RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "BAHASA INDONESIA(PETUNJUK DENAH)"
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
..................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IV / I
Waktu : 2
x 35 menit
1. Standar Kompetensi
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
2. Kompetensi Dasar
Membuat
gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
3. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa
dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan dengan Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) serta Berani ( courage)
b. Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang
didengar
c. Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
d. Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah
yang dibuat
4. Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5. Materi Pokok
Gambar /
Denah
6. Kegiatan Pembelajaran
a. Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
b. Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
c. Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
7. Langkah-langkah Pembelajaran
a.
Kegiatan
Awal
Apersepsi dan Motivasi
·
Siswa
diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
·
Bertanya
jawab seputar denah yang diamati.
b. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian
( respect ).
·
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk
arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung
jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )Petunjuk Arah ke Bumi
Perkemahan Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan.
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!Bertanyajawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!Bertanyajawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Siswa
diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat
sendiri.
8. Penilaian
9. Sumber / Alat
a. Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A
b. Gambar Denah
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
..................................
..................................
NIP : NIP :
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment