1

loading...

Wednesday, June 12, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU


RPP TERPADU 

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU



                                    Sekolah                       : Madrasah Ibtidaiyah                       
                                    Kelas/Semester            : V / 2 (dua)
             Tema 7                        : Peristiwa dalam Kehidupan
                                    Subtema 1                   : Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
                                    Pembelajaran ke          : 6 (Enam)
                                    Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit (1 pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamat, menanya dan mencoba  berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menunjukan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,  mandiri, kolaboratif, dan komunikatif  dalam  bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis  dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai tahap perkembangannya.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menggali informasi penting dari teks narasi sejarah yang disajikan secara lisan dan tulis menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
1.1  Siswa dapat menemukan informasi penting dari teks narasi yang disajikan
2.      Memaparkan informasi penting dari teks narasi sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,siapa, mengapa, dan bagaimana serta kosakata baku dan kalimat efektif
2.1  Siswa dapat memaparkan informasi penting apa saja yang terdapat didalam teks

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.      Memahami keberagaman sosial budaya masyarakat
3.1  Siswa mampu mempelajari dan memahami keberagaman sosial budaya masyarakat

SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.      Mampu menyanyikan dan memahami makna lagu Tanah Airku
4.1  Siswa mampu menyanyikan dan memahami makna lagu Tanah Airku

Karakter  : Disiplin, Kerjasama, syukur


C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Agar siswa dapat menemukan dan memaparkan informasi penting apa saja yang terdapat didalam teks
2.      Agar siswa dapat mengetahui keberagaman sosial budaya masyarakat
3.      Agar siswa dapat memahami makna dari lagu ²Tanah Airku²

D.  Materi Pembelajaran
1.      Teks Penjelasan tentang Kongres Perempuan Indonesia
2.      Lagu Tanah Airku
3.      Kebudayaan nasional
E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran  : Saintifik.
Metode Pembelajaran         : Word Square,  diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.

F.   Media Pembelajaran
Media                         : Tabel word square, beragam benda di kelas dan lingkungan sekitar.

G. Sumber Belajar
Buku Guru dan Buku Siswa Kelas V, Tema 7 : Peristiwa dalam Kehidupan.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.  Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan





1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.      Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran yang akan diajarkan hari ini.



15 menit


Kegiatan inti

1.      Guru meminta siswa untuk membacakan teks tentang kongres perempuan indonesia secara bergantian dan meminta siswa lain menyimak.
2.      Setelah selesai, guru mengaitkan antara materi tentang kongres perempuan indonesia tersebut dengan lagu Tanah Airku.
3.      Guru menjelaskan hal-hal apa saja yang tidak dimengerti oleh siswa,.
4.      Setelah siswa mengerti materi yang telah dijelaskan, maka guru mengaitkan kembali kedua materi tersebut dengan materi tentang kebudayaan nasional.
5.      Setelah siswa memahami materi yang telah dijelaskan oleh guru, guru membentuk siswa kedalam beberapa kelompok kecil
6.      Guru menggunakan metode word square
7.      Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode word square.
a.       Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok
b.      Guru memberikan pertanyaan kepada setiap kelompok (pertanyaan yang diberikan adalah sama untuk setiap kelompok)
c.       Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah ada pada tabel-tabel word square yang sebelumnya telah disiapkan oleh guru
d.      Siswa harus menjawab dengan cepat pertanyaan-pertanyaan tersebut dan mengarsir jawaban tersebut pada tabel-tabel word square
e.       Kelompok yang menang adalah kelompok yang mampu menjawab pertanyaan paling banyak dan mengarsir jawaban tersebut pada tabel word square


45 menit




Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
2.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
3.      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.


10    menit


I.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Penilaian pengetahuan
Teknik Penilaian       : Soal Essay
Rubrik Penilaian       : Terlampir

2.      Penilaian Sikap
Teknik Penilaian       : Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian       : Terlampir



Mengetahui                                                                                        Bengkulu,    Februari 2019
Kepala Madrasah                                                                               Guru Mata Pelajaran




                                                                                                              __________________
 LAMPIRAN SOAL
Nama                   :                                                      
Kelas                   :                                                                                        
Mata pelajaran    :

          1.      Berapa kali kongres perempuan Indonesia berlangsung ?
2.      Dimana kongres perempuan Indonesia pertama dilaksanakan ?
3.      Siapa yang memimpin kongres perempuan III ?
4.      Apa yang dibahas saat kongres perempuan II dilaksanakan ?
5.      Apa yang dimaksud dengan kebudayaan nasional ?
6.      Mengenal dan mempelajari kebudayaan sendiri merupakan ?
7.      UUD 1945 yang membahas tentang kebudayaan nasional Indonesia adalah UUD 1945 pasal berapa dan ayat berapa?
8.      Sebutkan salah satu kebudayaan yang kamu ketahui ?
9.      Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu Tanah Airku ?
10.  Lirik lagu Tanah Air mencerminkan nilai-nilai ?
11.  Bagaimana caramu mencintai tanah air ?
12.  Lagu Tanah Air diciptakan oleh ?
  Rubrik Penilaian pengetahuan : soal Essay
No
Indikator
No Butir Soal
Skor
1.
Bahasa Indonesia :
a.       Siswa dapat menemukan informasi penting dari teks narasi yang disajikan
b.       Siswa dapat memaparkan informasi penting apa saja yang terdapat didalam teks

1, 2, 3,  dan 4

       20
2.

PPKn :
Siswa mampu mempelajari dan memahami keberagaman sosial budaya masyarakat

5, 6, 7 dan 8

      40
3.
SBdP :
a.       Siswa mampu menyanyikan dan memahami makna lagu Tanah Airku

9, 10, 11 dan 12

      40

Rumus penilaian :
a.      Mata pelajaran Bahasa Indonesia
1      soal memiliki skor 5.
Terdapat 4 soal, jadi 4 x 5 = 20 point
b.      Mata pelajaran PPKn
1 soal memiliki skor 10
Terdapat 4 soal, jadi 4 x 10 = 40 point
c.       Mata pelajaran SBdP
1 soal memiliki skor 10
Terdapat 4 soal, jadi 4 x 10 = 40 point
Jadi, untuk skor keseluruhan adalah 100 point
     Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Keaktifan
Kedisiplinan
Perhatian
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
5
Dst ...

Keterangan :
3        = Baik
 2    = cukup baik
1        = kurang baik


        KUNCI JAWABAN

1.      3 kali
2.      Di Yogyakarta
3.      Ny. Emma Puradireja
4.      Membahas masalah perburuhan perempuan, pemberantasan, buta huruf dan perkawinan
5.      Kebudayaan nasional adalah merupakan hasil dari akal budi seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas beragam suku bangsa.
6.      Warisan leluhur
7.      UUD 1945 pasal 32 ayat 1 sampai 2
8.      (kebudayaan disesuaikan dengan daerah masing-masing)
9.      Rasa semangat cinta tanah air
10.  Mencerminkan nilai cinta tanah air
11.  Dengan cara menghargai sejarah, melestarikan budaya bangsa (jawaban sesuai dengan pribadi siswa masing-masing)
12.  Ibu Sud



No comments:

Post a Comment