1

loading...

Saturday, July 6, 2019

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN AUD


MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN AUD 



BAB I
PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
Dalam dunia anak identik dengan bermain, penggunaan alat edukatif sangatlah meguntungkan. Disamping menjadi media bermain, anak juga dapat belajar dengan cara yang menyebangkan.
Dengan bermain anak akan memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan . bermain merupakan sarana untuk menggali pengalaman belajar yang sangat berguna untuk anak. Bermian juga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas dan daya cipta, karena bermain adalah sumber pengalaman dan uji coba.
Bermain, dari segi pendidikan adalah kegiatan permainan menggunakan alat permainan yang mendidik serta alat yang bisa merangsang perkembangan aspek kognitif, sosial, emosi, dan perkembangan fisik yang dimiliki anak. Oleh karena itu, dari sudut pandang pendidikan bermain sangat membutuhkan alat permainan yang mendidik. Dan alat permainan yang mendidik inilah yang kita sebut dengan alat permainan edukatif (APE).

   B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian Alat Permainan Edukatif?
2.      Apa Nama Alat Permainan Edukatif?
3.      Bagaimana cara membuat Alat Permainan Edukatif?
4.      Bagaimana hasil laporan uji coba APE?

    C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian  Alat Permainan Edukatif
2.      Untuk mengetahui nama  Alat Permainan Edukatif
3.      Untuk mengetahui cara membuat Alat Permainan Edukatif
4.      Untuk mengetahui hasil laporan uji coba APE

BAB II
PEMBAHASAN 

    A.    Pengertian Alat Permainan Edukatif
Alat permainan Edukatif (APE) adalah media yang digunakan untuk memaksimalkan perkembangan anak, serta dapat menunjang perkembangan anak, serta dapat menunjang perkembangan anak, motorik kasar dan motorik halus, pengembangan aspek kognitif, pengembangan aspek sosial khususnya dan lain-lain. Alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber bahan belajar anak-anak, agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak.
Menurut Mayke Sugianto T. Dalam badru zaman, dkk (2007:63) menyatakan bahwa APE untuk kelas adalah alat permainan yang dirancang untuk tujuan meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak.
Sedangkan Adams (1975) berpendapat bahwa permainan edukatif adalah semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemain, termasuk permainan tradisional dan modern yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran atas dasar pengertian itu, permainan yang dirancang untuk member informasi atau menanamkan sikap tertentu, misalnya untuk memupuk semangat kebersamaan dan kegotong royongan, termasuk dalam kategori permainan edukatif karena permainan itu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif.

    B.     Nama Alat Permainan Edukatif
Nama Alat Permainan Edukatif (APE) adalah Ring Ball, yaitu suatu permainan yang memakai bola pingpong sebagai alat atau media nya.
    C.    Alat dan perlengkapan :
1.      kertas padi
2.      kertas karton
3.      lem perekat
4.      gunting
5.      penghapus
6.      aqua gelas
7.      bola pingpong
Cara Pembuatan :
1.      Pertama, siapkan terlebih dahulu kertas padi, lalu setelah itu tempel dengan kertas karton yang warna-warni.
2.      Lalu gunting kertas karton satu lagi agar di tempel juga sesuai dengan ukuran kertas padi tadi.
3.      Potong aqua gelas menggunakan gunting juga buang bagian bawah nya ambil setengah saja.
4.      Setelah itu tempel juga aqua gelas menggunakan lem.
5.      Setelah semua nya sudah tertempel seperti ring bola basket dengan menggunakan alat dan bahan yang ada jadi APE ring ball nya.

    D.    LAPORAN HASIL UJI COBA APE “RING BALL”

Nama Anak                 : Keisa Amanda dan Valenza Zinka
Usia                             : 2 tahun dan 2 tahun 7 bulan
Hasil uji coba  APE    :
Aspek-aspek yang dikembangkan     
1.      Penilaian nilai agama dan moral anak           :- anak mulai meniru gerakan yang dicontohkan

2.      Penilaian fisik dan motorik anak                           :-melempar dan menangkap bola
-koordinasi jari tangan cukup baik untuk memegang benda seperti bola.
3.      Penilaian kognitif anak                                         :-melihat dan menyentuh benda                  yang di tujukan oleh orang lain.
-          Mulai mengenal macam bentuk
4.      Penilaian bahasa anak                                           :-sudah bisa memahami perintah sederhana.
-          Kosa kata nya sudah banyak
-anak dapat berbicara cukup baik dan mudah di pahami
5.      Penilaian sosial emosional pada anak                    :- sudah  bisa menyatakan perasaan nya senang
6.      Penilaian seni pada anak                                       :- lebih menyukai bola yang berwarna warni itu

BAB III
PENUTUP

     A.    KESIMPULAN
Dari kesimpulan di atas dapat disimpulkan bahwa Alat permainan Edukatif ( APE) merupakan seperangkat instrumen, baik merupakan metode atau cara maupun perkakas yang digunakan seseorang dalam rangka mendidik anak dengan menekankan konsep bermain sambil belajar. Dari sudut pandang orang tua atau pendidik APE memilik arti yang sangat penting. Karena dapat membantu dan memudahkan mereka dalam mendampingi proses pembelajaran pada anak usia dini.
Sedangkan dari arti sudut pandang anak-anak APE memiliki arti penting sebagai berikut: dapat mengembangkan konsentrasi anak, dapat mendorong anak bersosialisasi, dapat menambah daya ingat anak dan pemahaman anak menganai sesuatu.
Kemudian dalam memilih alat permainan untuk anak, oran tua, atau pendidik sebaiknya memperhatikan beberapa prinsip APE sesuai dengan kebutuhan, barang murah dan mudah didapat, bukan karena kelucuan atau kebagusannya, mendorong anak untuk bermain bersam, serta dapat mengembangkan daya fantasi anak.

     B.     SARAN
Para pendidik diharapkan dapat berkreasi dan inovasi membuat alat permainan edukatif(APE) sendiri untuk mengembangkan aspek-aspek anak usia dini dalam memajukan pendidikan di indonesia.

No comments:

Post a Comment