1

loading...

Friday, November 23, 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"BAHASA INDONESIA ( PERISTIWA )" 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   : ..................................
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester    : IV / I
Tema                       : Peristiwa
Alokasi Waktu        : 4 x 35 menit


1.      Standar Kompetensi
Mendengarkan penjelasan tentang symbol daerah/lambang
2.      Kompetensi Dasar
Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang symbol daerah/lambing
3.      Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
2.      Siswa dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
3.      Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
4.      Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka
4.      Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5.      Materi
Lambang
6.      Kegiatan Pembelajaran
a.      Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
b.      Mencatat pokok-pokok penjelasan.
c.       Menuliskan penjelasan tentang lambang secara terperinci.
d.      Menjelaskan kembali secara lisan tentang arti lambang.
7.      Langkah-langkah
1.      Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
·                     Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
2.      Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·                     Siswa diminta menjelaskan kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
8.                  Penilaian
9.                  Sumber / Bahan
a.       Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18
b.       Lambang Pramuka/Tunas Kelapa
                                                                                                       
   ............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                               ..................................
NIP :                                                                                        NIP :


No comments:

Post a Comment