1

loading...

Wednesday, June 19, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN " LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

TEMATIK TERPADU


Sekolah               :
Kelas / Semester : IV / II ( Dua)
Tema                   : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema              : 1. Lingkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran ke : 1
Alokasi Waktu    : 2 x 35 Menit
   A.    KOMPETENSI INTI ( KI )
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya       diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca)  dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


     B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4.      Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
3.4.1.   Siswa menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan tepat.
3.4.2.   Siswa menjelaskan pengertian cerita fiksi
3.4.3. Siswa menjelaskan ciri-ciri teks cerita fiksi

4.4.    Menyampaikan hasil identivikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada  fiksi secara lisan, dan visual
4.4.1.   Siswa menceritakan teks cerita fiksi dengan artikulasi jelas, akspresif intonasi tepat dan penuh percaya diri.

IPA
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
3.4.1.   Siswa menjelaskan pengertian gaya dan gerak dan dorongan.
3.4.2.   Siswa menjelaskan perbedaan gaya dan gerak dengan benar
4.4.    Menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya da gerak
4.4.1.   Siswa mempraktekkan gaya dorongan dan tarikan
4.4.2.   Siswa menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis


    C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan kegiatan teks membaca fiksi, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh pada teks cerita fiksi dengan cepat.
2.    Dengan kegiatan berlatih menceritakan kembali teks cerita fiksi, siswa dapat bercerita dengan artikulasi jelas, ekspresi, intonasi, tepat dan penuh percaya diri.
3.    Dengan kegiatan mencari tahu pengertian ciri-ciri teks cerita fiksi siswa dapat menjelaskan secara lisan pengertian dan teks secara fiksi.
4.    Dengan kegiatan mengamati gambar anak dan menarik dan mendorong ayunan, siswa dapat mengetahui pengertian gaya dan gerak dengan benar.
5.    Dengan berdiskusi tentang perbedaan gaya dan gerak, siwa dapat menjelaskan perbedaan gaya dan gerak
6.    Dengan mendorong dan menarik meja, siswa dapat membuktikan gaya dorongan dan tarikan.
7.    Dengan kegiatan menulis hasil percobaan mendorong dan menarik meja siswa dapat menyajikan hasil percobaan tentang gaya dan gerak secara tertulis.
    D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.    Teks cerita “ ASAL USUL TELAGA WARNA”
2.    Pengertian dan ciri-ciri teks cerita fiksi
3.    Pengertian gaya
4.    Perbedaan gaya dan gerak
    E.     METODE PEMBELAJARAN
1.    Model pembelajaran : cooperative learning Tipe STAD, simulasi, tanya jawab
2.    Pendekataan               : saintifik
    F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Kelas dibuka dengan salam
2.    Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
3.    Guru mengecek absensi kehadiran siswa.
4.    Guru menanyakan kabar siswa
5.    Guru melakukan apersepsi untuk mengkondisikan siswa dengan menyanyikan lagu “ garuda pancasila
15 Menit
Kegiatan inti
1.    Pada awal pembelajaran, guru mengkondisikan para siswa secara klasikal dengan mengajukan pertanyaan.
a.       Apa kamu senang membaca cerita?
b.      Apa cerita yang pernah kamu baca?
c.       Apa cerita yang terkenal di lingkungan tempat tinggalmu?
2.    Siswa menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru.
3.    Pada kegiatan ayo membaca guru membaca cerita “ Asal mula telaga warna” dalam hati.
4.    Guru memberi batasan waktu 5-10 menit kepada siswa untuk membaca dan memahami isi cerita.
5.    Pada kegiatan ayo berlatih setelah siswa membaca dan memahami siswa diminta menceritakan kembali asal mula telaga warna dengan bahasa sendiri.
6.    Siswa diminta bercerita didepan teman-temannya dengan suara nyaring artikulasi jelas, intonasi cepat dan percaya diri.
7.    Pada kegiatan ayok mengamati : siswa membaca narasi pada buku siswa kemudian, guru menjelaskan bahwa banyak sarana umum dilingkungan tempat tinggal misalnya taman bermain untuk anak-anak.
8.    Siswa diminta mengamati gambar guru mengajukan pertanyaan kepada siswa apa yang dilakukan udin pada gambar tersebut?
10.Siswa menjawab pertanyaan oleh guru sesuai dengan hasil pengamatan.
11.Guru mengapresiasi jawaban siwa walaupun jawaban siwa masih nyeleneh.
12. Guru menjelaskan kepada siswa bahwa udin melakukan tarikan dan dorongan terhadap ayunan. Tarikan dan dorongan yang dilakukan udin disebut gaya. Karena ayunan diberi gaya oleh udin dan ayunan itu pun bergerak
13.Siswa diminta membaca pengertian gaya dan gerak pada buku siswa.
14.Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab tentang pengertian gaya dan gerak jika belum paham.
15.Siswa diminta untuk melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh gaya tarikan dan dorongan
16.percobaan ini dilakuka secara berkelompok setiap kelompok terdiri dari 4 anak.
17.Siswa melakukan percobaan menggunkan alat berupa meja
18. Setiap akhir pembelajaran diadakan tes akhir pelajaran ( post test)

40 menit
Penutup
1.    Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.    Siswa melakukan tepuk tangan
3.    Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
4.    Kelas di tutup dengan salam.
15 menit

    G.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.    Sumber : Buku Guru dan Buku siswa kelas IV, tema 8: Daerah tempat             tinggalku, Subtema 1: pembelajaran 1. Buku Tematik, Terpadu        Kurikulum 2013 ( Revisi 2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan      Kebudayaan RI.
2.    Media    : Cerita rakyat
3.    Alat       : Spidol, papan tulis.
   H.    PENILAIAN
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
1
2
3
4
1
Agina




2
Dori




3
Rahmi




4
…….





1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik
4 : Sangat baik
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Pengetahuan
1
2
3
4
1
Agina




2
Dori




3
Rahmi




4
…….





1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik
4 : Sangat baik

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Kerjasama
1
2
3
4
1
Agina




2
Dori




3
Rahmi




4
…….





1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik
4 : Sangat baik

No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Keterampilan
1
2
3
4
1
Agina




2
Dori




3
Rahmi




4
…….





1 : Kurang
2 : Cukup
3 : Baik
4 : Sangat baik





Mengetahui                                                                 Bengkulu, 17 juni 2019
Kepala sekolah                                                            Guru pembimbing


Nip…………..                                                            
                                                                                 

No comments:

Post a Comment