juz ‘Amma dan hadits tentang kebersihan dan menghafal surat dan hadits tersebut dengan baik. 2.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah
2.2 Menulis kata-kata secara terpisah dan bersambung
2.3 Melafalkan dan hafal surat At-Takatsur
2.4 Melafalkan dan hafal hadits tentang kebersihan
5) KELAS III SEMESTER 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Mampu memahami cara melafalkan surat-surat tertentu dalam Jus ‘Amma dan mampu menghafal surat-surat tersebut dengan baik. 1.1 Melafalkan dan hafal surat Al-Qori’ah
1.2 Melafalkan dan hafal surat Al-Zalzalah
1.3 Melafalkan dan hafal surat Al-Humazah
1.4 Melafalkan dan hafal surat At-Tiin
6) KELAS III SEMESTER 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
2. Mampu memahami arti surat dalam Juz ‘Amma, dan memahami tertentu hadits tentang hormat kepada orang tua dan menerapkan hadits tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 2.1 Mengartikan surat al-Fatihah
2.2 Membaca dengan menerapkan tanda baca syiddah
2.3 Membaca “Al-Qomariah dan Al-Syamsiyah” secara benar
2.4 Menerjemahkan surat Al-Ikhlas
2.5 Melafalkan dan hafal hadits tentang niat.
b. KURIKULUM 2013
1) KELAS I SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Fâtihah
(1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111)
adalah firman Allah SWT.
1.2 Menghayati keindahan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113),
al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111)
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa
membaca Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan
al-Lahab (111) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an dalam kehidupan
2.3 Terbiasa hidup tertib dan menghargai orang lain
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis,
Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S.
al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab
(111)
3.2 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda
bacanya
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114),
al-Falaq (113), al-Ikhlâs (112), dan al-Lahab (111) secara benar dan
fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Fâtihah (1), an-Nâs (114), al-Falaq (113), al-Ikhlâs
(112), dan al-Lahab (111) secara benar
4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
2) KELAS I
SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. an-Nashr (110)
dan al-Quraisy (106) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah
ibadah
1.3 Meyakini bahwa Allah mecintai orang-orang yang menjaga kebersihan
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa
membaca Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku mencintai al-Qur'an Hadis
2.3 Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis,
Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S.
an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106)
3.2 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda
bacanya
3.3 Menerjemahkan hadis tentang kebersihan
secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
3.4 Memahami isi kandungan hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayat
Muslim dari Abu Malik al Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106)
secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. an-Nashr (110) dan al-Quraisy (106) secara benar
4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai mahrajnya
4.4 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim dari Abu Malik al
Asy’ari
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ
3) KELAS II SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Kautsar
(108) dan al- Kâfirûn (109) adalah firman Allah SWT.
1.2 Menghayati keindahan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109)
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah
ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa
membaca Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) sehari-hari
2.2 Memiliki perilaku senang mempelajari al-Qur'an Hadis
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis,
Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S.
al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109)
3.2 Mengidentifikasi penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan
bersambung
3.3 Memahami bacaan ghunnah
3.4 Menerjemahkan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari
Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
3.5 Memahami isi kandungan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat
Bukhari dari Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di madrasah. 4.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan
benar
4.2 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar
4.3 Melafalkan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) secara benar dan
fasih
4.4 Menghafalkan Q.S. al-Kautsar (108) dan al- Kâfirûn (109) secara benar dan
fasih
4.5 Menerapkan bacaan ghunnah
4.6 Menghafalkan hadis tentang keutamaan belajar al-Quran riwayat Bukhari dari
Utsman bin Affan
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
4) KELAS II SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Mâ‘ûn
(107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa keridaan Allah tergantung pada keridaan kedua orang tua
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa
membaca Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr
(97) sehari-hari
2.2 Terbiasa berperilaku hormat kepada orang tua sebagai implementasi
dari pemahaman hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari
Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis, Fiqh, Akidah,
Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S. al-Mâ‘ûn
(107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)
3.2 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari
Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi
dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
3.4 Memahami bacaan “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
4. Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di madrasah. 4.1 Melafalkan Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105),
al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Mâ‘ûn (107), al-Fîl (105), al-‘Ashr (103), dan
al-Qadr (97) secara benar
4.3 Menghafalkan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi
dari Abdullah bin Umar
رِضَا اللَهِ فِيْ رِضَا الْوَالِدَيْنِ….
4.4 Menerapkan bacaan “Al-Qamariyah” dan “Al-Syamsiyah”
5) KELAS III SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Humazah
(104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian
1.3 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur’an dan Hadis adalah ibadah
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya .
2.1 Terbiasa membaca Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah
(99) sehari-hari
2.2 Terbiasa melakukan salat berjamaah sebagai implementasi dari
pemahaman hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi,
Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis,
Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S.
al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99)
3.2 Menerjemahkan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim,
Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
3.3 Memahami isi kandungan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari,
Muslim, Turmuzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
3.4 Memahami bacaan Qalqalah
4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di madrasah. 4.1 Membaca Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur
(102), dan az-Zalzalah (99) secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Humazah (104), at-Takâtsur (102), dan az-Zalzalah (99)
4.3 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim,
Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar
صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ اَفْضَلُ ….
4.4 Menerapkan bacaan Qalqalah
6) KELAS III SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menghayati ajaran agama Islam. 1.1 Meyakini Q.S. al-Qâri‘ah
(101) dan at-Tîn (95) adalah firman Allah SWT.
1.2 Meyakini adanya Allah beserta sifat-sifatNya sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
1.3 Menghayati isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
1.4 Menerima ajaran bahwa sesama mukmin adalah bersaudara
2. Memiliki akhlak (adab) yang baik dalam beribadah dan berinteraksi
dengan diri sendiri, sesama dan lingkungannya . 2.1 Terbiasa
membaca Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95) sehari-hari
2.2 Mengamalkan isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112) dalam
kehidupan sehari-hari
2.3 Terbiasa berperilaku
saling menyayangi sebagai implementasi dari pemahaman hadis
tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
2.4 Memiliki perilaku mencintai al-Qur’an Hadis
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang al-Qur’an, Hadis,
Fiqh, Akidah, Akhlak, dan Sejarah Islam. 3.1 Mengetahui urutan ayat Q.S.
al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
3.2 Menerjemahkan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
3.3 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fâtihah (1) dan al-Ikhlâs (112)
3.4 Menerjemahkan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu
Musa
) اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ(….
3.5 Memahami isi kandungan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim
dari Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
4 Menyajikan pengetahuan faktual terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di madrasah. 4.1 Membaca Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
secara benar dan fasih
4.2 Menghafalkan Q.S. al-Qâri‘ah (101) dan at-Tîn (95)
4.3 Menghafalkan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari
Abu Musa
اَلْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمن كَالْبُنْيَانِ….
C. ANALISIS SKL, SK DAN KD MATA PELAJARAN AL-QUR’AN MI
1. Aspek filosofis
Dari penjelasan materi al-quran hadis madrasah Ibtidaiyah diatas maka dapat di
analisis dari aspek filosofis adalah manusia merupakan makhluk sosial yang
pasti nya membutuhkan orang lain. Bagi anak usia madrasah ibtidaiyah, materi
ini adalah materi yang dapat untuk diberikan pada mereka. Kurikulum al-quran
hadist MI ini merupakan awal dari kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum
al-quan hadis pada jenjang MTS dan MA, terutama penekanan kepada kemampuan
membaca al-quan dan hadis, pemahaman surat-surat pendek dan mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari.
2. Aspek Piskologis
Dilihat dari aspek psikologis , penjelasan materi mata pelajaran alquran dan
hadis diatas adalah anak pada usia MI ini merupakan jenjang dimana seorang anak
mempersiapkan akan menuju ketahap pra remaja. Kecendrungan anak-anak adalah
tampil apa adanya ketika di lingkungan orang banyak. Dengan demikian cara
berpakaian diarahkan sesuai dengan cara berpakaian sesuai dengan tuntutan agama
islam. Lingkungan sekolah dan masyarakat rawan terhadap prilaku menyimpang.
Materi ini akan membuat anak tahu lebih banyak dari sisi ke agamaan, tentang
mana yang baik dan mana yang buruk sesuai dengan perintah Allah yang tertuang
didalam al-quran dan perintah Nabi Muhamad yang tertuang dalam hadits Nabi.
3. Aspek Sosiologis
Dalam penjelasan di atas dampak sosial yang ditimbulkan akan sangat baik ketika
siswa memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Karena hakikat nya
materi al-quran hadist MI erat kaitannya dengan hubungan manusia dengan
manusia. Sebagai contoh, memahami al-quran dan al-hadist sebagai pedoman hidup.
Mencintai al-quran dan hadist merupkan al-quran surat-surat pendek pilihan
tentang rububiyah dan uluhiyah dalam kehidupan memahami hadist tentang
ciri-ciri orang munafik.
4. Aspek Metodologi
Sebagai media refleksi umat islam, harus diakui bahwa dunia pendidikan islam
masih diselimuti mendung dan aneka problematika yang belum terurai dari masa
kemasa diantara problematika dan indikator stagnasi yang selama ini menghantui
pendidikan islam adalah dalam hal penerapan metode dalam peroses pembelajaran
berbagai pendapat tentang stagnasi dan tidak efektif metode pembelajaran
agam aislam bermunculan.
Diantara pendapat tersebut adalah amin abdulah, pakar keislaman, menyoroti
kegiatan pendidikan agama yang selama ini berlangsung di sekolah. Ia mengatakan
bahwa pendidikan agama kurang konsen terhadap persoalan bagaimana mengubah
pengetahuan agama yang kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu di
internalisasikan dalam diri siswa lewat berbagai cara, media dan forum.
Pembelajaran lebih menitik beratakan pada aspek korespondensi tekstual yang
lebih menekankan hapalan teks keagamaan. Penerapan metode yang tepat dan cepat
sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya,
kesalan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal.
Penerapan metode pembelajran akan selalu di pergunakan dalam setiap proses
belajar mengajar selama dunia pendidikan berlangsung.dalam dunia pendidikan,
guru tidak bisa lepas dari yang namanya metode dalam mengajar. Metode
pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu cara yang digunakan seorang guru
dalam melaksanakan tugas mengajar. Peranan metode dalam proses pembelajaran
sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pengertian Kompetensi Kompetensi menurut kamus ilmiah adalah kemampuan peserta
didik dalam mengembangkan potensinya. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976)
adalah pernyataan yang menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara
bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat
diamati dan diukur.
Pengertian SKL Pada penjelasan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem
Pendidikan Nasional Pasal 35 disebutkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan
merupakan Kriteria yang mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup
sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik yang harus dipenuhinya atau
dicapainya dari suatu satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah.
Pengertian SK Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan
dicapai pada setiap tingkat atau semester. Standar kompetensi terdiri atas
sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku
secara nasional.
Pengertian KD Merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.
Analisis SKL, SK dan KD yang terdiri dari: Aspek filosofis, Aspek Piskologis,
Aspek Sosiologis dan Aspek Metodologi
B. SARAN
Semoga makalah ini bermanfaat bagi kalangan yang membacanya. “Sebaik-baik ilmu
adalah ilmu yang diamalkan”.
DAFTAR PUSTAKA
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM DEPARTEMEN AGAMA RI. STANDAR ISI
MADRASAH IBTIDAIYAH.2006 KURIKULUM 2013http://ruliremi.blogspot.com/2012/03/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
http://garasikeabadian.blogspot.com/2013/03/pengertian-kompetensi-dalam-skl-dan-sk.html
http://amisyahsiti.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment