MAKALAH ULUMUL QUR'AN
FAWATIH AS SUWAR
BAB I
BAB I PENDAHULUAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Studi atas Al-Quran telah banyak dilakukan oleh para ulama
dan sarjana tempo dulu,
termasuk para sahabat pada zaman Rasulullah saw. Hal itu tidak lepas dari disiplin dan
keahlian yang
dimiliki oleh mereka masing-masing. Ada yang mencoba mengelaborasi dan melakukan eksplorasi lewat perspektif keimanan historis, bahasa dan sastra, pengkodifikasian, kemu‟jizatan penafsiran
serta telaah kepada huruf-hurufnya.
Kondisi semacam itu bukan hanya merupakan tanggung jawab seorang Muslim untuk memahami bahasa-bahasa agamanya. Tetapi sudah berkembang
kepada nuansa lain yang
menitikberatkan kepada studi yang bersifat ilmiah yang
memberikan kontribusi dalam
perkembangan
pemikiran dalam dunia
Islam. Kalangan
sarjana Barat
banyak yang melibatkan diri dalam pengkajian Al-Quran, dengan motivasi dan latar belakang
kultural maupun intelektual yang
berbeda-beda.
Al-Quran sebagaimana diketahui terdiri
dari 114 surat, yang
di awali dengan beberapa
macam pembukaan (Fawatih
as Suwar).
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian
fawatih
as
suwar?
2. Macam-macam fawatih as
suwar?
3. Bagaimana kedudukan Fawatih as
Suwar?
4. Bagaimana tanggapan
para
ulama terhadap fawatih
as-suwar?
C. TUJUAN
PENULISAN
Tujuan dari
pembuatan makalah
ini adalah selain untuk
memenuhi tugas perkuliahan juga untuk menambah wawasan kepada pembaca dan
penulis tentang Ilmu Fawatih As- Suwar.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN
Menurut etimologis, fawatih adalah jama‟ dari kata fatih atau fawatih yang
berarti awalan/pembuka. Sedangkan suwar adalah jama‟ dari kata surah yang
berarti sekumpulan
ayat-ayat Al-Qur‟an yang
diberi nama tertentu. Jadi,
fawatih as-suwar
berarti beberapa pembuka dari surah-surah Al-Qur‟an atau beberapa macam awalan dari surah-surah Al-
Qur‟an. Pembukaan surah yang diawali dengan menetapkan sifat-sifat terpuji kepada Allah. Apabila dimulai dengan huruf-huruf hijaiyah, huruf tersebut sering dinamakan dengan ahruf muqatta‟ah (huruf-huruf yang terpisah) karena posisi dari huruf tersebut yang cenderung menyendiri dan tidak bergabung
membentuk suatu kalimat secara kebahasaan. Dari segi pembacaannya pun,
tidaklah berbeda dari lafad yang diucapkan pada huruf hijaiyah.
Manna‟ Khalil Al Qattan dalam kitabnyaMabahis fi Ulumil Quran mengidentikkan fawatihus suwar dengan huruf-huruf yang terpisah (al ahrufulmuqatta‟ah). Menurut Ibnu Abi Al-Asba‟ seperti dikutip Ahmad
Musthofa, bahwa pembuka-pembuka surat itu
untuk menyempurnakan dan memperindah bentuk-bentuk penyampaian, dengan sarana pujian atau melalui huruf-huruf.
Fawatih al-suwar (pembuka-pembuka surat) dalam Al-Qur‟an biasa disebut juga dengan
awail al-suwar
(permulaan-permulaan surat), al-huruf al-muqaththa‟ah (penggalan huruf-
huruf), atau dalam terminologi sarjana barat sebagai “huruf-huruf
misterius” (the mystical letters of the Qur‟an). Huruf-huruf
semacam ini dalam konteks tersurat (manthuq an-nash) tidak memberikan pemahaman
sama sekali,
baik secara langsung maupun tidak
langsung. 1
B.
MACAM-MACAM FAWATIH AS SUWAR
Menurut Imam
Al-Qasthalani dalam
kitabnya Lathaiful Iayarati,
fawatihush
suwar dibedakan menjadi
10 macam, yaitu:
1.
Pembukaan dengan
pujian kepada Allah SWT
(Al-Istiftaahu Bits Tsanaa‟i)
(1)
Menetapkan sifat-sifat terpuji (Al-Itsbaabu Sifaatil Maddhi) dengan
menggunakan:
a) hamdalah, yang terdapat
pada 5 surah, yaitu:
1) Surah Al-Fatihah dengan lafal
“ ِهللدمحلأ ِبز ِنيلَاعلا “
2) Surah Al-An‟am dengan lafal “ ِضزالأىجاىمظلاقلخيرلاهللدمحلأ“
1MohammadNorIchwan, StudiIlmu-Ilmu Al-Qur‟an, (Semarang: Rasail) hlm. 170
3) Surah Al-Kahfi
dengan
lafal “ ِبخنلاهدبعىلعلصهؤيرلاهللدمحلأ”
4) Surah Saba‟ dengan lafal “ِضزالأىجاىمظلاىفامهليرلاهللدمحلأ“
5) Surah Fathir dengan
lafal “ ِضزالأىجاىمظلاسطافيرلاهللدمحلأ “
b) tabaaraka, yang terdapat dalam 2 surah, yaitu:
1) Surah Al-Furqan dengan lafal
” ِهدبعىلعوؤقسفللَزنيرلامزابج”
2) Surah Al-Mulk dengan lafal” ِوللَاهديبيرلامزابج “
(2) Mensucikan Allah SWT dari sifat-sifat negatif (Tanziihu „An Shifatin Nuqshaan)
dengan menggunakan lafadz tasbih yang terdapat dalam
7 surah, yaitu:
a) Surah Al-Isra‟ dengan
lafal
لٕل يدبعب ِزصا ْذلا هحبض
“
maha
suci
Allah
yang
telah
memperjalankan hambaNya
pada
suatu malam”.
b) Surah Al-A‟la dengan lafal
“ sucikanlah nama Tuhanmu yang
paling tinggi”.
c) Surah
Al-Hadid dengan lafal
َّلعلأا كبر مصا حبض
َضرلأاَ تاُمضلا ّفام لِل حبض
“ semua yang
ada
dilangit dan yang
ada dibumi bertasbih pada
Allah
menyatakan kebesaran Allah”.
d) Surah Al-Hasyr
dengan lafal
َضرلأا ّف امَ تاُمضلا ّفام لِل حبض “ telah bertasbih
kepada Allah apa yang ada dilangit
dan apa yang ada di bumi”.
e) Surah Al-Shaff dengan lafal
َضرلأا ّف امَ تاُمضلا ّف ام لِل حبض “ telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada dilangit dan apa saja yang ada dibumi”.
f) Surah
Al-Jum‟ah dengan lafal
َضرلأا ّف امَ تاُمضلا ّف ام لِل حبص “
telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada dilangit dan apa saja yang ada dibumi”.
g) Surah Al-Taghabun dengan
lafal
ضرلأا ّف امَ تاُمضلا ّف ام لِل حبَض “ telah bertasbih kepada Allah apa saja yang ada dilangit dan apa saja yang ada dibumi”.
2. Pembukaan
dengan huruf-huruf yang
terputus-purus
(Istiftaahu Bil Huruufi
Al-
Muqaththa‟ati).
Pembukaan dengan
huruf-huruf ini terdapat
dalam
209 surah dengan memakai 14 huruf dengan tanpa diulang, yakni: hamzah, ha‟, ro‟, sin, shod, tho‟, „ain, qaf, kaf,
lam, mim, nun, ha‟, ya‟.
Pembukaan dengan huruf-huruf
tersebut dalam pembukaan surah-surah Al-Qur‟an
disusun dalam
14 rangkaian, terdiri dari
5 kelompok, yaitu:
(1) Terdiri atas
satu huruf, terdapat pada 3 tempat; Shad (surah
Shad), Qaf(surah
Qaf),
dan Nun (surah Al-Qalam).
(2) Terdiri atas dua huruf, terdapat pada sembilan tempat; مح (Q.S. Al Mu‟min, Q.S.
As Sajdah, Q.S. Az Zuhruf, Q.S. Ad Duhkan, Q.S. Al Jatsiyah, dan Q.S. Al
Ahqaf); ًط (Q.S.
Thaha); شط (Q.S.
An Naml); dan شٔ(Q.S. Yaasin).
(3) Terdiri atas tiga huruf, terdapat pada tiga belas tempat; ملا (Q.S. Al Baqoroh, Q.S.
Ali Imron, Q.S. Ar Rum, Q.S. Lukman,
dan Q.S. Sajdah);
زلا(Q.S. Yunus, Q.S.
Hud, Q.S. Ibrahim, Q.S. Yusuf, dan Q.S. Al Hijr); danمضط (Q.S. Al Qoshosh dan Q.S. As Syu‟ara).
(4) Terdiri atas empat huruf, terdapat pada dua tempat; yakni زملا (Q.S. Ar Ra‟du)
dan صملا (Q.S. Al A‟raf).
(5) Terdapat atas lima huruf, terdapat pada dua tempat; صعٍٕك (Q.S. Maryam) dan
مح
قضع (Q.S. As Syu‟ra).
3. Pembukaan
dengan Nida‟/panggilan (Al-Istiftaahu Bin Nidaa‟).
a)
Nida untuk Nabi ٓبىلا أٍأ أ,
yang terdapat dalam Q.S. Al Ahzab, At Tahrim dan
At Thalaq. لمزملا أٍأأ dalam Q.S. al Muzammil dan زثدملا أٍأأ dalam Q.S. Al Mudatsir.
b) Nida untuk kaum mukminin dengan lafadz اُىما هٔذلا أٍأأ terdapat dalam Q.S. Al
Maidah, Q.S. Al Mumtahanah
dan Al Hujurat.
c)
Nida untuk umat manusia ساىلا أٍأأ terdapat dalam Q.S. An Nisa dan Q.S. Al
Hajj.
4. Pembukaan dengan Jumlah Khabariyah (Al-Istiftaahu Bil Jumalil Khabariyyati). a. Jumlah khabariyah dalam pembukaan surat ada dua macam, yaitu :
1) Jumlah Ismiyyah,
terdapat
11 surat, yaitu:
a) Surah At-Taubah dengan lafal “هللاىمةءاربِهلىطزو“
b) Surah An-Nur dengan
lafal ” اهنضسفواهنلصهاةزىط “
c) Surah Az-Zumar
dengan lafal ” ِمينحلاصيصعلاهللاىمبخنللُيزنج “
d) Surah Muhammad
dengan
lafal ” ِهلللُيبظيعاودصواوسفنىيرلا “
b. Jumlah Fi‟liyyah, terdapat
dalam 12 surat, yaitu :
1) Surah Al-Anfal dengan
lafal ” ِىافهلأاىعنهىلئظي
“
2) Surah An-Nahl
dengan lafal ” ِهىلجعخظحلُفهللاسمؤىجأ
“
3) Surah Al-Anbiya‟ dengan
lafal ” ِمهباظحساىللبرتقإ “
4) Surah Al-Mu‟minun dengan
lafal ” ِنىىمؤلَاحلفادق “
5) Surah Al-Qamar dengan lafal
” ِسمقلاقشواوتعاظلاخبرتقإ “
6) Surah Al-Mujadilah
dengan lafal
” ِولداجخىخللَىقهللاعمطدق “
7) Surah Al-Ma‟arij dengan lafal ” ِعقاىبارعبلئآظلؤط “
8) Surah Al-Qiyamah
dengan lafal
” ِتمايقلامىيبمظقألَ
“
9) Surah Al-Balad
dengan lafal
” ِدلِبلارهبمظقألَ
“
10) Surah Abas
dengan
lafal
” ىلىجىظبع
“
11) Surah Al-Bayyinah dengan
lafal ” ِنينفىمىيلسشلَاىبخنللُهؤىماوسفنىيرلاىنيلَ “
12) Surah At-Takatsur dengan lafal
” ِسثاهخـلامنهلا ”
Pembukaan dengan sumpah/qasam
(Al-Istiftaahu Bil Qasami).
Terdapat
dalam 15 surah, yaitu:
a. Sumpah
dengan
benda-benda angkasa, terdapat
dalam 8 surah yaitu:
1) Surah Ash-Shaaffat
dengan
lafal ” افصخفصلاو “
2) Surah An-Najm dengan
lafal ” ِيىهاذئمجىلاو
“
3) Surah Al-Mursalaat dengan lafal
” اقسعخلطسلَاو “
4) Surah An-Nazi‟at dengan lafal “اقسغخعزنلاو “
5) Surah Al-Buruj
dengan
lafal ” ِجوربلاجاذءامظلاو “
6) Surah Ath-Thariq dengan lafal
” ِقزاطلاوءامظلاو “
7) Surah Al-Fajr
dengan lafal ” ِسشعلايلِوسجفلاو “
8) Surah Asy-Syams
dengan lafal
” اهحضىظمشلاو “
b. Sumpah dengan benda-benda bawah, terdapat dalam
4 surah yaitu:
1)
|
Surah Adz-Dzariyat dengan lafal
” اوزرخيزارلاو “
|
|
2)
|
Surah Ath-Thur
dengan lafal ” ِزصطظمبخلوزىطلاو “
|
|
3)
|
Surah At-Tin dengan lafal
” ِنىخيصلاىىيخلاو “
|
|
4)
|
Surah Al-„Adiyat dengan lafal
” احبضخيدعلاو “
|
|
c.
|
Sumpah dengan
waktu,
terdapat
dalam
3 surah yaitu:
|
1) Surah Al-Lail dengan lafal ” ى شغياذلِيلاو “
2) Surah Adh-Dhuha
dengan
lafal ” ىحضلاو “
3) Surah Al-„Ashr dengan
lafal ” ِسصعلاو “
6. Pembukaan
dengan
syarat (Al-Istiftaahu
Bis-Syarthi).
Syarat-syarat yang dipakai Allah sebagai pembukaan surah-surah Al-Qur‟an ada 2
macam dan digunakan
dalam 7 surah, sebagai
berikut:
a. Syarat yang masuk pada jumlah
ismiyah, dipakai
diawal 3 surah diantaranya:
1) Surah At-Takwir dengan lafal ” ِثزىنظمشلاذإ “
2) Surah Al-Infithar
dengan lafal
” ِثسطفءآمشلاذإ “
3) Surah Al-Insyiqaq dengan
lafal ” ِذقشواءآمظلاذإ
“
b. Syarat yang masuk pada jumlah fi‟liyah, dipakai diawal
4 surah, diantaranya:
1) Surah Al-Waqi‟ah dengan
lafal ” ِتعقاىلاخعقواذإ “
2) Surah Al-Munafiqun dengan
lafal ” ِنسقفىلَامءاجاذإ “
3) Surah Az-Zalzalah
dengan
lafal ” اهلاصلصضزلأاخلصلشاذإ “
4) Surah An-Nashr dengan lafal
” ِحخفلاىهللاسصهءاجاذإ “
7. Pembukaan
dengan fi‟il amar
(Al-Istiftaahu Bil Amri).
Ada 6 fi‟il amar yang dipakai untuk
membuka surah-surah al-Qur‟an, yang terdiri
dari 2 lafal dan
digunakan
untuk membuka 6 surah-surah
sebagai berikut:
a. Dengan fi‟il Amar ِأسقإ yang hanya untuk membuka satu surah yaitu Surah Al-
„Alaq.
b. Dengan
fi‟il amar ِلق, yang digunakan
dalam 5 surah sebagai berikut:
1) Surah Al-Jinn dengan lafal
” ًِجلاىمسفىعمخطاهنؤيلئيحولِق “
2) Surah Al-Kafirun
dengan lafal”ِنوسفنلااهيأآيلق ”
3) Surah Al-Ikhlash dengan lafal
” ِدحؤهللاىهلق “
4) Surah Al-Falaq
dengan lafal
” ِقلفلابسبذىعلِق “
5) Surah An-Nas
dengan lafal
” ِضاىلابسبذىعلِق “
8. Pembukaan
dengan
pertanyaan (Al-Istiftaahu
Bil Istifhaami).
a. Pertanyaan positif (Al-Istifhaamu Al-Muhiibiyyu), yaitu bentuk pertanyaan yang dengan kalimat positif yang tidak ada alat negatifnya. Terdapat dalam 4 surah yaitu:
1) Surah Ad-Dahru,
dengan lafal:
” زٌدلا هم هٕح ناضولإا ّلع ّتأ لٌ”
“ bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari
masa”.
2) Surah An-Naba‟, dengan lafal:
” نُلءآضتٔ مع. مٕظعلاإبىلاىع”
“ tentang apakah mereka saling
bertanya-tanya. Tentang berita yang
besar”.
3) Surah Al-Ghasyiyyah, dengan lafal:
” ّصُم ثٔدح كتأ لٌ”
“ sudah datangkah kepadamu
berita (tentang) hari pembalasan”.
4) Surah Al-Ma‟un, dengan lafal:
” هٔدلاب بذكٔ ْذلا تٔءرأ”
“ tahukah kamu (orang) yang
mendustakan agama”.
b. Pertanyaan
negatif, yaitu pertanyaan yang dalam
kalimat negatif. Diantaranya:
1) Surah al-Insyirah dengan lafal ” ِكزدصنلحسشيلَأ “
2) Surah Al-Fiil dengan
lafal ” ِليفلابحصؤبنبسلعففيلرتلَأ “
9. Pembukaan
dengan
do‟a (Al-Istiftaahu
Bid Du‟aai).
a.
Do‟a atau harapan yang berbentuk kata benda (Ad-Du‟aaul Ismiyyu)ada di 2 surat yaitu:
1) Surah Al-Muthaffifin, dengan lafal:
“ kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang”.
2) Surah Al-Humazah, dengan
lafal:
“ kecelakaan bagi setiap pengumpat
lagi pencela
b. Do‟a atau harapan yang berbentuk kata kerja (Ad-Du‟aaul Fi‟liyu) membuka satu
surah saja yaitu
surah
Al-Lahab ” ِبجىبهلىبأاديدــبج “
10. Pembukaan
dengan alasan (Al-Istiftaahu
Bit-Ta‟lili).
Hanya terdapat
dalam
surah Al-Quraisy,
dengan
lafal:
” شٔزق فلٔلإ”
“karena kebiasaan orang-orang Quraisy”
C. KEDUDUKAN FAWATIH
AS SUWAR
Fawatihus Suwar Al-Qur‟an memiliki banyak keistimewaan dari segi makna dan kebahasaan. Fawatihus suwar merupakan salah
satu realitas keistimewaan misterius yang
terdapat di dalam Al_Qur‟an. Pemaparan tentang fawatihus Suwar, khususnya menyangkut
Al-Huruf Al Muqotta‟ah, tidak
banyak
bahkan
hampir tidak
ada yang
berhasil mengungkapkan latar belakang
ataupun keterangan yang valid yang secara
historis bisa membuktikan hubungan-hubungan
fawatihus
suwar. Dari segi makna, memang
banyak sekali penafsiran-penafsiran spekulatif terhadap huruf-huruf itu. Dikatakan spekulatif, karena penafsiran-penafsiran mengenai
hal
itu tidak didahului pengungkapan konteks historisnya. Lain halnya dengan Fawatihus Suwar dalam bentuk lain misalnya Al Qosam (sumpah), An Nida‟ (seruan), Al Amr (perintah), Al Istifham (pertanyaan) dan lain-lain. Urgensi
terhadap fawatihus suwar tidak terlepas dari konteks penafsiran Al-Qur‟an. Penggalian-penggalian makna yang terlebih dahulu akan memberikan nuansa tersendiri, baik yang didasarkan pada data historis
yang konkrit
ataupun penafsiran yang
menduga-duga. Lebih dari
itu tentu saja kita tetap meyakini
eksistensi Al-Qur‟an, kebesarannya, keagungannya, dan juga rahasia kemu‟jizatannya. Adapun
beberapa manfaat
fawatihus
suwar:
1. Sebagai Tanbih (peringatan) dan dapat memberikan perhatian baik bagi nabi,maupun umatnya dan dapat
menjadi
pedoman bagi kehidupan
ini.
2. Sebagai pengetahuan bagi kita yang senantiasa mengkajinya bahwa dalam fawatih as-suwar banyak sekali hal-hal yang mengandung
rahasia-rahasia Allah yang
kita tidak dapat
mengetahuinya,
3. Sebagai motivasi untuk selalu mancari ilmu dan mendekatkan diri kepada Allah
SWT.
Untuk menghilangkan keraguan terhadap al-Qur,an terutama bagi kaum muslimin yang
masih lemah imannya karena sangat mudah terpengaruh oleh perkataan musuh - musuh
islam yang mengatakan bahwa al-qur‟an
itu
adalah buatan Muhammad. dengan mengkaji Fawatih al-Suwar
kita
akan merasakan terhadap keindahan bahasa
al-Qur‟an itu
sendiri bahwa al-Qur‟an itu
datang dari Allah SWT
D. PENDAPAT PARA
ULAMA MENGENAI FAWATIH AS SUWAR
1. Mufasir
dari Kalangan Tasawuf
Ulama tasawuf berpendapat
bahwa
fawatihus Suwar adalah
huruf-huruf
yang
tepotong-potong yang
masing-masing diambil
darinama Allah, atau
yang tiap-tiap hurufnya merupakan penggantian darisuatu kalimat yang berhubungan denganyang
sesudahnya atau hurufitu menunjukkan kepada maksud yang
dikandung oleh surah yang surah itu
dimulai dengan huruf-huruf yang terpotong-potong itu.
2. Mufasir
Orientalis
Pendapat yang palinng jauh menyimpang dari kebenaran adalah dari seorangorientalis
yang bernama Noldeke dari Jerman, yang
kemudian dikoreksi, bahwa awalan surat itu tidak lain adalah huruf
depan dan huruf belakang dari nama-namapara sahabat Nabi.
Misalnya: Huruf Sin adalah dari nama Sa‟ad Bin Abi Waqosh,Mim adalah huruf depan dari
nama
Al-Mughiroah, huruf nun adalah dari
namaUsman Bin Affan.
3. Al-Khuwaibi
Al-Khuwaibi mengatakan bahwa kalimat-kalimat itu merupakan tasbih bagi Nabi.
Mungkin ada suatu waktu
Nabi berada dalam
keadaan sibuk dan
lain sebagainya.
4. Rasyid Ridha As-sayyid
Rasyid Ridha
tidak membenarkan al-quwaibi diatas, karena
nabi senantiasa dalam
keadaan sadar
dan senantiasa menanti kedatangan wahyu. Rasyid ridha berpendapat sesuai dengan ar-Razi bahwa tanbih ini sebenarnya dihadapkan kepada orang-orang
musyrik
mekkah
dan
5. Mufasir Dari
Kalangan Syi‟ah
Kelompok syi‟ah berpendapat bahwa jika huruf-huruf awalah itu dikumpulkan setelah dihapus ulangan-ulangannya maka akan
berarti : “Jalan Ali adalah kebenaran yang
kita
pegang teguh”. Perwakilan itu kemudian dijawab oleh kelompok Ahlus
Sunnnah, dan jawabannya berdasarkan pengertian yang
mereka peroleh
dari huruf-huruf
awalan itu
yang juga
dihapus di
ulangan-ulangannya dengan mengatakan “Benarlah jalanmu bersama
kaum Ahlus Sunnah”.Dari pendapat para ahli tentang Fawatihus Suwar, dapat dilihat bahwa pentakwilan
sebuah ayat sangat banyak macamnya.
Hal
ini boleh jadi didasari oleh pendidikan dan
ilmu-ilmu
yang dimilikinya serta
kecenderungan mereka mengkaji Al-
Qur‟an secara lebih
luas.
E. Manfaat Mempelajari Fawatihus Al-Suwar
Banyak sekali manfaat urgensi yang kita
dapat dalam mengkaji FawatihAl-Suwar. Adapun. Sebagian dari manfaatnya sebagai
berikut:
Sebagai Tanbih
(peringatan) dan dapat memberikan perhatian baik bagi nabi, maupun umatnya dan
dapat menjadi pedoman bagi kehidupan ini.Sebagai pengetahuan bagi kita yang
senantiasa mengkajinya bahwa dalam Fawatih Al-Suwar banyak sekali hal-hal yang
mengandung rahasia-rahasia Allah yang kita tidak dapat mengetahuinya. Sebagai
motivasi untuk selalu mencari ilmu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Dengan cara beriman dan beramal shaleh dan menambah keyakinan kita bahwa Al-Qur’an
itu adalah benar-benar kalam Allah SWT.Untuk menghilangkan keraguan terhadap
Al-Qur’an terutama bagi kaum muslimin yang masih lemah imannya karena sangat
mudah terpengaruh oleh perkataan musuh-musuh islam yang mengatakan bahwa
Al-Qur’an itu adalah buatan Muhammad Saw. Dengan mengkaji Fawatih Al-Suwar kita
akan merasakan terhadap keindahan bahasa Al-Qur’an itu sendiri bahwa Al-Qur’an
itu datang dari Allah SW
BAB
III
PENUTUP
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari segi makna
fawatih al-suwar berarti pembuka-pembuka surah karena posisinya yang
mengawali perjalanaan
teks-teks setiap surah.
Macam-macam
Fawatihus Suwar yaitu
Istiftah bi
al-Huruf al-Muqatta'ah, Istiftah
bi al-Nida', Istiftah bi al-Jumal al-Khabariyyah,
Istiftah bi al-Qasam, Istiftah bi al-Syart, Istiftah bi al-Amr, Istiftah bi al-Istifham, Istiftah bi al-Du'a', Istiftah bi al-Ta'lil. Fawatihus SuwarAl-Qur‟an memiliki banyak keistimewaan dari segi makna
dan
kebahasaan. Fawatihus suwar merupakan salah satu realitas keistimewaan misterius yang terdapat di dalam Al-Qur‟an.
Di tiap-tiap kata ada rahasianya, rahasia dalam
Al-Qu‟anadalah permulaan-permulaan surat”. Pendapat atau penafsiran para mufasir tentang
Fawaithus Suwar juga berbeda-beda seperti yg telah
dijelaskan pada Pembahasan sebelumnya.
B. PENUTUP
Demikian
makalah yang
dapat kami buat, semoga menambah wawasan kita
mengenai Fawatih as-Suwar. Kami menyadari bahwa
masih
banyak kekurangan di dalam penulisan
makalah ini. Oleh karena itu, kritikdan saran dari pembaca
sangat kami harapkan guna
penulisan makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Hermawan, Acep.2011.‟Ulumul Quran. Bandung: PT.RemajaRosdakarya.
Nor Ichwan, Mohammad.
Studi Ilmu-Ilmu
Al-Qur‟an. Semarang: Rasail.
No comments:
Post a Comment