RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"BAHASA INDONESIA ( PERISTIWA )"
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
:
..................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : IV / I
Tema
:
Peristiwa
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
1. Standar Kompetensi
Mendengarkan penjelasan tentang symbol daerah/lambang
2.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang symbol daerah/lambing
3.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa
dapat Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
2.
Siswa
dapat Mencatat pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
3.
Siswa
dapat Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
4.
Siswa
dapat Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka
4.
Karakter
siswa yang diharapkan :
Dapat
dipercaya ( Trustworthines), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5.
Materi
Lambang
6.
Kegiatan
Pembelajaran
a.
Mendengarkan
penjelasan tentang lambang Pramuka.
b.
Mencatat
pokok-pokok penjelasan.
c.
Menuliskan
penjelasan tentang lambang secara terperinci.
d.
Menjelaskan
kembali secara lisan tentang arti lambang.
7.
Langkah-langkah
1. Kegiatan
Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
·
Siswa
diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan
kelas.
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang lambang Pramuka.
·
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan
guru tentang arti lambang Pramuka.
Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
·
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Siswa diminta menjelaskan kembali
tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
8.
Penilaian
9.
Sumber /
Bahan
a.
Buku Bina
Bahasa Indonesia 4A hal. 18
b.
Lambang
Pramuka/Tunas Kelapa
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Guru Mapel Bahasa Indonesia.
..................................
..................................
NIP :
NIP :
No comments:
Post a Comment