1

loading...

Saturday, July 6, 2019

MAKALAH KONSEP KESEHATAN OLAHRAGA


MAKALAH KONSEP KESEHATAN OLAHRAGA


BAB I
PENDAHULUAN

         A.          Latar belakang masalah

Olahraga menyehatkan Inilah ungkapan masyarakat. Masyarakatmeyakini benar manfaat olahraga bagi kesehatan.Tetapi bagaimana olahragadapat menyehatkan dan berapa berat orang harus melakukanolahraga untuk menjadi lebih sehat? Inilah masalah yang perlu diperjelas bagaimana tatahubungan antara olahraga dengan kesehatan,bagaimana cara melakukanolahraga untuk kesehatan dan berapaberat olahraga harus dilakukan agar orang menjadi lebih sehat.Perlu diketahui bahwa pada awal abad 21 usiaharapan hidup diperkirakan mencapai 70 tahun. Hal ini akan meningkatkan jumlah orang usia lanjut, yang diperkirakan pada tahun 2005 ini mencapai jumlah 19juta orang atau 8,5% dari penduduk (Dep.Sosial RI.,1996: 1 dan 6).Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, kondisi ini perlu diantisipi agar  para usia lanjut ini tetap sehat, sejahtera dan mandiri, sehinga tidak menjadi beban berat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.


BAB II
PEMBAHASAN

1.    Pengertian Olahraga
Pengertian olahraga adalah suatu bentuk kegiatan jasmaniyangterdapat di dalam permainan, erlombaan dan kegiatan intensif dalam rangkamemperoleh relevansi kemenangan danprestasi optimal.Menpora Maladi, Olahraga mencakup segala kegiatan manusia yangditujukan untuk melaksanakan misi hidupnya dan citacita hidupnya, citacitanasional politik, sosial, ekonomi,kultural dan sebagainya.Olahraga adalah proses sistematikyang berupa segala kegiatan atauusaha yang dapat mendorongmengembangkan, dan membina potensipotensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggotamasyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/ pertandingan, dan kegiatan jasmani yang intensif untuk memperoleh rekreasi, kemenangan, dan prestasi puncak dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencanauntuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkankemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan,Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik; artinyaOlahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan,tidak dapatditinggalkan. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani,rohani dan sosial.
Struktur anatomisanthropometrisdan fungsi fisiologisnya,stabilitas emosionaldan kecerdasan intelektualnyamaupun kemampuannya bersosialiasi dengan lingkungannya nyata lebihunggul pada siswasiswa yang aktif mengikuti kegiatan Penjas-Or dari pada siswa-siswa yang tidak aktif mengikuti PenjasOr (Renstrom & Roux 1988, dalam A.S.Watson : Children in Sport dalam Bloomfield,J pricker P.A, Anda fitch,K.D, (1992).Makna olahraga menurut ensiklopedia Indonesia adalah gerak
Badanyang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang Merupakan regu ataurombongan. Sedangkan dalam Webster’s NewCollegiateDictonary (1980)yaitu ikut serta dalam aktivitas fisikuntuk mendapatkan kesenangan, danaktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga perandingan (athleticgames diAmerika Serikat).Menurut Cholik Mutohir olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapatmendorong mengembangkan,dan membina potensijasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai peroranganatau anggota masyarakat dalam bentuk permainan, perlombaan/pertandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusiaIndonesia seutuhnya yang berkualitas berdasarkan Pancasila.Untuk penjelasan pengertian olahraga menurut Edward (1973)olahraga harus bergerak dari konsep bermain, games, dan sport. Ruanglingkup bermain mempunyai karakteristik antara lain; a. Terpisah dari rutinitas, b. Bebas, c. Tidak produktif, d. Menggunakan peraturan yang tidak  baku. Ruang lingkup pada games mempunyai karakteristik; a. ada kompetisi, b. hasil ditentukan olehketerampilan fisik, strategi, kesempatan.Seperti dikemukakanolehpara ahli lainnya (Pieron, Cheffers, danBarette (1994;dalam Naul, 1994) pedagogi olahraga merupakan sebuahdisiplin yang terpadu dalam struktur ilmu keolahragaan. Paradigma ini telahdiadopsi di Indonesia dalam pengembangan pedagogi olahraga di FIK/FPOK/JPOK dengan bahwa pedagogi olahraga dianggap sebagai"induk" yang berpotensi untuk memadukan konsp/teori terkait dari relevandari beberapa subdisiplin ilmu keolahragaan lainnya terutama dalam konteks pembinaan dalam artiluas dan paradigma interdisiplin (Matveyev, dalamRush Lutan,1988) Pandangan ini tak berbeda dengan tradisi di Jerman yangmenempatkan pedagogi olahraga dalam kedudukan sentral dalamstruktur ilmu keolahragaan (Wasmund, 1973). Dalam model yangdikembangkan diUniversitas Olahraga Moskow, pedagogi olahraga ditempatkan sebagaipusat yang berpotensi untukmemadukan beberapa subdisiplinilmudalamtaksonomi ilmukeolahragaan sementara para ahli meletakkan sport,medicineyang mencakup aspek keselamatan (safety) dan kesehatan sebagai landasan bagi pedagogi olahraga (Rush Lutan, 1998;alam laporan hasil The SecondAsia Pacific Congress of Sport andPhysical, Education University President).Widmer (1972) menjelaskan objek formal pedagogy olahraga yaitu"fenomena olahragadari fenomena pendidikan, tatkala manusia dirangsangagarmampu berolahraga. Bagi Grupe & Kruger (1994), pedagogi olahragamencakup dua hal utama: (1) tindakan pendidikan praktisdalam bermain danolahraga, dan karena itu ada landasanteoretis bagi kegiatan olahraga yangmengandung maksudmendidik tersebut; dan (2) praktik yang dimaksud berbedadengan praktik dan konsep lama dalam pendidikan jasmani yangmengutamakan latihan gaya militer dan drill di beberapa negara, khsusnya diJerman; praktik baru itu disertai konsep teoretis pendidikan jasmani, kontrolterhadap badan, dan disiplin, yangmenyatu dengan gerak fisik, ability, danketerampilan di bawahpengendalian jiwa dan kemauan.
2.    Konsep Kesehatan Olahraga
adalah: Padat gerak, bebas stress, singkat (cukup 1030 menit tanpahenti), adekuat, massaal, mudah, murah, meriahdan fisiologis (bermanfaatdan aman)! Massaal : Ajang silaturahim,ajang pencerahan stress, ajangkomunikasi sosial! Jadi OlahragaKeseatan membuat manusia menjadi sehatJasmani, Rohani danSosial yaitu Sehat seutuhnya sesuai konsep Sehat WHO!Adekuatartinya cukup,yaitu cukup dalam waktu (1030 menit tanpahenti)dan cukup dalam inensitas. Dalam hal olahraganyaberbentuk berjalan, makaintensitas berjalannya hendaknyaseperti orang yang berjalan tergesagesa,tetapi tentusesuai dengan kemampuan masingmasing. MenurutCooper (1994), intensitas Olahraga Kesehatan yang cukup yaitu apabila denyut nadilatihan mencapai 6580% DNM sesuai umur(Denyut Nadi Maximal sesuaiumur = 220umur dalam tahun).Sehat Dinamis hanya dapat diperoleh bila ada kemauanmendinamiskan diri sendiri khususnya melalui kegiatan Olahraga (Kesehatan).
Hukumnya adalah : Siapa yang makan, dialah yang kenyang! Siapa yang meng olahraganya, dialah yang sehat! Tidak diolahberartisiap dibungkus!Klub Olahraga Kesehatan adalah LembagaPelayanan Kesehatan (Dinamis) dilapangan.Sehat adalah nikmat karunia Allah yang menjadi dasar bagi segalanikmat dan kemampuan! Karena itu syukurilah nikmat sehatkarunia Allah inidengan memelihara serta meningkatkan derajatsehat dinamis Anda melaluierak, khususnya melalui OlahragaKesehatan!Olahraga kesehatan dapat dilaksanakan secara massal misalnya : jalan cepat atau lari lambat (jogging), senam aerobik,senam pernafasan dan olahraga-olahraga massaal lain yangsejenis.
Senam aerobik sangat baik olehkarena dapat menjangkau seluruh sendi dan otototot tubuh, di samping jugamerangsang otakuntuk berpikir, karena Peserta harus memperhatikan dansegera menirukan gerak instruktur yang selalu berubah tanpapola, sehinggagerakangerakannya tidak dapat dihafalkan! BilaPeserta sudah hafal, makarangsangan terhadap proses berpikirmenjadi berkurang
3.    Mengapa Perlu Olahraga 
Olahraga Kesehatan memang dapat dilakukansendirisendiri, akantetapi akan lebih menarik, semarak sertamenggembirakan (aspek Rohaniah)apabila dilakukan secaraberkelompok. Berkelompok merupakan rangsangandan saranauntuk meningkatkan kesejahteraan Sosial, oleh karena masingmasing individu akan bertemu dengan sesamanya, sedangkansuasanalapangan pada Olahraga (Kesehatan) akan sangatmencairkan kekakuan yangdisebabkan oleh adanya perbedaanstatus intelektual dan sosialekonomi paraPelakunya. Dampakpsikologis yang sangat positif dengan diterapkannya.
OlahragaKesehatan adalah rasa kesetaraan dan kebersamaan di antaraSesama oleh karena mereka semua merasa dapat danmampu melakukanOlahraga Kesehatan dengan baik secarabersamasama. Memelihara gerak adalah mempertahankanhidup,meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkankualitas hidup. Olehkarena itu : Bergeraklah untuk lebih hidup,jangan hanya bergerak karenamasih hidup.Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencanauntuk memeliharagerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkankemampuangerak (meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan,Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik;ArtinyaOlahraga sebagai alat untuk memelihara dan membinakesehatan, tidak dapatditinggalkan. Olahraga merupakan alatuntuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani,rohani dan sosial. Struktur anatomisanthropometrisdan fungsifisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnyamaupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannyanyata lebihunggul pada siswasiswa yang aktif mengiuti kegiatanPenjasOr dari padasiswasiswa yang tidak aktif mengikutiPenjasOr (Renstrom & Roux 1988,dalam A.S.Watson :Children in Sport dalam Bloomfield,J, Fricker P.A. andFitch,K.D.,1992).Olahraga Kesehatan meningkatkan derajat Sehat Dinamis(Sehat dalamgerak), pasti juga Sehat Statis (Sehat dikala diam),tetapi tidak pastisebaliknya. Gemar berolahraga : mencegahpenyakit, hidup sehat dan nikmat !Malas berolahraga :mengundang penyakit.Tidak berolahraga : menelantarkan diri !Kesibukan dalam kehidupan “Duniawi” sering menyebabkanOrangmeningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkankualitas hidup.Pendidikan Dasar, baik di Sekolah Umum maupun di PondokPesantren! Cara penyajian PenjasOr di Sekolah maupun diPondok Pesantren harus dapatmenjadikan siswa/santri menjadibutuh akan PenjasOr khususnya demikesehatannya sertadukungan bagi kemampuan belajarnya, sehinggasiswa/santriakan selalu menyambut gembira setiap datang mata pelajaranPenjasOr. Oleh karena sudah menjadi kebutuhan, maka merekaakan merasadirugikan manakala mata pelajaran PenjasOrditiadakanseperti yang terjadiselama ini bila merekaakanmenghadapi ujian akhir. Untuk ini diperlukanguruguru PenjasOr yang faham benar akan makna PenjasOr di Sekolahmaupundi Pondok Pesantren.Konsep Olahraga Kesehatan adalah: Padat gerak, bebas stress, singkat(cukup 1030 menit tanpa henti),adekuat, massaal, mudah, murah, meriah danfisiologis (bermanfaat dan aman) ! Massaal : Ajang silaturahim, ajang pencerahanstress, ajang komunikasi sosial ! Jadi Olahraga Kesehatanmembuat manusia menjadi sehat Jasmani, Rohani dan Sosial yaituSehatseutuhnya sesuai konsep Sehat WHO ! Adekuat artinyacukup, yaitu cukupdalam waktu (1030 menit tanpa henti) dancukup dalam intensitasnya.Menurut Cooper (1994), intensitas
Olahraga Kesehatan yang cukup yaituapabila denyut nadi latihan mencapai 6580% DNM (Denyut nadi maximal:220umur dalam tahun). Masalah intensitas yang adekuat ini harus menjadi perhatian bila Olahraga Kesehatan telah mencapai Sasaran3 (lihat SasaranOlahraga Kesehatan).Sehat Dinamis hanya dapat diperoleh bila ada kemauanmendinamiskan diri sendiri khususnya melalui kegiatan Olahraga (Kesehatan) .Hukumnya adalah: siapa yang makan, dialah yang kenyang! Tidak diolah berarti siap dibungkus! Klub olahraga kesehhatan adalah lembaga pelayanan kesehatan (dinamis) dilapangan. Dalam kaitan Dengan ini makal lembaga Pendidikan umum maupun pondok-pondok pesantren harus juga berfungsi sebagai layanan kesehatan lapangan, dalam rangka program pokok yaitu:
Contoh Olahraga Kesehatan berbentuk senam yang dapat mencapaiSasaran3 (Aerobis) ialah Senam Pagi Indonesia seri D (SPID). Satu seriSPID memerlukan waktu 1’45”, sehingga untukmemenuhi kriteria waktuyang adekuat maka SPID harusdilakukan minimal 6x berturut-turut tanpahenti, yang akanmencapai waktu 10.5 menit. Menurut penelitian, bila SPI-D dilakukan dengan sungguhsungguh maka intensitasnyadapat mencapaitingkat adekuat sesuai kriteria Cooper. SPI-D ini macam gerak dan tataurutannya sudah berpola tetapsehingga lama-kelamaan Peserta dapat menjadihafal akanmacam gerakan dan tataurutannya. Bila Peserta sudah hafal,makarangsangan terhadap proses berpikir menjadi berkurang.Oleh karena itusenam aerobik pada umumnya yang tidak berpola tetap, adalah lebih baik dalam hal rangsangannya erhadap proses berpikir.
4.    Ciri Olahraga Kesehatan.
Pesantai adalah orang yang tidak melakukan olahraga sehinggacenderung kekurangan gerak. Sebaliknya Pelaku olahraga beratmelakukanolahraga lebih dari keperluannya untuk pemeliharaankesehatan. Maka PelakuOlahraga Kesehatan adalah orang yangtidak kekurangan gerak tetapi bukan pula Pelaku olahraga berat. Olahraga yang dianjurkan untuk keperluankesehatan adalah aktivitas gerak raga dengan intensitas yang setingkat di atasintensitas gerak raga yang biasa dilakukan untuk keperluan pelaksanaan tugas kehidupan sehari-hari (Blair, 1989 dalam Cooper, 1994).Dalam Olahraga Keshatan, setiap Peserta harus berusaha Mengikutinya sebaik mungkin gerak/instruksi Pelatih, namuntentu harus sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
Ciri Olahraga Kesehatan secara teknis-fisiologis adalah :
 v  gerakannya mudah, sehingga dapat diikuti oleh orang kebanyakandanseluruh siswa/santri pada umumnya (bersifat massaal), sehinggadapatmemperkaya dan meningkatkan kemampuan dan ketrampilangerak dasar, gerak yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan hidupSehari-hari.
 v  intensitasnya submaksimal dan homogen, bukan gerakangerakanmaksimal atau gerakan eksplosif maksimal (faktor keamanan).
 v   terdiri dari satuansatuan gerak yang dapat (secara sengaja) dibuatuntukenjangkau seluruh sendi dan otot, serta dapat dirangkai untukmenjadi gerakan yang kontinu (tanpa henti)faktor penting untuk dapat mengatur dosis dan intensitas olahraga kesehatan.
  v   bebas stress (non kompetitif)- diselenggarakan 3-5x/minggu(minimal 2x/minggu).
 v  dapat mencapai intensitas antara 6080% denyut nadi maksimal(DNM) sesuai umur. DNM sesuai umur = 220 umur dalamtahun.Sebaiknya tiap Peserta mengetahui cara menetapkan danmenghitungdenyut nadi latihan masingmasing.Perlu puladikemukakan bahwa sampai usia sekitar 14 tahun (usia pubertas)tidak perlu ada pemisahan siswa atas dasar jenis kelamin(Watson,1992), karena baru akan berdampak nyata di atas usia tersebut.

BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Gerak adalah ciri kehidupan. Tiada hidup tanpa gerak. Apa gunahidup bila tak mampu bergerak. Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup,meningkatkan kemampuan gerak adalah meningkatkankualitas hidup. Olehkarena itu : Bergeraklah untuk lebih hidup,jangan hanya karenamasih hidup.Pendidikan Jasmani dan Olahragadi Lembaga Pendidikan harusditekankan pada olahraga kesehatan dan latihan jasmani untuk meningkatkanderajat sehat dinamis dankemampuan motorik dan koordinasi yang lebih baik,agar para siswaselama masa belajar memiliki kualitas hidup yang lebih baik,serta dapat diharapkan menjadi atlt berprestasi dan sumber daya manusia yang bermutu dimasa depan.

No comments:

Post a Comment