MAKALAH
KEWIRAUSAHAAN
KEWIRAUSAHAAN
ACCOUNTING & MARKETING
1. Definisi
Marketing / Pemasaran
Marketing atau pemasaran mempunyai
peranan yang sangat penting bagi semua usaha. Karena marketing atau pemasaran
mempunyai kedudukan sebagai penghubung antara perusahaan pembuat produk dengan
masyarakat sebagai pemakai produk. Maka dari itu, perushaan selalu memberikan
perhatian yang maksimal terhadap hal ini agar tujuan dan cita-cita perusahaan
bisa tercapai dengan optimal. Marketing atau pemasaran memang sangat penting
bagi pencapaian tujuan perusahaan, lalu apa marketing atau pemasaran itu.
Definisi
marketing atau pemasaran ialah suatu proses kegiatan menyeluruh dan terpadu
serta terencana , yang dilakukan oleh institusi untuk menjalankan usaha guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan cara membuat produk. Menetapkan harga.
Mengomunikasikan, dan mendistribusikan melaui kegiatan pertukaran untuk
memuaskan konsumen dan perusahaan.
A. Strategi
pemasaran
Pertama, kenalilah pelanggan Anda. Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun jika Anda ingin
memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok
usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan
mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu
dan biaya yang sia-sia.
Kedua, lakukanlah promosi. Lakukan upaya promosi
atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi
yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara
kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali
bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis anda
untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut
di tempat umum. Buatlah status di jejaring sosial yang berkaitan dengan produk
Anda, atau Anda mungkin dapat mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait
dengan produk tersebut. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda
akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan. Selain
itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika
penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan
lupakan pula kehebatan word-of-mouth
publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena
dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang
dapat menarik pelanggan baru.
Ketiga, pilih lokasi yang strategis. Faktor
penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland
Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan
strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk
memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat
diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Keempat, gunakan internet marketing. Internet
marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Apa
pasal? Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan
menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli online
semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini
menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka
toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka
lebar di internet. Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung
dengan pelanggan, bahkan menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Kelima, jalin hubungan dengan
pelanggan. Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan
pelanggan baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru
sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database
pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai,
hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk
yang sedang berjalan, dan lain-lain. Joe Girard, seorang salesman terkemuka di
dunia otomotif, mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah selalu memelihara
hubungan yang baik dengan pelanggannya.
Keenam, the
Power of Focus. Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple
menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran
dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber
daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif.
Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit.
Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di
wilayah tertentu.
B.
Perencanaan
pemasaran (Marketing
Planning)
Ada beberapa langkah dalam
merencanakan pemasaran bagi usaha baru :
Langkah 1:
Penentuan Kebutuhan dan Keinginan
Pelanggan Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan, pertama-tama harus
dilakukan penelitian pasar atau riset pemasaran. Riset pasar harus diarahkan
pada kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang diinginkan dan
dibutuhkan konsumen, berapa jumlahnya, kualitas yang bagaimana, siapa yang
membutuhkan, dan kapan mereka memerlukan. Riset pasar dimaksudkan untuk menentukan segmen pasar dan
karakteristik konsumen yang dituju
Langkah 2:
Memilih Pasar Sasaran Khusus (Special Target Market).
Setelah mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen,
langkah berikutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar
sasaran khusus, yaitu:
1) Pasar individual (individual
market).
2) Pasar khusus (niche
market).
3) Segmentasi pasar (market
segmentation).
Dari
tiga alternatif pasar sasaran tersebut, bagi perusahaan kecil dan usaha baru
lebih tepat bila memilih pasar khusus (niche
market) dan pasar individual (individual
market). Sedangkan untuk perusahaan menengah dan besar lebih baik
memilih segmen pasar (segmentation
market).
Langkah 3:
Menempatkan
Strategi Pemasaran dalam Persaingan Penerapan strategi pemasaran sangat tergantung pada
keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada dari hari kehari. Keberhasilan
dalam segmentasi pasar sangat tergantung pada potensi yang menggambarkan
permintaan dari lingkungan persaingan. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan
dari lingkungan yang bersaing:
1. Berorientasi pada
pelanggan (customer orientation).
2. Kualitas (quality),
ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM) yaitu efektif, efisien, dan
tepat.
3. Kenyamanan
(convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan,
dan kenikmatan.
4. Inovasi
(innovation), yaitu harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa,
maupun proses.
2. Definisi
Akuntansi
Akunting (accounting) adalah suatu
proses mencatat, mengklarifikasi, meringkas mengolah dan menyajikan data
transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat
digunakan oleh orang yang menggunakannya dan mudah dimengerti untuk pengambilan
suatu keputusan serta tujuan lainnya. Akuntansi adalah suatu proses mencatat,
mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta
kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang
yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan
serta tujuan lainnya.
Akuntansi
berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam
bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi
digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil
keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.
B. Fungsi Akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi
keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan
sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat
secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat
dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat
keputusan suatu organisasi.
C. Manfaat Akuntansi
1. Menyediakan informasi keuangan untuk
dasar keputusan managerial
Menempati posisi managerial mengharuskan Anda
untuk cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan yang tepat guna mencapai
tujuan perusahaan. Dalam proses pengambilan keputusan, Anda harus
mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya adalah keadaan keuangan
perusahaan. Contohnya, ketika berhadapan dengan permintaan produk yang lebih
tinggi, perusahaan dapat melihat perhitungan akuntansi sebagai dasar
pengambilan keputusan. Apabila pemasukan perusahaan tengah tinggi dan cashflow
berjalan dengan lancar, pembelian aset untuk meningkatkan produksi menjadi
masuk akal. Lain kasusnya cashflow berjalan
lamban dan ternyata klien selalu terlambat dalam pembayaran. Hal tersebut dapat
menjadi petunjuk bagi managerial untuk
memperbaiki hubungan dengan klien, alih-alih menghabiskan modal untuk aset
produksi.
2. Sebagai informasi/laporan kepada pihak eksternal
Pihak eksternal seperti investor dan pemegang saham memerlukan informasi seperti laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan manajemen. Manfaat akuntansi yang satu ini memungkinkan pihak eksternal untuk melacak perkembangan dan aktivitas perusahaan. Jika keuangan perusahaan sehat dan stabil, besar kemungkinan bagi para investor dan pemegang saham untuk kembali menanamkan modal untuk perkembangan perusahaan. Sebaliknya, jika ternyata keadaan keuangan perusahaan kurang baik, para investor bisa membantu dengan memberikan saran terhadap aktivitas dan proses pengambilan keputusan untuk kepentingan perusahaan.
Pihak eksternal seperti investor dan pemegang saham memerlukan informasi seperti laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan manajemen. Manfaat akuntansi yang satu ini memungkinkan pihak eksternal untuk melacak perkembangan dan aktivitas perusahaan. Jika keuangan perusahaan sehat dan stabil, besar kemungkinan bagi para investor dan pemegang saham untuk kembali menanamkan modal untuk perkembangan perusahaan. Sebaliknya, jika ternyata keadaan keuangan perusahaan kurang baik, para investor bisa membantu dengan memberikan saran terhadap aktivitas dan proses pengambilan keputusan untuk kepentingan perusahaan.
3. Alat pengontrol dan pengendali keuangan. Dalam perkembangan
usaha, akuntansi juga berperan sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan.
Manfaat akuntansi dalam memberikan informasi pengelolaan dana seperti laba yang
dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan secara tidak langsung
berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan. Contohnya saja, dengan
mengetahui apakah keuntungan mengalami peningkatan atau penurunan dan jumlah
saldo yang dimiliki saat ini, Anda bisa mengontrol pengeluaran biaya dan
menyusun rencana untuk meningkatkan pendapatan demi tercapainya tujuan
perusahaan Anda.
4. Alat evaluasi perusahaan. Evaluasi tergolong
penting karena dengan melakukan proses analisis dan evaluasi terhadap kinerja
perusahaan periode sebelumnya, Anda bisa menemukan hal yang bisa ditingkatkan
serta umpan balik yang berguna untuk menyusun strategi perusahaan kedepannya. Akuntansi
memberikan Anda laporan keuangan bulanan yang dapat menjadi bahan evaluasi.
Dari laporan keuangan, Anda dapat melihat strategi pemasaran apa yang paling
menghasilkan. Pengeluaran apa yang memberikan nilai tambah pada perusahaan dan
pengeluaran mana yang kurang bernilai.
No comments:
Post a Comment