1

loading...

Friday, November 23, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "BAHASA INDONESIA(PETUNJUK DENAH)"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit

1.      Standar Kompetensi
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
2.      Kompetensi Dasar
Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
3.      Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
b. Siswa dapat Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar
c. Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
d. Siswa dapat Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
4.      Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5.      Materi Pokok
Gambar / Denah
6.      Kegiatan Pembelajaran
a.       Membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
b.      Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
c.       Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
7.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
            Apersepsi dan Motivasi 
·                     Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
·                     Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
b.      Kegiatan Inti
·                     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
·                     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan.
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!Bertanyajawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
·                     Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.       Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·                     Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
8.      Penilaian
9.      Sumber / Alat
a.       Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A
b.      Gambar Denah




                                                                                                   ............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel Bahasa Indonesia.





..................................                                                                ..................................
NIP :                                                                                         NIP :


No comments:

Post a Comment