MAKALAH
MEDIA
PEMBELAJARAN AUD
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam dunia anak identik dengan bermain, penggunaan
alat edukatif sangatlah meguntungkan. Disamping menjadi media bermain, anak
juga dapat belajar dengan cara yang menyebangkan.
Dengan bermain anak akan memperoleh pelajaran yang
mengandung aspek perkembangan . bermain merupakan sarana untuk menggali
pengalaman belajar yang sangat berguna untuk anak. Bermian juga dapat menjadi
sarana untuk mengembangkan kreativitas dan daya cipta, karena bermain adalah
sumber pengalaman dan uji coba.
Bermain, dari segi pendidikan adalah kegiatan
permainan menggunakan alat permainan yang mendidik serta alat yang bisa
merangsang perkembangan aspek kognitif, sosial, emosi, dan perkembangan fisik
yang dimiliki anak. Oleh karena itu, dari sudut pandang pendidikan bermain
sangat membutuhkan alat permainan yang mendidik. Dan alat permainan yang
mendidik inilah yang kita sebut dengan alat permainan edukatif (APE).
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian Alat Permainan Edukatif?
2. Apa
Nama Alat Permainan Edukatif?
3. Bagaimana
cara membuat Alat Permainan Edukatif?
4. Bagaimana
hasil laporan uji coba APE?
C.
Tujuan
Penulisan
1. Untuk
mengetahui pengertian Alat Permainan
Edukatif
2. Untuk
mengetahui nama Alat Permainan Edukatif
3. Untuk
mengetahui cara membuat Alat Permainan Edukatif
4. Untuk
mengetahui hasil laporan uji coba APE
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Alat Permainan Edukatif
Alat permainan Edukatif (APE) adalah media yang
digunakan untuk memaksimalkan perkembangan anak, serta dapat menunjang
perkembangan anak, serta dapat menunjang perkembangan anak, motorik kasar dan
motorik halus, pengembangan aspek kognitif, pengembangan aspek sosial khususnya
dan lain-lain. Alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang dirancang
dan dibuat untuk menjadi sumber bahan belajar anak-anak, agar mereka
mendapatkan pengalaman belajar yang akan berguna untuk meningkatkan aspek-aspek
perkembangan anak.
Menurut Mayke Sugianto T. Dalam badru zaman, dkk
(2007:63) menyatakan bahwa APE untuk kelas adalah alat permainan yang dirancang
untuk tujuan meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak.
Sedangkan Adams (1975) berpendapat bahwa permainan
edukatif adalah semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan
pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemain, termasuk
permainan tradisional dan modern yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran
atas dasar pengertian itu, permainan yang dirancang untuk member informasi atau
menanamkan sikap tertentu, misalnya untuk memupuk semangat kebersamaan dan
kegotong royongan, termasuk dalam kategori permainan edukatif karena permainan
itu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif.
B. Nama Alat
Permainan Edukatif
Nama Alat Permainan Edukatif (APE) adalah Ring Ball,
yaitu suatu permainan yang memakai bola pingpong sebagai alat atau media nya.
C. Alat dan
perlengkapan :
1. kertas
padi
2. kertas
karton
3. lem
perekat
4. gunting
5. penghapus
6. aqua
gelas
7. bola
pingpong
Cara Pembuatan :
1. Pertama,
siapkan terlebih dahulu kertas padi, lalu setelah itu tempel dengan kertas
karton yang warna-warni.
2. Lalu
gunting kertas karton satu lagi agar di tempel juga sesuai dengan ukuran kertas
padi tadi.
3. Potong
aqua gelas menggunakan gunting juga buang bagian bawah nya ambil setengah saja.
4. Setelah
itu tempel juga aqua gelas menggunakan lem.
5. Setelah
semua nya sudah tertempel seperti ring bola basket dengan menggunakan alat dan
bahan yang ada jadi APE ring ball nya.
D. LAPORAN HASIL
UJI COBA APE “RING BALL”
Nama
Anak : Keisa Amanda dan
Valenza Zinka
Usia
: 2 tahun dan
2 tahun 7 bulan
Hasil uji coba APE :
Aspek-aspek yang
dikembangkan
1. Penilaian
nilai agama dan moral anak :-
anak mulai meniru gerakan yang dicontohkan
2. Penilaian
fisik dan motorik anak :-melempar
dan menangkap bola
-koordinasi
jari tangan cukup baik untuk memegang benda seperti bola.
3. Penilaian
kognitif anak :-melihat
dan menyentuh benda yang di tujukan oleh orang lain.
-
Mulai mengenal
macam bentuk
4. Penilaian
bahasa anak :-sudah
bisa memahami perintah sederhana.
-
Kosa kata nya
sudah banyak
-anak
dapat berbicara cukup baik dan mudah di pahami
5. Penilaian
sosial emosional pada anak :-
sudah bisa menyatakan perasaan nya
senang
6. Penilaian
seni pada anak :-
lebih menyukai bola yang berwarna warni itu
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari kesimpulan di atas dapat disimpulkan bahwa Alat
permainan Edukatif ( APE) merupakan seperangkat instrumen, baik merupakan
metode atau cara maupun perkakas yang digunakan seseorang dalam rangka mendidik
anak dengan menekankan konsep bermain sambil belajar. Dari sudut pandang orang
tua atau pendidik APE memilik arti yang sangat penting. Karena dapat membantu
dan memudahkan mereka dalam mendampingi proses pembelajaran pada anak usia
dini.
Sedangkan dari arti sudut pandang anak-anak APE
memiliki arti penting sebagai berikut: dapat mengembangkan konsentrasi anak,
dapat mendorong anak bersosialisasi, dapat menambah daya ingat anak dan
pemahaman anak menganai sesuatu.
Kemudian dalam memilih alat permainan untuk anak,
oran tua, atau pendidik sebaiknya memperhatikan beberapa prinsip APE sesuai
dengan kebutuhan, barang murah dan mudah didapat, bukan karena kelucuan atau
kebagusannya, mendorong anak untuk bermain bersam, serta dapat mengembangkan
daya fantasi anak.
B. SARAN
Para pendidik diharapkan
dapat berkreasi dan inovasi membuat alat permainan edukatif(APE) sendiri untuk
mengembangkan aspek-aspek anak usia dini dalam memajukan pendidikan di
indonesia.
No comments:
Post a Comment