RPP ASMAUL HUSNA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Madrasah : MIN
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V/II
Materi
Pokok : Asmaul Husna
(Al-Muhyii, Al-Mumiit, Al-Baaqii)
Alokasi
Waktu :1×20 menit
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Kompetensi
Inti (KI-1) :
Mengahayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Kompetensi
Inti (KI-2) :
Mengembangkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, percaya diri, ramah lingkungan,
gotongroyong, kerjasama, cinta damai. Responsip dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi
secara efektif dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, guru dan tetangganya)
dan alam
3. Kompetensi
Inti (KI-3) :
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban
terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan pengetahuan producial pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Kompetensi
Inti (KI-4):
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1 Menyakini Allah SWT sebagai Al-Muhyii, Al-Mumiit,
dan Al-Baaqii
|
|
1.2 Mengenal dan memahami sifat-sifat Allah SWT melalui
kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
|
1.2.1
Menjelaskan
arti kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
1.2.2
Menyebutkan sifat-sifat Allah
melalui kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit,
dan Al-Baaqii)
|
1.3 Mengetahui dalil tentang Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
|
1.3.1
Dapat
melafalkan dalil tentang Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
|
1.4
Memahami manfaat dari Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
|
1.4.1
Menjelaskan manfaat menyebut kan kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui
ceramah peserta didik dapat menyakini Allah mengenai kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
2. Melalui
ceramah dan tanya jawab peseta didik dapat memahami Asmaul Husna dan artinya
(Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
3. Melalui
ceramah dan tanya jawab peserta didik dapat menyebutkan manfaat dari Asmaul
Husna
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Asmaul
Husna
Asmaul Husna terdiri dari dua kata, Asma dan Husna.
Asma artinya nama-nama, sedangkan Husna artinya yang baik. Jadi Asmaul Husna
artinya nama-nama yang baik bagi Allah SWT. Jumlah Asmaul Husna ada 99. 99
nama tersebut menggambarkan betapa baiknya Allah SWT. Allah berfirman Q.S. Taha
ayat 8 :
اَللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ لَـهُ الْاَسْمَآءُ الْحُسْنٰى
Artinya:
“Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia
mempunyai Al asmaaul husna (nama-nama yang baik)”.
2. Bunyi
dan arti kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, Al-Baaqii)
a. Al-Muhyii
artinya Maha Menghidupkan
b. Al-Mumiit
artinya Maha Mematikan
c. Al-Baaqii
artinya Maha Kekal
3. Manfaat
menyebutkan kan kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, Al-Baaqii)
1. Mendekatkan
diri kepada Allah
2. Terhindar
dari siksa api neraka
3. Selalu
mengingat Allah
4. Mendapatkan
perlindungan dan keselamatan
E. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, tanya
jawab, make a match (menyusun kata Asmaul Husna Al-Muhyii, Al-Mumiit, Al-Baaqii
dan menempelkan).
F.
MEDIA,
ALAT/BAHAN, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media:
Papan tulis yang digunakan untuk
menulis dalil Q.S. Taha ayat 8 tentang Asmaul Husna
2. Alat/bahan:
1) kertas
karton bertuliskan tentang Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
2) Al-Qur’an
Terjemahaan, dan Internet
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
§ Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu
peserta didik memimpin doa
§ Guru mengkondisikan kelas
§ Guru mengabsensi peserta didik sambil menanyakan
kabar
§ Guru menanyakan pelajaran yang lalu (Apersepsi)
§ Guru melakukan pretest untuk mengukur pemahaman
siswa
§ Guru
memberikan informasi tentang
tujuan mempelajari kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan
Al-Baaqii)
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
§ Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang
Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
§ Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab
mengenai Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
§ Guru mengajak peserta didik untuk membaca dan
melafalkan dalil Q.S. Taha ayat 8
tentang Asmaul Husna
§ Guru mengajak peserta didik bermain agar dapat
memahami kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii, Al-Mumiit, dan Al-Baaqii)
§ Guru menjelaskan manfaat menyebutkan Asmaul Husna
|
10 menit
|
Penutup
|
§ Guru memberikan lembar soal kepada peserta didik
untuk menjawab soal yang telah dibuat
§ Guru mengevaluasi hasil tugas yang telah
diberikan, jika nilai siswa kurang dari kkm maka masuk ke kelompok perbaikan dan
jika nilai siswa melebihi kkm maka siswa masuk kedalam kelompok pengayaan
§ Guru menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran
pada hari ini dan menyimpulkan bersama
pembelajaran yang telah dilaksanakan
§ Guru menutup pembelajaran dan meminta salah satu
peserta didik memimpin doa pulang
|
5 menit
|
H. PENILAIAN
1. Tekhnik Penilaian :
Tes
2. Bentuk
Instrumen : Tertulis,
dan lisan
3. Instrumen Penilaian :
Sikap dan penguasaan materi ajar
4. Evaluasi
: Soal
Pilihan Ganda
LEMBAR
EVALUASI SISWA
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Mata
Pelajaran :
1. Allah
memiliki nama-nama yang baik yang disebut ....
a. Ar-risalah
b. Asmaul
husna
c. Insanul
kamil
d. Qiyamuhu
binafsihi
e. Semuanya
benar
2. Allah
memiliki sifat Al-Muhyii ....
a. Maha
Perkasa
b. Maha
Menghidupkan
c. Maha
Kekal
d. Maha
Hidup
e. Maha
Menghidupkan
3. Apa
bukti bahwa Allah bersifat Al-Muhyii ....
a. Allah
menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dibumi
b. Allah
berkehendak atas kematian semua makhluk
c. Menghindari
perbuatan tercela
d. Menambah
kepercayaan diri
e. Tidak
ada
4. Allah
Maha Mematikan karena memiliki sifat ...
a. Al-Muhyii
b. Al-Baaqii
c. Ar-Rahim
d. Al-Mumiit
e. Al-Jabbar
5. Al-Baaqii
berarti yang Maha ....
a.
Maha Pemberi
Rizki
b.
Maha Kekal
c.
Maha Kuasa
d.
Maha Agung
e.
Maha Mulia
LEMBAR
PENILAIAN SISWA
No
|
Nama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
penskoran :
Skor
20 jika benar
Skor
0 jika salah
Kkm
60
Keterangan:
T
= Tuntas
TT
= Tidak Tuntas
Kunci
Jawaban:
1.
B. Asmaul husna
2.
B. Maha Menghidupkan
3.
A. Allah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dibumi
4.
D. Al-Mumiit
5.
B. Maha Kekal
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
PETUNJUK
1. Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
2. Berilah
tanda (v) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sahari-hari.
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal
Pengamatan :
Materi
Pokok :
No
|
Pernyataan
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya
semakin yakin dengan kebesaraan Allah SWT setelah mempelajari Asmaul Husna
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas nikmat, rahmat dan karunia yang telah diberikan Allah SWT
|
|
|
3
|
Berusaha
untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT
|
|
|
4
|
Saya
semakin yakin bahwa mengucapkan kalimat Asmaul Husna (Al-Muhyii,
Al-Mumiit, dan Al-Baaqii) adalah ibadah
|
|
|
Petunjuk
penskoran:
Jawaban
YA diberi skor 25 dan jawaban tidak diberi skor 0
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus
Jumlah
skor +jumlah skor+jumlah skor+jumlah skor =
LEMBAR
PENILAIAN DIRI SIKAP JUJUR
Nama
Peserta Didik :
Kelas :
Materi
Pokok :
Tanggal :
Petunjuk
1. Bacalah
pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti.
2. Berilah
tanda (v)msesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya
tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
|
|
|
|
2
|
Saya
menyalin karya orang lain dengan menyebutkan nama sumbernya.
|
|
|
|
|
3
|
Saya
melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang.
|
|
|
|
|
4
|
Saya
berani mengakui kesalahan yang saya lakukan.
|
|
|
|
|
5
|
Sayamengerjakan
soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain.
|
|
|
|
|
Keterangan
:
· SL
= Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan yang diberikan.
· SR
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan.
· KD
= Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
· TP
= Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan.
PENILAIAN
BERTANYA
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Aspek
dan rubik penilaian
a.
Frekuensi dalam
bertanya
1)
Jika siswa
bertanya 3 kali atau lebih, skor 4.
2)
Jika siswa
bertanya 2 kali, skor 3.
3)
Jika siswa
bertanya 1 kali, skor 2.
b.
Keterkaitan
pertanyaan dengan materi
1)
Jika pertanyaan
sesuai dengan materi, skor 4.
2)
Jika pertanyaan
kurang sesuai dengan materi, skor 3.
3)
Jika pertanyaan
tidak sesuai dengan materi, skor 2.
c.
Kejelasan/bahasa
yang digunakan saat bertanya
1) Jika
bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami, skor 4.
2) Jika
bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami, skor 3.
3) Jika
bahasa tidak jelas, tidak lugas, dan sulit dipahami, skor 2.
Nilai
: a+b+c
|
|
Bengkulu, 2019
Guru mata pelajaran Akidah Akhlak
|
No comments:
Post a Comment